DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Ketahui Jenis Kertas Stiker yang Paling Banyak Digunakan

Lagi mau nge-print stiker buat promosi, branding, label kemasan atau yang lain? Stiker memang cocok banget sih buat itu semua. Tapi sebelum nge-Print Stiker, ada baiknya kamu tahu beberapa jenis kertas stiker yang sering digunakan oleh umum. Selain lebih enak dilihat, juga tahan lama. Yuk, cari tahu jenis bahan stiker di bawah ini.

 

Jenis Kertas Stiker

 

Ada dua jenis kertas stiker yang sering digunakan di pasaran, yaitu stiker cromo dan vinyl. Tapi bahan stiker bukan hanya itu saja. Ada juga stiker magnet. Apa perbedaan antara mereka?

 

1. Stiker cromo

Stiker cromo terbuat dari kertas, tapi bahannya lebih tebal dan lebih baik dibandingkan stiker dari kertas HVS biasa. Kalau kamu cari stiker glossy yang murah, maka Stiker cromo adalah pilihan terbaik. Jenis stiker ini sangat baik untuk penggunaan di dalam ruangan. Biasanya digunakan untuk label produk dan stiker untuk anak-anak, atau stiker yang biasa ditempel di cover laptop kamu.

 

Harga cetak stiker cromo cenderung lebih rendah dibandingkan bahan stiker lainnya di daftar ini, jadi sering dipilih oleh pemilik UMKM untuk promosi bisnis mereka. Bahan stiker ini nggak tahan air dan minyak, tapi selama digunakan di dalam ruangan dan nggak terkena cairan, biasanya bakal tahan lama juga.

 

2. Stiker Vinyl

Beda dengan stiker cromo, stiker vinyl terbuat dari material vinyl warna putih yang sering disebut dengan PVC. Bahannya lebih tebal dan kuat dibandingkan kertas. Proses pembuatan stiker vinyl melalui laminasi, sehingga hasil cetaknya matte dan nggak licin.

 

Bahan PVC membuat stiker vinyl tahan terhadap air dan minyak. Selain itu, bahan PVC tahan terhadap berbagai cuaca, baik dingin maupun panas. Karena itu, stiker vinyl biasanya digunakan untuk ditempelkan di luar ruangan. Jadi kalau kamu cari stiker anti air, misalnya untuk stiker yang ditempel di mobil atau motor, maka yang berbahan vinyl jawabannya. Stiker ini bisa juga digunakan di acara bazaar, pelatihan, seminar, dan lain sebagainya.

3. Stiker Magnet

Terakhir ada stiker magnet. Ini adalah stiker vinyl yang dipadukan dengan magnet. Jadi bahan stiker bagian depannya menggunakan PVC, sedangkan bagian perekatnya menggunakan lembaran magnet yang bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan dan selera penggunanya.

 

Stiker magnet biasanya lebih sering digunakan untuk dekorasi rumah, paling sering untuk tempelan di pintu kulkas. Tapi stiker magnet juga cukup sering digunakan untuk branding perusahaan dan produk pada acara-acara tertentu. Yang pasti penggunaannya lebih jarang dibandingkan stiker cromo dan vinyl. Harga cetaknya tentu lebih tinggi dibandingkan kedua stiker sebelumnya.

 

Cetak Stiker di onlineprint.co.id
Cetak Stiker di onlineprint.co.id

 

Jenis Stiker untuk Label Kemasan

 

Untuk label kemasan produk, bahan stiker yang sering digunakan stiker cromo dan vinyl. Alasannya tentu karena lebih cocok dan bisa menempel mengikuti bentuk permukaan kemasan. Selain itu, harga cetaknya pun lebih terjangkau dibandingkan stiker magnet.

 

Stiker vinyl bahkan menjadi pilihan stiker label yang paling sering digunakan. Soalnya tak mudah robek, fleksibel dan tahan lama. Meski terpapar sinar matahari, bahan ini tetap awet. Permukaannya glossy dan berwarna dasar putih.

 

Sementara kalau mau cari yang lebih terjangkau dan bukan buat produk makanan atau minuman, stiker cromo bisa jadi pilihan yang tepat. Soalnya punya daya rekat tinggi, tidak mudah lepas dan tahan lama asalkan tidak kena air atau minyak. Jadi lebih cocok ditempelkan pada produk yang tak berhubungan dengan makanan dan minuman.

 

Baca Juga: Mana Stiker Label yang Tepat untuk Produk Kamu?

 

Perusahaan yang lebih besar biasanya memilih stiker vinyl, sedangkan perusahaan mikro maupun menengah cenderung memilih stiker cromo yang lebih terjangkau. Kamu bisa cetak stiker seperti stiker cromo juga stiker vinyl di percetakan terdekat. Tapi biar kamu lebih santai, ada platform cetak online dari Bintang Sempurna bernama Online Print.

 

Mudahnya pake Online Print, kamu udah bisa tahu estimasi harga kebutuhan cetak kamu sampai rancang desain cetakan kamu dengan fitur desain studio didalamnya. Lengkap kan? Untuk konsultasi, bisa langsung chat CS Online Print di 081281650000 atau langsung kunjungi saja website onlineprint.co.id biar lebih paham.

 

Copy Paste link ini untuk langsung cetak stiker favorit kamu

https://onlineprint.co.id/advance_search.php?search_section=1&search_val=sticker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *