ONLINEPRINT.CO.ID

Ciri-ciri Poster, Jenis dan Tujuannya

Di tahun 90-an dan era sebelumnya, kawula muda punya hobi mengoleksi poster. Tidak hanya poster berupa foto selebriti idola, tapi juga poster bergambar mobil, sepeda motor, atau barang impian lainnya hingga poster berisi kutipan yang inspiratif. Onliners mungkin salah satu yang masih menyimpan atau menempelkan poster tersebut di dinding kamar.

 

Jenis-jenis poster itu sangat beragam. Selain yang kamu tempel di dinding kamar, ada juga poster yang dipasang di ruang publik. Ada poster komersial dan non komersial. Untuk tahu lebih dalam soal poster, cari tahu yuk di tulisan ini!

 

Ciri-ciri Poster

 

Ciri-Ciri Poster Online Print
Ciri-Ciri Poster Online Print

 

Ciri-ciri poster bisa kamu lihat dari definisinya. Menurut Azhar Arsyad, poster adalah media dua dimensi visual yang berisi gambar dan pesan singkat secara tertulis. Tujuan poster adalah untuk menyampaikan hal tertentu dan mampu mempengaruhi orang yang melihatnya.

 

Sementara menurut Sri Anitah, poster adalah gambar yang menggabungkan unsur visual seperti garis, kata-kata dan gambar yang tujuannya untuk menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

 

Nah, berdasarkan definisi poster menurut kedua ahli di atas, ciri-ciri poster adalah sebagai berikut:

  • Mampu menarik perhatian orang yang melihatnya.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas dan gampang dipahami.
  • Isi poster tidak bertele-tele.
  • Menggunakan kalimat yang bernada persuasif atau mengajak.
  • Menggunakan gambar/lukisan/sketsa dan perpaduan warna.
  • Terdiri dari huruf, angka, gambar, simbol, atau kombinasi dari keempat elemen tersebut.
  • Isi poster mampu meninggalkan kesan pada yang melihatnya, meski hanya dibaca sambil lalu.
  • Didesain pada sebuah kertas atau kain dalam bentuk 2 dimensi.
  • Dipasang di permukaan yang rata, biasanya di dinding.
  • Dipasang di lokasi yang strategis di ruang publik, khusus untuk poster yang tujuannya agar dapat dilihat oleh khalayak ramai.

Jenis-Jenis Poster

 

Dilihat dari ukuran poster, ada poster besar, medium dan kecil. Poster terkecil biasanya menggunakan kerta A4, sementara yang terbesar menggunakan A0. Kalau dilihat dari isinya, jenis poster terbagi menjadi 4, yaitu:

 

1. Poster Kegiatan

 

Isinya mengumumkan kegiatan yang akan diselenggarakan. Misalnya poster pameran, konser, festival, bazar, penyelenggaraan vaksin gratis, diskon besar-besaran di periode tertentu, dan lain sebagainya. Poster kegiatan dipasang di ruang publik yang tepat sasaran.

 

2. Poster Layanan Masyarakat

 

Ini adalah poster yang tujuannya untuk memberi info yang dapat mengedukasi masyarakat. Misalnya poster tentang Keluarga Berencana, poster mencegah demam berdarah, poster mencegah COVID-19, dan masih banyak lagi. Poster semacam ini bisa dipasang di ruang publik seperti rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

 

3. Poster Pendidikan

 

Ini adalah poster yang tujuannya mendidik masyarakat. Biasanya poster semacam ini dipasang di lembaga pendidikan, seperti sekolah dan universitas.

 

Baca Juga: Mau Cetak Banner atau Spanduk? Kenali Dulu Perbedaannya

 

4. Poster Niaga

 

Sering kali disebut juga sebagai poster komersial. Poster ini dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang ataupun jasa. Cocok sebagai media promosi. Contoh poster niaga misalnya poster iklan produk yang dipasang di ruang publik seperti supermarket, halte, dan lain-lain.

 

Tujuan Poster

Ciri-Ciri Poster Online Print
Cetak Poster di Online Print

 

Cara membuat poster paling mudah adalah dengan memahami tujuan dibuatnya poster. Selain itu, memahami tujuan poster juga membuat sobat onliners tahu berapa ukuran poster dan di mana poster akan ditempelkan. Ini erat kaitannya dengan bahan yang digunakan untuk cetak poster.

 

Sebenarnya tujuan poster sangat erat kaitannya dengan jenis poster. Misalnya untuk poster niaga biasanya bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa tertentu ke orang banyak. Lalu poster kegiatan biasanya untuk mengumumkan acara atau aktivitas yang akan diselenggarakan di masa mendatang. Begitu juga dengan poster layanan masyarakat, bertujuan untuk memberi info kepada masyarakat mengenai layanan tertentu.

 

Tempat Cetak Poster

 

Sampai di sini sudah paham kan apa itu ciri-ciri poster dan tujuannya? Kalau kamu ingin cetak poster pilihlah percetakan yang berkualitas dan menyediakan layanan print A3 terdekat. Soalnya paling umum poster itu dicetak menggunakan ukuran kertas A3.

 

Tapi kalau kamu termasuk orang yang anti ribet alias suka yang efisien, buka saja onlineprint.co.id. Tak hanya menyediakan layanan cetak online, Online Print juga menyediakan menu desain langsung yang memungkinkan kamu membuat poster di situs tersebut. Cukup buka, desain dan langsung cetak.

 

Baca Juga: Begini Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

 

Kualitas cetakan Online Print tak usah kamu ragukan. Soalnya ini adalah layanan persembahan dari Bintang Sempurna, perusahaan percetakan benhil yang sudah beroperasi lebih dari 31 tahun. Dengan mesin cetak offset dan digital ditambah tinta dan bahan cetak terbaik, dijamin poster bakal sesuai keinginan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *