DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Cara Cetak ID Card Lebih Mudah Berikut Bahannya

Sudah familiar dong ya sama yang namanya Cetak ID Card. Atribut pelengkap karyawan perusahaan ini biasanya memuat info soal identitas kamu, perusahaan tempat dimana kamu bekerja, logo hingga siapa yang jadi atasan atau CEO perusahaan kamu. ID Card biasa digunakan dengan cara dikalungkan pada leher atau dijepit di saku kemeja, tergantung setiap perusahaan dan gaya karyawan itu sendiri.

 

Karena kegunaan ID card yang sangat penting baik untuk mememudahkan pengenalan atau sistem pengabsenan karyawan, maka hampir semua perusahaan pasti punya ID card. Ada perusahaan yang menyediakan ID card, tetapi ada pula yang mengharuskan ID card karyawan dicetak secara mandiri. Lantas bagaimana cara cetak ID card biar hasilnya bagus?

 

Baca Juga: 5 Rahasia Sederhana Cetak Foto Biar Hasilnya Maksimal

 

Cara Cetak ID Card

 

Sebelum masuk ke topik bagaimana cara cetak ID card, kamu perlu menyiapkan beberapa bahannya sebagai berikut:

  • Komputer/laptop lengkap dengan software editing, misalnya Corel Draw atau Photoshop. Bisa juga pakai Hp dengan aplikasi desain.
  • Rangka ID Card
  • Alat pemotong (berupa gunting/cutter)
  • Alat laminating
  • Kertas PVC / Art paper
  • Mesin cetak

Kalau semua sudah siap, kamu bisa mulai cetak ID card dengan beberapa Langkah berikut ini:

 

1. Siapkan Desain ID Card 

Mulai dengan buat desain kartu ID card. Gunakan software atau aplikasi yang sudah kamu siapkan tadi. Bisa juga download template ID card lalu edit. Tapi kalau kamu punya kemampuan desain yang lumayan oke, kamu bisa buat desain ID card sendiri.

 

Ketika desain ID card, hal paling penting dan tak boleh salah adalah ukurannya. Ukuran ID card biasanya 5,4 x 8,6 cm dengan pengaturan gambar portrait. Tetapi ada pula yang dibuat dengan ukuran berbeda, biasanya:

 

NoJenisUkuran
1Ukuran B18.5 x 5.5 cm
2Ukuran B210.5 x 7 cm
3Ukuran B310.5 x 8.5 cm
4Ukuran B413.5 x 9.5 cm
5Ukuran B517.6 x 25 cm
6Ukuran B612.5 x 176 cm

2. Cetak Gambar ID Card

Kalau desainnya sudah oke, saatnya cetak ID card. Buat pengaturan mirror pada printer. Lalu siapkan kertas bahan PVC. Selain PVC, sebenarnya bisa juga pakai kertas Art Paper. Tapi PVC memang punya banyak keunggulan untuk bahan ID card.

 

Pastikan kamu letakkan sisi kertas bahan PVC yang kasar menghadap ke bawah. Itulah sisi yang akan menampilkan desain gambar ID Card kamu. hanya dalam beberapa menit, proses cetak kartu indetitas ini pasti beres. Bahkan kalau printer kamu kinerjanya oke banget, bisa selesai dalam hitungan detik.

Setelah proses cetak selesai, diamkan dulu kertas untuk memastikan tintannya kering.

 

3. Laminating

Sebenarnya ID card kamu sudah jadi begitu selesai kamu print. Tapi sebagai kartu karyawan, hasilnya pasti kurang memuaskan kalau tidak kamu laminating. Bahan PVC akan terlihat lebih mewah setelah kamu laminating.

Baru setelah kamu laminating, kamu bisa potong kertas PVC untuk merapikan pinggirannya. Jangan lupa buat lubang di bagian atas untuk talian atau jepitan.

 

Material Cetak ID Card

 

Seperti sudah disinggung di atas, material paling umum dan bagus buat ID card adalah bahan PVC. Meski bisa juga menggunakan kertas Art Paper. Lalu dibagian finishingnya bisa pakai laminating Glossy atau Doff. Mengapa material PVC bagus untuk ID Card? Selain bisa kamu cetak pada kedua sisinya, PVC juga memiliki tampilan yang mengkilap sehingga memberikan kesan professional.

 

Material ID card PVC juga lebih awet, tahan air, dan tidak mudah patah. Tinta yang tercetak di bahan PVC juga menyatu dengan sangat bagus.

Jangan lupa, ID card tidak akan bisa dipakai tanpa komponen lain. ID card butuh aksesoris. Kamu bisa pilih akseseoris ID card berupa Holder ID Card, tali Lanyard ID Card, tali Printing ID Card atau gantungan Yoyo ID Card.

 

Cetak ID card memang terkesan gampang. Tapi apakah kamu punya semua alatnya? Printer dan mesin laminating yang mumpuni misalnya. Perlu kamu ingat, ID card punya peran yang sangat penting sebagai identitas diri kamu dan perusahaan. Maka tidak boleh asal kamu cetak dengan mesin cetak seadanya. Desain dan warna foto ID card setidaknya harus jelas.

 

Akan lebih baik jika kamu percayakan cetak ID Card pada ahlinya, toh cara cetaknya juga gampang banget. Bisa pakai Hp. Cukup buka onlineprint.co.id. Online Print adalah platform cetaknya Bintang Sempurna, percetakan yang sudah beroperasi sejak 1989. Soal kualitas dan teknologi cetak pasti terjamin.

 

Akses cetak ID Card praktis tanpa antri klik https://onlineprint.co.id/id/id-card/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *