DESIGN IDEASINSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Tips Desain Kalender Siap Cetak, Simak di Blog Ini

Tiap tahunnya kita membutuhkan kalender untuk kepentingan pribadi. Perusahaan juga biasanya menggunakan kalender sebagai media promosi. Baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis, kalender tentu harus dibuat dengan desain yang tepat. Tujuannya agar kalender yang kamu cetak layak dipajang. Kalau bisa sih menambah nilai estektik dan menyatu dengan tempat dimana kamu meletakkan kalender.

Tentu untuk membuat kalender seperti itu tidak gampang. Tapi tenang saja Onliners, jika kamu berencana cetak kalender, yuk simak jenis dan ukuran kalender, serta tips desain kalender berikut ini.

 

Tipe & Ukuran Kalender

 

Ada banyak jenis dan ukuran kalender yang bisa Onliners pilih, di antaranya adalah:

  • Kalender dinding, biasanya dibuat dalam bentuk vertikal dengan ukuran 31×48 cm, 31×54 cm, 60×40 cm, atau 70×50 cm. Kertas yang digunakan bisa HVS atau yang lebih tebal dan eksklusif bisa pakai art paper.
  • Kalender poster, kalender ini hanya ditempel di dinding berupa 1 halaman, 12 bulan ada di 1 halaman yang sama. Biasanya dibuat dari art paper atau art carton yang tebal dan tahan lama. Ukurannya ada yang 35×50 cm, 38×55 cm, 60×40 cm dan 70×50 cm.
  • Kalender meja, bentuknya bisa vertikal atau horizontal. Biasanya menggunakan bahan kertas yang tebal seperti art carton atau kertas linen yang eksklusif. Pilihan laminasi kertasnya bisa glossy atau doff.
  • Kalender saku, ukurannya kecil seperti kartu nama jadi bisa dimasukkan ke dalam dompet atau di buku catatan. Biasanya kalender saku dibawa ke mana-mana supaya mudah mengecek jadwal. Bahan yang dipilih biasanya art carton ukuran tebal agar bisa tahan lama.

 

Selain tipe atau jenis kalender di atas, Onliners juga bebas membuat model lain atau yang biasa disebut dengan kalender custom. Ukuran dan medianya biasanya sangat tergantung dengan dimana kalender diletakkan.

 

Baca Juga: Art Carton, Pilihan Utama Bahan Kertas Tebal

 

 

Tips Desain Kalender

 

Onliners yang tertarik mencetak kalender untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, nih. Supaya hasil cetakannya lebih oke, jangan lupa cek hal-hal di bawah ini:

 

1. Pilih Tipe Kalender yang Tepat

Tentukan dulu jenis kalender yang akan lebih berguna bagi Onliners. Selain itu, pilih ukurannya juga, jangan terlalu kecil supaya bisa mudah dilihat. Terutama untuk kalender yang bakal difungsikan untuk menulis jadwal, sediakan ruang yang cukup.

 

2. Pilih Desain yang Menarik

Desain yang menarik itu penting untuk kalender yang digunakan sendiri maupun untuk kepentingan bisnis. Fungsi kalender sendiri untuk mengetahui tanggal, tapi kalau desainnya unik, tentu orang bakal tertarik melihatnya.

 

Tapi fungsionalitas kalender tetap jadi nomor satu. Pastikan kalender tetap enak dibaca. Pilih tata letak tanggal, penulisan awal hari dan font yang tepat. Kalender memang bisa dijadikan dekorasi, tapi saat dibutuhkan fungsi sebenarnya harus tetap bisa dimanfaatkan dengan mudah.

 

3. Gunakan Gambar yang Berkualitas

Desain kalender yang menarik biasanya menggunakan gambar. Nah, kalau Onliners berencana memasukkan gambar, pastikan pilih gambar atau foto yang kualitasnya tinggi supaya kalau dicetak tidak pecah. Sebaiknya konsultasi dulu dengan percetakan, berapa ukuran yang tepat untuk kualitas gambar untuk cetak kalender. Ukuran gambar juga sebaiknya tidak terlalu besar supaya fungsi kalender tetap tidak terganggu, kecuali kalau Onliners mencetak kalender dinding.

 

4. Pilih Warna yang Oke

Pilihan warna juga penting. Untuk keperluan promosi bisnis, biasanya menggunakan warna-warna perusahaan. Sedangkan untuk kepentingan pribadi, bisa pilih warna sesuai selera. Yang pasti, kalender harus tetap jelas, jadi sebaiknya pilih 2-3 warna saja yang dominan.

 

Pastikan kamu recheck lagi desain kalender yang telah kamu buat mulai dari layout, warna sampai ukuran dan resolusi penyimpanan file desain. Jangan sampai terkompres ya file kamu untuk mendapatkan hasil cetak kalender yang terbaik.

 

Sekarang saatnya kamu cetak kalender di tempat percetakan berkualitas. Sekarang jamannya serba praktis dan instan, kamu bisa langsung konsultasikan kebutuhan kalender kamu dengan Online Print, paltform cetak online dari Bintang Sempurna, sebuah perusahaan cetak yang beroperasi dari tahun 1898 hingga sekarang.

 

Jangan ragu konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan cetak kamu untuk hasil yang sesuai  dengan CS Online Print di +62 812-8165-0000. Bisa juga kamu buka www.onlineprint.co.id untuk tahu lebih dalam platform cetak online satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *