ONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Ketahui 6 Perbedaan Kartu Nama dan ID Card

Kartu nama adalah salah satu kartu identitas yang biasanya digunakan di dalam dunia kerja, yang bisa digunakan sebagai representasi identitas seorang pekerja atau perusahaan.

Kartu identitas tersebut juga seringkali disamakan dengan ID card, yang juga merupakan kartu identitas di dalam instansi mau pun organisasi.

Meski keduanya merupakan kartu identitas dan memiliki kemiripan dalam bentuk fisik, juga fungsi, namun keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Artikel ini akan membahas secara mendalam perbedaan antara kartu nama dan ID card.

Kartu Nama

<yoastmark class=

Kartu nama adalah salah satu alat marketing yang paling populer di dunia kerja. Lebih dari sekedar selembar kertas, kartu identitas ini berfungsi sebagai representasi perusahaan.

Kartu identitas diri dan perusahaan ini biasanya menjadi senjata untuk memperluas networking, juga kerjasama antara perusahaan, melalui pegawai.

ID Card

Meski merupakan kartu identitas juga, namun ID card berbeda dengan kartu nama. Kartu ini adalah bukti identitas resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi.

Kartu identitas diri ini biasanya menjadi sebuah identifikasi diri dan juga sekaligus termasuk ke dalam prosedur keamanan sebuah perusahaan atau organisasi.

6 Perbedaan Kartu Nama dan ID Card

Sebelum membuat dan mencetak keduanya di dalam lingkup profesional, Onliners harus ketahui terlebih dahulu perbedaan antara kartu nama dan ID card.

1. Fungsi Utama

Kartu nama berfungsi sebagai alat pertukaran informasi mengenai kontak resmi pegawai dan perusahaan. Tidak hanya itu, kartu identitas tersebut juga memiliki fungsi utama sebagai alat membangun relasi guna mempertahankan kerjasama antar bisnis.

Sedangkan ID card memiliki fungsi utama sebagai verifikasi identitas diri, pengontrol akses ke area terbatas, juga bisa menjadi salah satu alat presensi karyawan atau peserta acara.

2. Desain

Kedua kartu identitas tersebut juga dibuat dengan menggunakan desain yang berbeda. Pada kartu nama biasanya dibuat dengan desain yang kreatif dan eye catching yang bisa disesuaikan dengan personalitas juga branding perusahaan.

Sedangkan ID card biasanya memiliki desain yang cenderung lebih sederhana dan formal, mengikuti standar intitusi atau organisasi.

3. Data yang Tercantum

Karena memiliki fungsi dan tujuan pembuatan yang berbeda, data atau informasi yang tertera pada kedua kartu identitas tersebut juga tentu tidak sama.

Pada kartu nama, biasanya data dan informasi yang dimasukan adalah informasi umum seputar data diri pegawai dan perusahaan, seperti:

  • Nama lengkap atau nama panggilan karyawan
  • Jabatan saat ini karyawan
  • Nama perusahaan atau organisasi
  • Kontak berupa nomor telepon, alamat email, website, dan profil media sosial.
  • Slogan, moto, atau tagline perusahaan.

Sedangkan pada ID card, informasi dan data yang ditambahkan adalah informasi detail seputar data diri karyawan, seperti:

  • Nama lengkap karyawan
  • Foto karyawan sebagai identitas diri
  • Nomor ID atau nomor identitas unik karyawan yang dikeluarkan oleh manajemen perusahaan
  • Jabatan dan departemen tempat karyawan bekerja
  • Data tambahan seperti chip RFID untuk akses, atau barcode

4. Ukuran dan Material

Antara kedua kartu identitas tersebut juga memiliki perbedaan di bagian ukuran dan material. Pada kartu nama, material yang digunakan biasanya kertas yang tebal juga dilaminating agar awet dan tahan lama. Ada pun ukuran umum dari kartu nama adalah 55mm x 85mm.

Sedangkan ID card memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 86mm x 54mm. ID card juga biasanya menggunakan material plastik PVC yang tebal.

5. Keamanan

Kartu nama tidak memiliki sistem keamanan apapun, berbeda dengan ID card yang biasanya dibekali oleh sistem keamanan tinggi. Seperti hologram guna mencegah pemalsuan, barcode untuk identifikasi otomatis, chip RFID untuk aksestanpa kontak, dan magnetic stripe untuk menyimpan data.

6. Waktu Penggunaan

Kedua kartu identitas tersebut memiliki waktu yang tepat masing-masing untuk digunakan. Seperti saat bertemu klien, atau menghadiri pertemuan forum, maka kartu nama menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa.

Sedangkan saat berada di lingkungan kerja yang memerlukan akses terbatas, maka penggunaan ID card menjadi pilihan yang sangat tepat.

Cetak Kartu Identitas di Online Print!

Gimana Onliners, sekarang sudah tahu kan perbedaan di antara kedua kartu identitas tersebut? Kedua kartu identitas tersebut sangat penting dan memiliki fungsi masing-masing.

Jadi, sangat penting bagi instansi atau organisasi untuk memiliki kedua kartu identitas tersebut. Onliners bisa cetak kartu identitas untuk kebutuhan bisnis atau organisasi di onlineprint.co.id.

Onliners bisa langsung datang ke Toko Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, Jakarta Pusat, atau konsultasi langsung dengan Customer Service di 081281650000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *