DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Kenapa Harus Sablon DTG? Tips Sebelum Cetak Kaos

Jadi gini, kalau Onliners mau sablon kaos kemungkinan besar Onliners bakal menemukan dua pilihan jenis sablon. Apakah itu sablon DTG atau DTF. Kenapa cuma dua? Jenis sablon memang ada banyak, tapi dua ini yang paling umum tersedia di percetakan saat ini.

 

Nah, diantara dua jenis sablon kaos ini punya perbedaan baik dari cara kerja, kualitas maupun hasilnya. Biayanya juga berbeda. DTF itu singkatan dari Direct Transfer Film, jadi proses menyablonnya membutuhkan kertas film dan tepung perekat untuk transfer gambar cetakannya ke atas kaos.

 

Berbeda dengan DTG atau Direct to Garment, dimana sablon langsung ke atas garmen atau bahan kaosnya, jadi tidak perlu perantara kertas atau bahan lainnya. DTG ini adalah teknik sablon terbaru dan berteknologi, karena semuanya dikerjakan oleh Komputer. Jadi hampir bisa dipastikan, sablon DTG lebih modern dengan beberapa kelebihan. Makanya saat ini kaos sablon DTG juga lebih banyak dipilih. Kenapa?

 

Baca Juga: Keuntungan Cetak Kaos Custom Ideal! Berikut Tipsnya

 

Kenapa Harus Pilih Sablon DTG?

 

Ada beberapa alasan kenapa sablon DTG lebih unggul dibanding teknik sablon lainnya, yaitu:

  • Bisa mencetak gambar atau tulisan dengan tingkat kerumitan tinggi dan hasilnya akurat. Ya, namanya juga computer, bedalah hasilnya dengan cetak manual layaknya DTF.
  • Bisa pilih cetak warna apa pun juga, entah itu monokrom atau perpaduan warna yang sangat cerah, hasil warnanya cenderung sangat akurat
  • Proses percetakan simpel karena menggunakan mesin otomatis. Semua dikerjakan oleh computer layaknya kamu print dokumen word pakai mesin printer. Makanya sablon DTG disebut pula sablon digital atau print DTG.
  • Prosesnya cepat, kira-kira butuh waktu sekitar 15 – 20 menit
  • Bisa menerima order eceran. Ini paling penting, karena tidak butuh film atau plat, maka order eceran bisa dikerjakan dengan cepat pula.
  • Bisa menerima order dengan deadline mepet
  • Hasilnya tahan lama. Print kaos dengan DTG memiliki hasil yang lebih tahan lama, ini karena material sablon yang digunakan berbeda dengan DTF.

 

Bahan Kaos yang Cocok untuk Sablon DTG

 

Bahan terbaik untuk sablon DTG adalah kaos yang terbuat dari katun. Untuk jenis katunnya, bisa pilih antara:

  • Katun Combed: sering digunakan di berbagai kaos di pasaran. Kamu bisa pilih tingkat ketebalan yang berbeda-beda, mulai dari 20s hingga 40s.
  • Katun Bambu: terbuat dari serat bambu, bukan serat kapas. Teksturnya juga lembut dan lebih ramah lingkungan.
  • Katun US Prima: merupakan salah satu katun kaos premium, bahannya sangat kuat dan teksturnya lembut di kulit.
  • Katun Jepang: terbuat dari 100% serat kapas alami tanpa campuran bahan sintetis. Termasuk bahan premium yang harganya lebih tinggi. Hasil sablon cerah di kain katun Jepang.

 

Tips Merawat Kaos Cetak Sablon DTG

Supaya kaos yang disablon dengan teknik DTG lebih awet, berikut ini tips merawatnya:

 

1. Jangan Sikat Kaos

Kaos sebaiknya tidak disikat, apalagi yang ada cetakan sablon. Selain bisa merusak bahan dan kualitas kaos, hasil sablon juga bisa langsung rusak kalau disikat. Hindari juga mengucek dan memeras kaos terlalu kencang karena bahannya bisa melar dan merusak pori-pori.

2. Jangan Pakai Pemutih

Pemutih sebaiknya dihindari karena akan memudarkan warna kaos dan hasil sablon pun luntur. Cukup gunakan detergen yang lembut. Kalau mau menambahkan pewangi, aman-aman saja karena tidak berpengaruh ke warna dan hasil sablon.

 

3. Rendam Kaos 15 Menit Saja

Merendam kaos makin lama makin baik? Tidak juga. Justru untuk kaos yang disablon dengan teknik DTG disarankan untuk merendam sebelum dicuci selama 15 menit saja dengan detergen secukupnya. Kalau direndam terlalu lama, justru akan cepat rusak.

 

4. Sebaiknya Cuci Manual

Sangat disarankan untuk mencuci kaos dengan tangan supaya kaos tidak melar. Kaos yang melar, pori-porinya lama-kelamaan akan rusak, sehingga pasti berpengaruh ke daya tahan sablonnya. Hasil sablon pun akan ikut rusak.

 

Jadi, mau ubah kaos polos kamu jadi penuh dengan gambar? Datang saja ke print kaos sablon di percetakan favorit. Bingung dimana tempatnya? Cukup buka smartphone dan buka percetakan online yang lebih instan dan pastinya terpercaya.

 

Salah satunya milih Bintang Sempurna, percetakan yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun. Onliners tinggal buka saja www.onlineprint.co.id. Ini adalah platform cetak online Bintang Sempurna yang siap melayani segala kebutuhan printing. Cetak kaos sablon, baju sablon atau cetak berbagai macam dokumen lengkap dengan finishing, semua bisa.

 

Klik langsung print kaos sablon DTG di sini https://onlineprint.co.id/id/kaos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *