INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Kenali Jenis Signage yang Biasa Onliners Temukan di Tempat Umum

Onliners pas lagi di tempat yang jarang di kunjungi, pasti bingung dengan tata letak lokasi. Mau ke toilet saja, pasti tak tahu jalannya. Beruntung ada papan petunjuk atau signage. Media yang berguna sebagai rambu petunjuk ini pasti banyak tersedia di ruang publik semacam mall, supermarket, kampus, sekolah, taman, atau tempat wisata. Bentuk dan fungsi signage beragam. Supaya lebih tahu, yuk simak infonya di sini.

 

Fungsi Signage

 

 

Signage Open onlineprint.co.id

 

 

 

Signage adalah papan info atau rambu yang ada di ruang publik. Ukuran dan modelnya berbeda-beda. Ada yang persegi panjang, persegi, bulat, dan lain-lain. Fungsinya signage antara lain adalah:

1. Rambu petunjuk arah

 

Signage sering digunakan sebagai petunjuk arah. Di luar ruangan misalnya sebagai petunjuk nama jalan. Di taman yang ukurannya besar juga biasanya ada signage untuk menunjukkan arah. Sedangkan di dalam pusat perbelanjaan, juga ada petunjuk arah ke toilet, ATM Center, tangga darurat, dan lain sebagainya. Beberapa tempat juga menggunakan signage yang dicetak seperti stiker lantai sebagai petunjuk jalan.

 

2. Penanda lokasi

 

Di ruang publik juga pasti ada signage yang menunjukkan lokasi. Misal di setiap pintu, ada signage yang menandakan fungsi ruangan tersebut. Misalnya tanda toilet wanita dan toilet pria, tanda pintu darurat, ruang ibu menyusui, dan lain-lain.

 

Signage penanda lokasi juga dipasang di kantor, sekolah dan kampus. Selain sebagai penanda lokasi, signage juga bisa digunakan sebagai penanda atau rambu peringatan. Misalnya toilet yang rusak, ruang buntu dan lain sebagainya.

 

3. Media promosi

 

Siapa bilang hanya cetak poster saja yang efektif sebagai media promosi. Signage juga bisa. Tipenya sangat beragam. Mulai dari banner, canopy signs, window signs, LED signs dengan backlit, wall signs, dan masih banyak lagi. Info di dalamnya bisa berupa branding usaha atau mempromosikan produk tertentu.

 

Baca Juga: Photobook, Cendera Mata Spesial yang Ideal dijadikan Hadiah

Jenis Signage yang Sering Ditemukan

 

Jenis Signage Online Print

 

 

Ada banyak jenis signage yang pasti sudah pernah kamu lihat di ruang publik. Ini dia beberapa jenis signage yang sering ditemukan:

 

1. Outdoor signage

 

Ini adalah signage yang diletakkan di luar ruangan. Jenis ini cocok banget digunakan untuk media promosi dan penanda toko. Bentuknya beragam, salah satunya adalah window lettering, atau huruf-huruf yang ditempelkan di kaca toko. Ada juga signage etalase, yang bisa diletakkan di luar toko maupun di bagian dalam kaca toko.

 

Outdoor signage biasanya berukuran besar supaya bisa mudah terbaca oleh orang yang lewat. Khususnya untuk nama toko atau promo tertentu (diskon, promo paket, dan lain-lain), biasanya berbentuk LED signage dengan backlit atau neon box.

 

2. Wayfinding signage

 

Sering juga disebut sebagai organizational signage. Fungsinya adalah sebagai rambu petunjuk jalan. Di ruang publik misalnya tanda menuju ke toilet, tangga darurat, dan lain-lain. Di kampus misalnya tanda menuju ruang dosen, atau menuju fakultas.

 

Karena fungsinya sebagai petunjuk jalan, maka wayfinding signage harus diletakkan di posisi yang strategis dan tepat. Model dan ukurannya juga harus tepat supaya mudah dibaca dan orang tidak tersasar.

 

3. Promotional signage

 

Ini adalah signage yang berisi info promosi. Misalnya digunakan di dalam toko, supermarket, pusat perbelanjaan, bazar, dan lain-lain. Contohnya saat ada promo khusus yang waktunya terbatas. Atau promo buy 1 get 1, dan masih banyak lagi.

 

Jenis Signage di onlineprint.co.id
Cetak Signage Stiker Lantai di Online Print

 

Udah tahukan Onliners apa saja fungsi dan jenis signage. Ternyata tidak cuma buat petunjuk jalan saja ya, buat media promosi juga bisa. Tertarik untuk cetak signage? Buka aja onlineprint.co.id. Dari situs Online Print, Onliners bisa cetak signage seperti stiker lantai dengan gampang tanpa antri.

 

Baca Juga: PT Bintang Sempurna Memenangkan HP Inkspiration Award 2021

 

Jangan khawatir soal kualitas hasil cetakan Online Print, soalnya situs online tersebut adalah persembahan dari Bintang Sempurna. Kita sama-sama tahulah bagaimana kualitas percetakan benhil yang satu ini, sudah beroperasi lebih dari 31 tahu. Enggak cuma signage, mau cetak apa aja bisa melalui Online Print. Tentunya didukung dengan mesin cetak terbaik, tinta berkualitas dan beragam pilihan kertas. SDM-nya juga mumpuni banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *