DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Kemasan Produk: Fungsi dan Desain yang Menarik

Lagi menggeluti bisnis baru? Bagi yang memproduksi barang tertentu, biasanya mau tak mau ikut berjualan online, mengikuti tren belanja jaman sekarang. Yang pasti, baik jualan di toko online maupun offline, kemasan produk itu penting banget fungsinya.

 

Bayangkan saja kalau kita membeli produk yang harganya cukup tinggi tapi kemasannya hanya pakai kantong plastik saja. Lalu bandingkan dengan produk yang harganya tidak terlalu mahal, tapi kemasannya menarik. Pasti lebih menyenangkan beli produk yang kedua. Nah, sebenarnya apa saja sih fungsi kemasan produk dan kenapa begitu penting membuat kemasan yang menarik?

 

Fungsi Kemasan Produk

 

Dulu mungkin kemasan hanya sekadar pelindung produk, tapi percayalah sekarang berbeda. Kemasan bisa menjadi sarana promosi, branding hingga nilai jual. Onliners bahkan bisa menilai seperti apa kualitas produk dari kemasannya.

 

1. Sebagai Pelindung Produk

 

Tujuan sebuah produk menggunakan kemasan adalah untuk melindungi produk, apa pun jenisnya. Misalnya makanan, kalau dimasukkan ke dalam bungkus plastik dan dibandingkan dengan kemasan boks, tentu akan lebih aman dimasukkan ke dalam boks. Produk jadi lebih terlindung dari berbagai macam gangguan. Misalnya terkena benda tajam selama pengiriman, terkena air, dan masih banyak lagi. Kemasan makanan akan melindunginya.

 

Tak hanya makanan, produk seperti minuman, sampai obat-obatan juga penting dikemas dalam kardus. Dengan begitu, kualitas, rasa dan aroma produk tetap terjaga dengan baik. Begitu sampai di tangan konsumen, kualitasnya tetap terjaga dan memuaskan konsumen.

 

2. Promosi Produk dan Merek

 

Lewat kemasan, kita juga bisa sekaligus menjadikannya sebagai media promosi. Pasti di kemasan akan ada logo dan label merek atau perusahaan. Kalau desain kemasan produk keren dan berkualitas, maka nama merek juga otomatis meningkat. Calon klien juga akan lebih tertarik dan percaya dengan merek kita kalau direpresentasikan dengan baik lewat kemasan yang berkualitas.

 

3. Menentukan Nilai Jual

 

Kemasan produk yang eksklusif membuat nilai jual produk otomatis meningkat. Kalau bagian luarnya saja sudah eksklusif, tentu diharapkan isinya juga mencerminkan bungkusnya. Kesan pertama dari kemasan itu penting. Makin baik kemasan, tentu makin tinggi juga nilai jualnya.

 

Begitu juga dengan desain kemasan produk nan unik. Semakin kreatif dan unik, makin banyak konsumen yang tertarik. Tentu saja, kemasan yang unik juga harus tetap fungsional. Jangan sampai hanya mengejar keunikan tanpa memperhatikan fungsinya.

 

Pentingnya Membuat Kemasan Produk yang Menarik

 

Melihat berbagai fungsi kemasan produk, jadi makin paham ya kenapa peting mendesain kemasan yang menarik? Terutama di jaman sekarang yang semuanya serba online. Segala berita tersebar begitu cepat dengan adanya media sosial dan toko online yang menggunakan platform e-commerce. Pastinya kamu sering kan melihat video unboxing berbagai macam produk?

 

Nah, produk yang kemasannya cantik pasti bakal dapat review bagus dari sejak proses unboxing. Apa pun produknya, ini bakal bikin banyak orang tertarik buat cari tahu produknya lebih jauh. Sebaliknya, sebaik apa pun produknya tapi kalau kemasannya kurang menarik dan terlihat asal-asalan, calon konsumen jadi kurang berminat untuk mengecek produknya lebih jauh.

 

Kalau untuk dijual online, jenis kemasan produk biasanya terbagi menjadi tiga. Ada kemasan primer, sekunder dan tersier. Kemasan primer, yakni yang mengalami kontak langsung ke produk bahannya sangat tergantung dengan apa produk kamu. Biasanya dipilih kemasan dipossable (sekali pakai). Kalau kemasan sekunder biasanya buat melindungi kemasan primer, misalnya kemasan kardus buat mengemas beberapa kaleng susu.

 

Kemasan tersier adalah kemasan tambahan buat proses pengiriman atau distribusi. Sering juga disebut transport packaging. Kalau untuk produk makanan, kemasan tersier bisa menggunakan kardus, carton maupun cardboard.

 

Baca Juga: Art Paper atau Art Carton? Begini Bedanya

 

Desain Kemasan Produk yang Menarik

 

Lantas bagaimana cara desain kemasan produk yang menarik? onliners bisa coba perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pertimbangkan sisi ergonomis biar enggak menyusahkan konsumen saat bawa produk. Tapi tetap jangan lupakan sisi keamanan dan estetika.
  • Desain kemasan produk yang sederhana masih jadi andalan sampai sekarang. Terutama yang bisa menonjolkan produk kamu. Warna, font dan tagline, harus serasi, ya.
  • Pilih warna cerah, biar kalau dipajang di toko, bisa langsung menarik mata konsumen. Kamu bisa coba lihat gambar kemasan produk di internet sebagai referensi pilihan wakran.
  • Jangan lupa, tambahkan informasi produk. Misalnya kalau produk makanan, tambahkan informasi komposisi, expired, kandungan dan lain sebagainya yang penting buat diketahui konsumen. Pastikan ada informasi legalitas dari pemerintah. Entah itu BPOM, PIRT atau label halal dari MUI.
  • Gunakan bahan kemasan yang tepat sesuai dengan produk yang dikemas.

 

Jadi, kemasan produk itu penting ya Onliners. selain sebagai pelindung produk kamu, kemasan produk juga bisa jadi media branding untuk menarik minat pelanggan. Kemasan produk yang menarik juga penting banget untuk media promosi.

 

Sekarang sudah banyak jasa penyedia pembuatan kemasan produk. bila kamu cari tempat cetak kemasan yang lebih praktis dan cepat, ada onlineprint.co.id. Online Print adalah platform cetak online dari Bintang Sempurna. Kamu bisa cetak kemasan dalam jumlah sedikit maupun ribuan. Soalnya Online Print punya teknologi digital printing maupun offset print.

 

Oh ya, Bintang Sempurna itu sendiri adalah percetakan yang sudah beroperasi sejak tahun 1989 sampai sekarang. Jadi bisa dibayangkan sendiri gimana kualitasnya. Sudah terbukti dari segi usia.

 

Jadi, kunjungi saja langsung websitenya atau bisa konsultasikan kebutuhan cetak kamu terlebih dahulu dengan CS Online Print di 081281650000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *