ONLINEPRINT.CO.ID

Cetak A3 Multifungsi, Begini Kegunaannya dalam Percetakan

Seperti yang biasa Onliners lihat saat ngeprint atau cetak sesuatu, ada macam-macam ukuran dan jenis kertas. Tapi kalau buat cetak tugas pas masih sekolah atau kuliah, paling sering pasti pakai kertas A4. Nah, kakaknya A4 ini adalah A3. Ukuran A3 dua kali A4 dan lebih dikenal hanya digunakan di bidang studi atau pekerjaan tertentu. Padahal bisa juga Onliners pakai untuk kebutuhan berbagai jenis cetak.

Berapa persisnya ukuran kertas cetak A3 dan apa saja sih kegunaannya? Yuk, cari tahu di sini.

Ukuran Cetak A3

Ukuran kertas A3 sebenarnya cuma ada satu, tetapi bisa dikonversi kedalam beberapa pilihan. Ada milimeter (mm), centimeter (cm) dan inci.

  • Dalam milimeter ukuran kertas A3 adalah 297 x 420 mm
  • Dalam centimeter ukuran A3 adalah 7 x 42 cm
  • Dalam inci ukuran A3 adalah 69 x 16.54 inci.
  • Dalam Pixel DPI 300 ukuran A3 adalah 3508 x 4960 pixel. Semakin kecil DPI-nya semakin kecil ukurannya.

 

Selain itu, ada juga jenis kertas A3 Plus yang sedikit lebih besar dari kertas A3 biasa. Ukurannya dalam centimeter adalah 32,9 x 48,3 cm. Kertas A3 Plus umumnya punya fungsi yang berbeda dibandingkan kertas A3 biasa. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

 

Baca Juga: Perbedaan Kertas A3 Plus dan A3 Biasa

 

Kegunaan Cetak A3 untuk Poster Hingga Kartu Nama

 

Karena ukuran kertas A3 yang besar, memang jarang digunakan untuk anak sekolah belajar, misalnya untuk pelajaran seni rupa atau pelajaran lainnya. Tapi kertas A3 sebenarnya punya banyak fungsi dalam dunia percetakan, arsitektur, desain dan masih banyak lagi. Ini dia fungsi kertas cetak A3 yang perlu kamu tahu:

 

1. Cetak Poster

Ukuran kertas yang besar paling cocok untuk membuat poster agar lebih kelihatan dan menarik perhatian orang yang melihatnya. Ukuran poster A3 cocok untuk poster anak sekolah hingga poster bisnis.

 

Biasanya untuk mencetak poster dipilih kertas cetak A3 yang bahannya cukup tebal. Finishing kertas A3 poster ada yang matte, ada pula yang glossy, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan tempat memasangnya saja.

 

2. Cetak Selebaran

Cetak A3 juga digunakan untuk mencetak selebaran. Isinya sangat beragam, misalnya untuk memperkenalkan pembukaan bisnis baru, untuk memberi tahu pengumuman penting, dan keperluan lainnya.

 

3. Cetak Stiker

Bukankah stiker itu ukurannya kecil? Yups memang benar. Stiker ini dicetak terlebih dahulu di lembaran A3, baru dipotong sesuai bentuk dan ukuran. Karena, banyak mesin cetak yang menggunakan ukuran cetak A3.

 

Berapa jumlah stiker yang bisa kamu hasilkan kalau pakai kertas A3? Kamu bisa baca artikel ini: Jumlah Stiker Kertas Ukuran A3, Berikut Cara Menghitungnya

 

3. Buku atau Kertas Gambar

Puasnya, biasa orang menggambar memakai buku gambar ukuran A3. Hal ini karena ukurannya yang pas. Besar, tetapi tidak terlalu over sehingga nyaman digunakan.

Walau buku gambar ukuran besar ini tidak digunakan di sekolah, meski ada juga yang menggunakannya. Tapi buku gambar A3 banyak digunakan di tempat kursus menggambar, kuliah jurusan desain, kuliah seni, dan di dunia kerja yang ada hubungannya dengan menggambar.

 

4. Mencetak Foto

Foto juga gak sedikit yang menggunakan kertas cetak A3. Karena ukurannya pas, tidak terlalu kecil, tapi tidak terlalu besar, cocok untuk dipajang di dinding ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar. Foto keluarga atau foto lainnya akan terlihat menarik dicetak di atas kertas A3.

 

5. Cetak Kartu Nama

Kartu nama adalah salah satu media paling benting untuk branding diri dan bisnis. So, jangan ragu untuk membuatnya. Biar lebih hemat, kamu bisa gunakan kertas cetak A3. Sekali cetak bisa menghasilkan banyak kartu nama. Ukuran kartu nama biasa 9 x 5,5 cm.

 

6. Kartu Undangan atau kartu ucapan

Kartu undangan dan kartu ucapan biasanya dibuat dalam ukuran yang tidak pasti. Tergantung selera pembuat. Karena lebih sering di-costum, maka cetak undangan dan kartu ucapan pakai A3 sangat cocok. Kamu tinggal sesuaikan saja berapa ukuran undangan dan kartu ucapan yang kamu inginkan, pasti muat beberapa kartu dalam sekali cetak A3.

 

7. Membuat Skala

Di dunia kerja yang ada hubungannya dengan menggambar, kertas ukuran A3 sering digunakan. Kertas A3 standar sering digunakan untuk mencetak gambar yang ada hubungannya dengan bangunan, misalnya digunakan oleh arsitek.

 

Lalu kertas A3 Plus juga sering digunakan di pekerjaan yang bergelut di bidang industri grafika. Kertas A3 Plus biasanya paling pas digunakan untuk menggunakan skala. Ukurannya pas, tidak terlalu kecil, tapi tidak terlalu besar. Jadi masih mudah dibawa ke mana-mana, misalnya saat harus meeting dan presentasi di depan klien.

 

Cetak A3 Online Print
Cetak A3 di onlineprint.co.id

 

Itulah beberapa kegunaan kertas cetak A3.  Bahkan, Kamu bisa cetak dummy packaging menggunakan kertas ini. Buat kaum rebahan ada solusi cetak fleksibel yang bisa kamu akses di onlineprint.co.id milik Bintang Sempurna, percetakan yang udah beroperasi dari tahun 1989. Kualitas percetakan dan layanannya pasti bikin kamu nyaman.

 

So, langsung aja cetak A3 kebutuhan kamu sekarang lewat gadget kesayangan di onlineprint.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *