DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Cetak Kaos Custom Populer Pakai DTG, Mengapa Demikian?

Onliners setuju gak kalau kaos adalah item fashion paling nyaman dikenakan? Buktinya kaos biasa jadi baju andalan buat para cowok maupun cewek. Tak hanya bikin kesan terlihat casual dan basic, jika dipadukan dengan item fashion yang tepat, pakai kaos juga bisa terlihat modis. Mau terlihat tomboy atau feminin? Bisa pakai kaos.

Nah, sekarang itu kaos banyak banget model desain kaos custom. Tak sekadar kaos polos, kalau datang ke distro atau toko baju, kamu bakal disuguhi dengan banyak sekali pilihan desain gambar kaos. Tentu masing-masing gambar kaos punya kualitas yang berbeda. Salah satu penyebabnya adalah teknologi sablon kaos yang digunakan. Kalau desain gambar kaos custom disablon dengan print DTG pasti hasilnya bagus. Apa itu sablon kaos DTG?

Baca Juga: Keuntungan Cetak Kaos Custom Ideal! Berikut Tipsnya

 

Cetak Kaos Custom dengan Print DTG

DTG adalah Direct to Garment. Teknik sablon modern ini dilakukan dengan mesin otomatis dan bisa diatur langsung lewat komputer. Cara kerjanya seperti kalau kamu cetak dokumen lewat printer biasa. Makanya sering disebut sebagai sablon digital.

 

Ketika kamu cetak kaos custom pakai print DTG maka pada bagian AS (Axle Shaft) yang menjadi bagian penggerak kertas bakal diganti dengan flatbed sebagai tempat meletakkan kaos. Karena tergolong teknologi sablon kaos terbaru, maka teknik DTG ini biasanya hanya tersedia di perusahaan percetakan besar atau komunitas percetakan yang telah tersertifikasi.

 

Kelebihan teknik sablon DTG adalah konsumen bisa memesan berbagai macam warna sesuai selera. Mulai dari hitam putih hingga full colour, di atas warna kaos apa pun. Berbagai macam model desain pun bisa kamu pilih dan hasilnya pada umumnya memuaskan. Selain itu, prosesnya juga canggih dengan komputer, sehingga bisa dilakukan dengan cepat.

Faktor yang Mempengaruhi Cetak Kaos Custom

Lalu apa saja sih faktor yang harus diperhatikan dalam mencetak kaos custom? Berikut ini beberapa di antaranya:

 

1. Tinta yang Digunakan

Kualitas tinta berbeda-beda, tergantung dari tipe sablon yang digunakan. Di teknik DTG, misalnya, menggunakan tinta khusus yang dinamakan Textile DTG. Karena menggunakan tinta khusus, maka hasilnya pasti berkualitas baik.

 

2. Bahan yang Digunakan

Penting banget memilih bahan yang tepat juga. Makin baik bahannya, makin baik juga hasil cetakannya. Bahan kaos dari katun adalah yang terbaik karena hasil cetakan bisa lebih jelas dan warnanya pun keluar. Pilihan katun beragam pula. Makin baik katunnya, maka makin baik pula hasil sablonnya.

 

3. Proses Sablon

Proses sablon yang baik seharusnya tidak dilakukan dengan terburu-buru. Setelah dicetak, tinta harus sudah kering dulu supaya tidak menempel ke benda lain supaya hasil cetakannya tidak rusak. Tiap metode langkahnya berbeda-beda, pastikan memilih proses yang terbaik agar hasilnya memuaskan.

 

Bahan Terbaik untuk Kaos Custom

Nah, apa saja bahan kaos katun yang baik untuk sablon kaos custom? Berikut ini beberapa di antaranya:

 

1. Cotton Combed

Kain cotton combed terbuat dari serat kapas alami. Bahannya lembut dan cenderung nyaman di kulit. Bahannya juga mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga dipakai seharian tidak terasa gerah. Tingkat ketebalan cotton combed beragam, mulai dari 20s sampai yang paling tebal 40s.

 

2. Cotton Bamboo

Berbeda dari kebanyakan kain katun, kain cotton bamboo terbuat dari bambu. Bahannya kuat dan halus, sangat nyaman dijadikan kaos custom karena warnanya bisa keluar dengan baik. Selain itu, bahan ini juga tak mudah robek.

 

3. Katun Jepang

Ini adalah jenis katun yang paling premium karena tidak mengandung campuran bahan lainnya. Bahannya tebal tapi bukan tebal yang bikin panas. Justru bahannya mampu menyerap keringat dengan baik dan halus pula. Cetakan juga terlihat cerah di atas katun Jepang.

 

4. Cotton Carded

Ini juga bahan yang bagus buat cetak kaos custom di mesin DTG. Terbuat dari bahan dasar serat kapas alami layaknya bahan katun lainnya, cutton carded diolah dengan cara digaruk atau carded pakai mesin khusus sebelum dipintal menjadi benang. Meski karakternya agak kasar, tetapi bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik. Adem pula saat dikenakan. Dari segi harga juga paling murah dibanding jenis katun lainnya.

 

5. Bahan US. Pima Cotton

Jika kamu suka bahan berkualitas premium, US. Pima Cotton bis ajadi pilihan yang tepat. Dengan warna-warna yang cerah, bahan ini terkenal sangat lembut dan punya serat kain yang kuat. Tentu saja harganya relative lebih mahal dibanding Cotton Combed.

Sekarang jadi lebih tahukan tentang kaos custom yang dijual di sekitar kita. Rata-rata pakai teknik cetak sablon kaos DTG dengan bahan katun. Soalnya teknik DTG adalah teknologi baru dengan hasil memuaskan. Sementara bahan katun paling cocok buat teknik DTG karena mempermudah proses print dan mudan meresap tinta textile DTG.

Kamu bisa cetak kaos custom di percetakan berkualitas seperti Bintang Sempurna. Atau bisa juga loh cetak kaos custom satuan di Online Print. Cukup buka hp, kamu bisa print kaos dari mana saja.

Mulai dulu saja dengan klik link cetak kaos custom satuan https://onlineprint.co.id/id/kaos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *