INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Begini Cara Membuat X Banner Lebih Menarik, Mau Tahu?

Pas lagi bazar, Onliners pasti sering lihat media promosi yang ditaruh di depan stand. Nah itulah yang disebut dengan banner. Banner adalah media promosi cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Karena memiliki penyangga di bagian belakang berbentuk huruf X, makanya sering disebut X banner. Padahal sebenarnya selain X banner, banner berdiri ada juga yang disebut roll banner dan tripod banner. Bentuk penyangganya juga tidak hanya X, tapi ada pula Y.

 

Fungsi X Banner

 

Fungsi utama X banner sama dengan jenis banner lainnya. Yang pertama fungsi X banner adalah sebagai media promosi produk maupun jasa. Biasanya X banner semacam ini diletakkan di depan toko, kedai, atau stand saat mengikuti pameran. Dengan begitu, orang yang lewat bisa mengetahui apa produk atau jasa yang kamu tawarkan.

 

Untuk produk yang baru rilis atau produk spesial, bisa juga diberikan X banner khusus. Jadi di dalam toko akan tersedia X banner di samping peletakan produk tersebut. Sebelum membeli, konsumen bisa membaca dengan mudah apa jenis produk dan fungsinya, isinya, dan berbagai info penting lainnya.

 

Lalu fungsi yang kedua adalah untuk menyampaikan informasi. Biasanya digunakan bagi perusahaan atau organisasi yang mengadakan acara tertentu. X banner semacam ini bisa diletakkan di depan ruangan tempat acara dilangsungkan.

 

Tips Membuat X Banner Lebih Menarik

 

Membuat X banner sendiri umumnya cukup mudah. Apalagi ada banyak aplikasi desain X banner yang bisa Onliners gunakan. Nah, biar X banner yang kamu buat terlihat menarik, pertimbangkan beberapa tips berikut:

 

1. Pilih Warna yang Tepat

X banner harus mencolok supaya terlihat. Tapi bukan berarti Onliners harus pilih banyak warna. lebih baik kamu cukup padukan maksimal 3 warna saja, supaya tidak terlalu ramai dan lebih fokus. Jadi pilih warna-warna yang sesuai dan cocok pas dipadukan.

 

2. Tambahkan Gambar yang Relevan

 

Supaya X banner menarik, biasanya akan ditambahkan gambar atau animasi. Onliners juga bisa menambahkan foto sebagai background X banner. Yang perlu kamu ingat, semenarik apa pun gambar kamu masukkan ke dalam desain banner, tetap harus kamu pastikan resolusinya tinggi. Jadi waktu dicetak tetap tajam dan jernih. Selain itu, pastikan gambarnya relevan dengan info banner.

 

3. Pilih Teks yang Mudah Dibaca

 

Fungsi utama banner adalah untuk menyampaikan informasi. Jadi sudah pasti kamu harus memilih jenis font yang jelas dan mudah dibaca. Pastikan ukurannya pas, tidak kekecilan maupun kebesaran. Pilih juga warna yang tepat dan tetap jelas dengan latar belakangnya. Jadi dari jarak yang cukup jauh juga tetap terbaca.

 

4. Pilih Ukuran yang Tepat

 

Ukuran X banner bermacam-macam. Ada yang 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, atau 80 x 180 cm. Lalu ada juga mini X banner yang ukurannya 25 x 45 cm. Pastikan Onliners memilih ukuran X banner yang tepat sesuai peruntukannya. Misalnya untuk pameran di stand yang ukurannya kecil, pastikan jangan pilih ukuran X banner yang terlalu besar. Sementara untuk di depan toko yang lebih besar, bisa pilih ukuran X banner yang paling besar.

 

5. Gunakan Material yang Berkualitas

 

Memang material yang berkualitas harganya sudah pasti lebih mahal. Tapi kualitasnya juga biasanya lebih baik. X banner jadi lebih tahan lama, tak mudah robek atau pudar warnanya. Jadi membayar lebih di awal rasanya terbayarkan, kan?

Material atau bahan X banner ini biasanya terbuat dari bahan Flexi maupun cloth. Silakan baca artikel ini untuk tahu bahan banner yang paling umum digunakan: Bahan Banner yang Umum Digunakan, Simak di Sini!

 

Kalau desain X banner sudah siap, saatnya Onliners cetak. Onliners cukup temukan tempat cetak banner terdekat. Tapi kalau tidak mau ribet, Onliners bisa banget cetak X banner secara online. cukup buka Online Print atau copy-paste link https://onlineprint.co.id/in/x-banner/. Cukup duduk di rumah, X banner bakal sampai ke tangan kamu.

 

Online Print ini adalah platform cetak online persembahan dari PT Bintang Sempurna, sebuah percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 1989. Selain didukung dengan teknologi dan mesin cetak terbaik, SDM Bintang Sempurna juga professional. Makanya jangan heran kalau percetakan satu ini punya beberapa cabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *