DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Art Carton, Pilihan Utama Bahan Kertas Tebal

Sekadar informasi ya Onliners, kalau di dunia percetakan itu ada 2 jenis kertas yang populer, yaitu kertas art paper dan art carton. Keduanya memiliki beberapa persamaan terutama karena menggunakan bahan yang sama, namun tetap saja ada bedanya, salah satunya yaitu berdasarkan ketebalannya.

Art paper termasuk cukup tebal dibanding banyak kertas lainnya, yaitu mulai dari 85 gram hingga 150 gram. Kertas art paper sering digunakan untuk mencetak poster, brosur, flyer, kalender, bahkan untuk majalah. Sedangkan ketebalan art carton bervariasi, mulai dari 190 gram hingga 310 gram, bahkan ada yang 400 gram. Kali ini kita fokus pada art carton. Seperti apa karakternya dan digunakan untuk apa saja art carton?

 

Baca Juga: Art Paper atau Art Carton? Begini Bedanya

Art Carton: Pengertian dan Sejarahnya

 

Art carton merupakan kertas tebal yang berwarna putih terang di kedua sisi, jadi hasil cetaknya akan lebih jelas dan terang. Meski penamaannya sendiri sudah dalam bahasa Inggris, lebih sering tapi padanan yang tepat adalah cardboard atau paperboard. Kertas jenis karton ini sangat disukai dalam dunia percetakan karena ketahannya yang lebih lama oleh karena ketebalan yang lebih baik kalau dibandingkan dengan mencetak di atas art paper maupun HVS.

 

Kertas karton ini pertama kali ditemukan di Inggris oleh M. Treverton & Son di tahun 1817. Inggris memang merupakan negara yang pada masanya banyak melakukan penemuan di bidang percetakan. Perlahan-lahan popularitas art carton makin meluas. Hingga akhirnya di tahun 1860, art carton sudah mulai banyak digunakan, terutama dalam bentuk lipatan.

 

Karena tebal dan kuat, art carton pun mulai digunakan untuk berbagai jenis kepentingan. Salah satu yang dianggap paling inovatif adalah sebagai kantong belanja yang pertama kali dibuat oleh Robert Gair di tahun 1890. Kantong belanja semacam ini juga masih kita gunakan hingga sekarang.

 

Karakter Art Carton

Lalu seperti apa ciri-ciri dari kertas tebal serbaguna ini? Berikut karakter selengkapnya untuk membedakan dengan jenis kertas lainnya:

  • Warnanya putih bersih di kedua sisinya
  • Teksturnya halus dan licin
  • Finishing art carton glossy
  • Ukuran art carton terbagi menjadi beberapa gramatur. Mulai dari 190 hingga 400 gram, lebih detailnya yakni kertas art carton ukuran 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram, 360 gram dan 400 gram.

 

Art Carton Tisu Box Online Print
Cetak Art Carton di onlineprint.co.id

 

Art Carton Biasa Digunakan untuk Apa?

 

Percetakan sering menggunakan art carton untuk berbagai kebutuhan, tergantung dari tingkat ketebalannya. Ini dia kegunaan art carton menurut gramasinya:

  • Art Carton 190 gram – biasa digunakan untuk cetak kartu nama dan brosur, karena tingkat ketebalannya sedikit di atas art paper.
  • Art carton 210 gram & 230 gram – lebih tebal, sehingga biasanya digunakan untuk bahan mencetak kalender meja, brosur hingga map-map perusahaan.
  • Art carton 260 gram – jauh lebih tebal dari kertas biasa, bahkan bisa dibuat berdiri. Biasanya digunakan untuk cetak undangan, kemasan dus untuk makanan dan minuman serta kebutuhan lain, hingga paper bag.
  • Art carton 310 gram – sudah sangat tebal, sehingga sudah bisa disebut paperboard atau papan. Sering digunakan untuk undangan dan cover buku.
  • Art carton 360 gram – biasa digunakan untuk undangan, cover buku dan kemasan produk.
  • Art carton 400 gram – sering digunakan untuk kemasan makanan dan minuman hingga kartu nama yang eksklusif.

 

Kertas Art Carton bisa didapatkan di percetakan terdekat. Tapi kalau Onliners ingin cetak kebutuhan menggunakan Art Carton yang lebih praktis, bisa coba Online Print. Cukup buka www.onlineprint.co.id. Online Print adalah platform cetak online milik Bintang Sempurna, percetakan yang sudah beroperasi sejak 1989. Jadi soal kualitas, sudah teruji oleh waktu.

 

Tunggu apa lagi, serbu websitenya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *