DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Jumlah Stiker Kertas Ukuran A3, Berikut Cara Menghitungnya

Onliners lagi berencana mencetak stiker, tapi masih bingung menentukan mana kertas yang harus dipilih? Biasanya kertas ukuran A3 sering digunakan untuk mencetak berbagai kebutuhan, seperti poster dan stiker. Nah kalau pakai kertas ukuran A3, berapa banyak stiker yang bisa dibuat dalam satu lembar kertas?

 

Tentu ini tergantung ukuran stiker yang akan kamu cetak. Selain itu, tergantung pula dari jenis kertas A3 yang akan digunakan. Ada jenis kertas stiker ukuran A3 biasa dan ada A3 plus. Keduanya memiliki perbedaan ukuran. Sehingga jumlah stiker yang bisa kamu cetak dalam satu lembar kertas juga berbeda.

 

Kertas Ukuran A3

Kertas ini merupakan salah satu ukuran standar yang cukup sering digunakan dalam keseharian khususnya digital printing. Paling sering untuk menggambar, terutama waktu duduk di bangku sekolah. Ternyata, jenis kertas ukuran dalam ukuran ini  ada dua macam, yaitu A3 biasa dan A3 Plus. Jenis kertas yang biasa kamu pakai untuk menggambar di sekolah adalah ukuran A3 biasa, bahannya dari HVS. Ini adalah jenis A3 yang paling populer.

 

Nah kalau kertas A3 plus ini sedikit lebih besar dibanding A3 biasa, sama seperti namanya ‘plus’. Ukuran kertas A3 dalam cm adalah 29 x 42 cm, sementara ukuran A3 Plus adalah 32 x 48 cm. Jika dibuat dalam pixel, maka ukuran A3 dalam Pixel adalah 3508 x 4960 pixel (300 DPI), 1754 x 2480 pixel (150 DPI). Kalau ukuran A3 plus dalam Pixel adalah 2850 x 1950 (DPI 150) dan 5700 x 3900 (DPI 300). Semakin kecil DPI-nya, semakin kecil ukurannya.

 

Baca Juga:

 

Kertas A3 Plus lebih sering digunakan untuk kepentingan profesional. Misalnya di perkantoran untuk para arsitek maupun desainer grafis. Selain itu, kertas A3 Plus juga digunakan di dunia digital printing. Bahan kertas A3 Plus lebih variatif. Ada yang dari HVS, art paper, art carton dan lain sebagainya. Jadi kertas ini sering digunakan untuk cetak stiker, poster, dan lain-lain.

 

Jumlah Stiker di Kertas Ukuran A3

Lalu berapa jumlah stiker yang bisa dicetak di atas kertas A3? Tentu ini tergantung dari ukuran kertas yang akan kamu pakai dan berapa ukuran desain stiker yang kamu buat.

Jika pakai kertas ukuran A3 biasa

Ukuran kertas A3 biasa adalah 29 x 42 cm. Misalnya kamu akan mencetak stiker yang ukurannya 5 x 5 cm, jadi berapa stiker yang akan tercetak di atas kertas A3 biasa? Pertama, kamu harus memberikan selisih 0.5 cm supaya ada jarak potongnya. Jadi hasil stiker tidak terlalu mepet.

Hitungannya:

  • lebarnya 29 : 5.5 cm = 5
  • panjangnya 42 : 5.5 cm = 7.6 (dibulatkan ke bawah, sehingga menjadi 7)

 

Setelah itu, kalikan hasilnya. Jadi 7 x 5 = 35. Artinya, dari kertas A3 biasa, kamu bisa mencetak 35 stiker yang ukurannya 5 x 5 cm. Tentu kalau ukurannya berbeda, maka hasilnya akan beda juga.

 

Jika pakai kertas ukuran A3 Plus

Sedangkan ukuran A3 Plus adalah 32 x 48 cm. Kalau kamu mau mencetak stiker 5 x 5 cm, cara menghitungnya juga sama.

  • Lebarnya 32 : 5.5 cm = 5.8 (dibulatkan ke bawah, sehingga menjadi 5)
  • Sedangkan panjangnya 48 : 5.5 cm = 8.7 (dibulatkan ke bawah, sehingga menjadi 8)

 

Lalu kalikan hasilnya, 5 x 8 = 40. Jadi di atas kertas ukuran A3 Plus, Onliners bisa mencetak 40 stiker yang ukurannya 5 x 5 cm. Karena kertas A3 Plus ukurannya lebih besar, jadi stiker yang dihasilkan pun lebih banyak.

 

Kalau sudah tahu berapa jumlah stiker yang bisa kamu hasilkan dari selembar kertas ukuran A3, saatnya kita cetak. Tapi kalau misalkan kamu masih bingung, kamu bisa simulasikan langsung di onlineprint.co.id. Selain kamu bisa upload desain dan cetak hasilnya secara online, platform cetak online milik Bintang Sempurna ini juga punya fitur “Design Studio” yang memungkinkan kamu eksplor penempatan atau layout stiker sendiri dalam lembaran A3. Jadi langsung kelihatan berapan jumlah stiker yang bisa kamu cetak dalam satu lembar kertas ukuran A3.

 

Kebetulan Desain Studio Online Print menyediakan lembaran kertas A3 dalam ukuran 31 x 43,5 cm area print. Jadi lebih lebar dari A3 biasa. Sehingga kamu bisa menghasilkan lebih banyak stiker dalam selembar A3.

 

So, yuk cetak dengan yang lebih mudah dan nyaman sekarang di onlineprint.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *