INSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

5 Rahasia Sederhana Cetak Foto Biar Hasilnya Maksimal

Pernah nggak sih, Onliners mencetak foto yang hasilnya pecah dan kurang jelas? Atau mungkin album fotonya yang kurang awet dan sampai beberapa kali ganti? Foto dicetak supaya bisa mengingatkan kita pada berbagai momen tertentu, kalau hasilnya pecah atau warnanya cepat memudar, pastinya tak jadi kenangan yang manis. Tak layak pula disimpan dalam buku album.

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencetak foto supaya hasilnya maksimal. Kita bakal bahas di sini, lengkap dengan pentingnya mencetak foto meski sekarang eranya sudah derba digital.

 

Tips Cetak Foto untuk Hasil yang Maksimal

 

Kalau mau mencetak atau print foto yang hasilnya profesional, paling mudah langsung saja ke tempat cetak foto terdekat yang sudah terjamin kualitasnya. Tapi kalau mau cetak foto sendiri biar lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan biar hasilnya maksimal. Ini dia beberapa di antaranya:

 

1. Pilih Kertas Foto yang Tepat

Jenis kertas foto beragam, tapi yang paling sering digunakan adalah glossy dan matte. Nah, kalau dibandingkan di antara keduanya, banyak penggemar fotografi yang menganggap kertas foto matte lebih berkualitas. Justru karena tidak ada kilaunya, kertas foto matte jadi terasa lebih eksklusif.

 

Buat yang suka tampilan vintage, kertas foto matte paling cocok. Tapi kalau Onliners lebih suka tampilan yang mengkilap, pilih yang glossy juga tak masalah. Yang pasti, pilih kertas yang berkualitas. Biasanya, kertas yang lebih tebal lebih baik. Untuk kertas foto, coba yang ketebalannya 65lb.

 

2. Pilih dpi yang Tepat

dpi adalah singkatan dari dots per inch. Ini merupakan kunci utama resolusi foto, Makin banyak dots, makin detail hasil fotonya. Jadi kalau resolusi foto Onliners rendah, biasanya jumlah dots hanya sedikit. Sangat disarankan untuk menyimpan foto pada 300 dpi kalau mau dicetak dengan hasil sempurna.

 

3. Pertajam Kualitasnya

Salah satu proses final mempersiapkan foto untuk dicetak adalah mempertajam kualitas gambarnya. Sebelumnya, kamu bisa crop foto atau lakukan resize, sesuai selera. Setelah itu, tajamkan gambarnya supaya hasil cetakan lebih memuaskan. Sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa membantu mempertajam, di antaranya Photoshop dan Raya Pro.

 

4. Lakukan Soft Proofing

Sudah yakin dengan editan kamu? Sekarang saatnya soft proofing, yaitu metode simpel untuk memvisualisasikan seperti apa kualitas cetakan foto nantinya. Kamu bisa gunakan Photoshop atau Adobe Lightroom, maupun software fotografi lainnya. Tujuan soft proofing adalah untuk memutuskan apakah hasilnya sudah sesuai dengan keinginanmu atau belum.

 

5. Ganti Pengaturan Printer

Untuk hasil yang maksimal, coba deh sebelum mencetak, ubah Pengaturan printer Onliner. Jadi tepat setelah klik tombol ‘Print’, di layar bakal muncul pop up. Kalau biasanya kamu langsung pencet ‘OK’, coba sekarang klik ‘Properties’ dulu.

 

Di bagian opsi kualitas foto, pilih ‘Best Photo’ atau apa pun yang ditawarkan di layarmu dengan kualitas tertinggi, soalnya Pengaturan di tiap komputer mungkin berbeda-beda. Baru setelah itu, klik tombol ‘OK.’ Jadi kalau belum diatur sedemikian rupa, foto yang dicetak akan menampilkan hasil yang standar.

 

Baca Juga: Ada 5 Teknik Cetak yang Perlu Kamu Tahu, Nggak Cuma Cetak Digital dan Offset Saja!

 

Pentingnya Cetak Foto di Era Digital

 

Jaman sekarang, kebanyakan orang menyimpan foto hanya di gadget atau di perangkat penyimpanan mereka, jarang sekali yang mencetak. Padahal mencetak foto itu tetap banyak manfaatnya di era digital ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Minim risiko; tidak akan diserang virus yang sering muncul di dunia maya. Ingat, tidak ada tempat teraman untuk menyimpan foto secara digital. Bisa saja perangkat digital kamu rusak atau perusahaan penyedia layanan penyimpanan digital yang gulung tikar. Sehingga layanan cloud yang diberikan bakalan musnah.
  • Mudah diakses; terutama untuk foto-foto lama yang tidak perlu dicari sampai scroll terlalu jauh.
  • Membangkitkan kenangan; sekarang ada banyak foto dan momen yang terlupakan begitu saja, karena cenderung tidak dilihat lagi kalau hanya disimpan di HP. Beda dengan album foto yang lebih menarik untuk dilihat kembali.

 

Tentu masih ada banyak lagi alasan kenapa cetak foto itu penting. Meski begitu, Onliners tetap harus mengedepankan kualitas saat cetak foto. Jangan asal jadi. Soalnya foto sendiri adalah sarana pengingat memori penting atau yang tak terlupakan dalam keseharian kita.

 

Nah, kalau Onliners mau cetak foto tanpa ribet dan malas datang ke percetakan foto, bisa banget di onlineprint.co,id. Ini adalah platform cetak online PT Bintang Sempurna yang bisa #KlikLangsungPrint foto untuk diaplikasikan ke dalam buku album maupun material lainnya seperti kanvas, Lenticular Printing hingga bahan rigid media lainnya selain dalam selembar kertas. Keren kan!

Yuk kunjungi websitenya sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *