INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.ID

Jenis Poster Ada 2 Kelompok (Isi & Tujuan), Sudah Tahu?

Onliners mau buat acara, pengumuman, atau berjualan? Semuanya bisa dipromosikan lewat poster. Poster memang bukanlah media promosi yang baru, tapi hingga kini masih banyak dan efektif digunakan. Poster biasanya berisi kombinasi gambar dan teks, dengan pemilihan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Dibanding dengan jenis media cetak lainnya, poster punya keunggulan dalam ukuran dan peletakannya. Ukuran poster yang tidak terlalu besar jika dibanding dengan baliho dan tidak sekecil flyer membuatnya bisa diletakkan di tempat-tempat strategi.

Poster sendiri punya banyak jenis, ada poster sekolah, poster layanan masyarakat, poster niaga dan masih banyak lagi. Jenis-jenis poster ini kemudian bisa dikelompokkan menjadi dua, yakni berdasarkan isi dan tujuan.

 

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Jika Onliners melihat poster dari segi isi yang ditampilkan, maka bisa dibedakan menjadi:

 

1. Poster Layanan Masyarakat

Biasanya dibuat oleh pemerintah untuk memberi info atau sosialisasi kepada masyarakat. Contoh-contoh poster layanan masyarakat misalnya saja tentang imunisasi, KB, vaksin COVID-19, dan lain-lain.

 

2. Poster Niaga

Merupakan poster yang tujuannya untuk promosi, entah itu barang atau jasa. Ini adalah jenis poster yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

 

3. Poster Karya Seni

Pster karya seni murni merupakan karya seni yang dibuat oleh seniman. Jadi isinya merupakan ungkapan ekspresi sang seniman. Tiap orang yang melihatnya bebas memaknai apa pesan yang disampaikan dari poster tersebut.

 

Macam Jenis Poster di Online Print
Cetak Poster di onlineprint.co.id

 

 

4. Poster Pendidikan

Berisi motivasi yang terkait dengan pendidikan. Misalnya poster motivasi belajar dengan gambar dan teks yang bertuliskan “Membaca adalah jendela dunia”.

 

Baca Juga:

5. Poster Kegiatan

Merupakan poster yang menginfokan akan ada kegiatan yang diadakan. Infonya berupa acara, waktu dan tempat acara akan dilangsungkan. Diharapkan orang yang melihat poster tersebut akan datang ke acara tersebut.

 

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Selain dari isi, poster juga bisa dibedakan berdasarkan tujuannya. Apa saja?

 

1. Poster Film

Dari film ada dialognya sampai sekarang, selalu menggunakan poster untuk promosinya. Poster sering berupa bagian dari adegan film atau para aktor di film tersebut. Biasanya dipilih yang adegannya menarik supaya orang penasaran.

 

2. Poster Komersial

Hampir sama dengan poster niaga maupun poster film, tujuannya adalah mempromosikan sesuatu yang disampaikan di poster. Contohnya “Online Print, Platform Cetak Online Nomor 1”

 

3. Poster Kampanye

Merupakan salah satu media promosi orang yang sedang mencalonkan diri menjadi wakil rakyat. Poster semacam ini banyak ditemukan di mana saja saat masa pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah.

 

4. Poster Propaganda

Tujuan poster ini adalah untuk mempengaruhi orang lain yang membacanya agar mereka memiliki pemahaman yang sama dengan pembuat poster. Biasanya poster ini digunakan untuk pesan politik.

 

5. Poster Afirmasi

Poster ini berisi kalimat positif untuk memotivasi siapa saja yang membacanya. Tujuannya agar pembaca ikut menjadi positif setelah membacanya. Misalnya “ayo membaca biar makin berprestasi”.

 

6. Poster “Cheesecake”

Merupakan poster yang berisi foto orang terkenal, biasanya untuk menarik perhatian anak muda yang memiliki ketertarikan akan sesuatu. Misalnya poster grup band tertentu atau poster idola K-pop.

 

7. Poster “Dicari”

Sering digunakan untuk mencari orang, hewan, sampai benda yang hilang. Biasanya berisi foto yang hilang, lalu di bawahnya ada info lengkap mengenai sesuatu yang hilang tersebut dan ke mana harus menghubungi bila ada yang menemukannya.

Ragam jenis poster di atas bisa lho Onliners buat sendiri dengan kertas dan alat tulis sederhana. Tapi kalau mau simpel, praktis, gampang dan hasilnya terlihat professional, mending cetak poster online aja. Onliners bisa langsung cetak di onlineprint.co.id.

 

Ataupun kamu juga bisa datang langsung ke Bintang Sempurna sebagai pemilik platform cetak Online, onlineprint.co.id. Tepatnya di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *