DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Tas Bahan Kain Kanvas atau Blacu Ya? Ini Loh Perbedaannya

Tas model tote lagi in! Yang paling umum, biasanya tas tote bag terbuat dari 2 bahan. Ada yang pakai kanvas dan ada pula yang pakai blacu. Meski berbeda, tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membedakannya.

 

Apalagi sekilas keduanya tampak sama meski punya kualitas yang berbeda. Nah, biar tidak salah pilih, yuk cari tahu perbedaan kain kanvas dan kain blacu berikut ini.

 

Baca Juga: Ajaibnya Tas Kertas, Pengganti Kantong Plastik

 

 

Perbedaan Tas Kain Kanvas dan Kain Blacu

 

Dari segi berat, tas kain blacu lebih ringan dibandingkan kanvas, karena blacu terbuat dari kain katun yang sangat ringan dan ditenun dengan tingkat kerapatan yang longgar.

 

Biasanya, kain blacu digunakan dalam mendesain atau menjahit baju, sebelum akhirnya menggunakan kain sebenarnya yang lebih mahal. Bobot yang ringan ini membuat kain blacu jadi favorit untuk digunakan sebagai tote bag.

 

Lalu apa itu kanvas? Kanvas adalah bahan tekstil yang terbuat dari katun atau kapas yang sudah diperkuat dengan benang tambahan. Kain kanvas bobotnya lebih berat dibandingkan kain blacu dan tingkat kerapatannya lebih erat.

 

Karena lebih tebal dan berat, maka daya tahannya lebih lama dan struktur kainnya pun lebih baik. Ada banyak sekali jenis tas yang terbuat dari kanvas. Tak hanya tote bag, tapi ada juga ransel dan tas jinjing. Bahan kanvas yang tebal juga bisa dijadikan sepatu, bahkan yang lebih tebal lagi bisa dijadikan tenda.

 

Kelebihan Kain Blacu

 

Kain blacu atau calico berawal dari India, tepatnya di Kerala, sebelum akhirnya populer dan banyak digunakan di Eropa. Sejak abad ke-12 sudah digunakan sebagai dasar melukis. Ini adalah kain katun yang belum selesai diproses. Kelebihan kain blacu adalah:

  • Harganya terjangkau; terbuat dari serat alami yang bisa tumbuh di mana saja, membuat kain blacu harganya terjangkau. Biaya produksinya pun lebih murah. Inilah alasan kenapa tas blacu sering digunakan sebagai pengganti tas plastik.
  • Tahan lama; meski tidak setebal kain kanvas, tapi kain blacu daya tahannya juga lama. Selama tidak robek, masih bisa digunakan. Apalagi terbuat dari bahan alami, jadi lebih ramah lingkungan.
  • Mudah didesain; kain blacu belum selesai diproses, jadi warnanya antara beige atau abu-abu. Mudah didesain menjadi model apa pun, selain itu mudah juga disesuaikan warnanya sesuai selera.

 

Kelebihan Kain Kanvas

 

Kain kanvas adalah kain polos yang ditenun rapat. Biasanya terbuat dari katun ataupun linen. Kelebihan kain kanvas antara lain adalah:

  • Harganya termasuk terjangkau; kain kanvas memang harganya di atas kain blacu, tapi termasuk masih sangat terjangkau. Tak perlu kuatir soal kualitas, karena bahan ini sudah digunakan sejak abad ke-18 dan terbukti sangat baik!
  • Tahan lama; tas kanvas tebal dengan tingkat kerapatan yang tinggi, membuatnya tak mudah rusak meski digunakan untuk membawa benda berat. Tentu tergantung dari tingkat ketebalannya juga. Makanya selain digunakan buat bahan tas, kanvas juga bisa buat cetak poster.
  • Praktis dan trendi; tas dari bahan kanvas sudah lama digunakan dan sejak tahun 1944 masuk ke dunia fashion. Tas kanvas adalah salah satu item fashion yang tak lekang oleh waktu. Kita tak akan terlihat ketinggalan jaman kalau pakai tas kanvas.
  • Bisa dipakai pria dan wanita; sepatu kanvas dan tas kanvas bisa dipakai pria dan wanita, jadi lebih fleksibel.

 

Cetak Tas Tote Bag di Online Print
Cetak Tas Tote Bag di Online Print

 

Alasan Pakai Tas Kanvas Atau Blacu, Lebih Ramah Lingkungan

 

Salah satu alasan terbesar mengapa lebih baik pakai tas kain entah itu berbahan kanvas atau blacu adalah demi menjaga lingkungan. Tas kain lebih ramah lingkungan jika dibanding dengan plastik.

 

Tas bisa kamu gunakan berulang kali saat berbelanja. Kalau kotor tinggal cuci saja. Jadi tidak menyebabkan sampah. Tas kain juga lebih awet. Sementara plastik biasanya sekali pakai. Padahal plastik itu adalah produk yang diolah dari minyak bumi dan gas. Sehingga sulit terurai dan rantai karbonnya sangat panjang.

 

Selain itu, pakai tas juga lebih hemat. Sekali beli bisa untuk dipakai berulang kali. Belanja pakai tas tote bag juga jadi tren fashion terbaru. Lebih-lebih lagi, kamu bisa buat sendiri tas kain sesuai dengan selera kamu. Caranya juga gampang. Bahkan kamu bisa cetak tas tote bag kain kanvas atau blacu secara online.

 

Cukup buka Online Print atau bisa juga klik https://onlineprint.co.id/id/tote-bag-canvas-full-print/

 

Onlineprint.co.id adalah platform cetak online milik Bintang Sempurna, percetakan yang kaya pengalaman dan sudah beroperasi sejak 1989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *