ONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

3 Hal Penting dalam Proses Pembuatan Desain Stiker Print

Stiker print termasuk ke salah satu media promosi populer yang efektif dalam periklanan. Visualnya yang menarik, materi promosi ini juga biasa digunakan sebagai hiasan.

Untuk membuat desain stiker yang menarik dan efektif, ada beberapa prinsip dasar desain yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Onliners dalam mendesain stiker yang memikat.

Prinsip Dasar Desain Stiker Print

Onliners harus tahu terlebih dahulu bahwa desain stiker yang menarik dan efektif juga memiliki prinsip-prinsip yang harus diikuti. Di antaranya adalah:

1. Komposisi

Komposisi menjadi kunci penting dalam desain stiker print. Dengan memperhatikan komposisi maka desain yang dihasilkan akan terlihat sempurna, berikut tiga hal unsur yang ada dalam komposisi:

  • Fokus: Onliners harus menentukan terlebih dahulu titik fokus sebelum membuat desain.
  • Keseimbangan: Pastikan elemen-elemen desain ditempatkan dan terdistribusi secar seimbang agar tampak indah secara visual.
  • Ruang Negatif: Manfaatkan semaksimal mungkin ruang kosong yang ada untuk menciptakan kesan yang menarik. Pemanfaatan ruang kosong juga akan membuat desain semakin indah dipandang.

2. Tipografi

Tipografi adalah suatu teknik pemilihan dan pengaturan huruf atau teks sebagai elemen visual guna memperindah desain. Berikut adalah unsur-unsur dari tipografi:

  • Font: Font menjadi hal yang penting dalam desain, pemilihan font harus sesuai dengan karakter merek dan juga pesan yang ingin disampaikan,
  • Ukuran: Setelah menenukan font, Onliners juga harus mempertimbangkan ukuran dari font tersebut atau yang biasa disebut dengan font size. Sesuaikan font size dengan ukuran stiker yang akan dibuat juga jarak pandang,
  • Jarak: Tidak hanya tentukan ukuran, Onliners juga harus mempertimbangkan jarakantar huruf agar memudahkan saat dibaca.

3. Warna

Prinsip dasar selanjutnya adalah warna, yang juga menjadi faktor penting dalam pembuatan desain stiker. Berikut adalah unsur-unsur pada warna:

  • Psikologi Warna: Pertimbangkan pemilihan warna yang akan digunakan pada desain, hal itu karena setiap warna memiliki makna dan emosi yang berbeda,
  • Kontras: Pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi warna yang kontras agar desain menjadi lebih eye catching,
  • Harmonisasi: Meski memilih kombinasi warna yang kontras, namun pastikan warna-warna yang dipilih saling melengkapi dan harmonis.

Desain Sederhana namun Memikat

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan desain stiker print adalah kesederhanaan, namun tetap memikat. Adapun unsur-unsur dari desain yang sederhana adalah sebagai berikut:

1. Minimalis

Desain minimalis seringkali lebih efektif dalam penyampaian pesan. Usahakan hindari dan tidak perlu memakai banyak detail yang akan membuat desain stiker terlihat ramai dan penuh.

2. Ikon

Jika ingin menambahkan ikon di dalam desain, maka usahakan menggunakan ikon yang mudah diingat, namun tentu harus mewakili merek atau produk.

3. Slogan

Onliners juga bisa menambahkan slogan khas yang singkat, jelas, namun ikonik, dan tentunya relevan dengan merek atau produk.

Jaga Konsistenti Identitas Merek

Desain stiker print juga harus bisa menjaga konsistensi identitas merek, dengan konsisten dalam pemilihan warna, gaya tulisan, juga visual.

Bukan tanpa alasan, dengan menjaga konsistensi identitas merek pada desain akan membantu meningkatkan pengenalan merek atau brand awareness. Konsistensi juga akan menunjukkan proefesionalitas juga meningkatkan keoercayaan konsumen.

Cetak Stiker di Online Print

Yuk segera realisasika desain stiker print kreatifmu bersama Online Print. Kamu bisa langsung kunjungi website onlineprint.co.id.

Kamu juga bisa langsung datang ke Toko Bintang Sempurna, yang beralamat di Jl. Bendungan Hilir No.46, Jakarta Pusat. Atau menghubungi layanan Customer Service di 081281650000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *