INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Kartu Ucapan Lebaran Masih Menjadi Tradisi, Berikut Tips Membuatnya

Meski sekarang sudah serba online, tapi mengirimkan kartu ucapan Lebaran masih jadi tradisi. Kartu Lebaran berupa fisik pasti lebih mengena pesannya bagi penerima, daripada hanya sekadar kirim ucapan via e-mail atau chat. Kenapa?

 

Soalnya ucapan selamat lebaran yang dicetak lebih terkesan privat. Terkesan lebih perhatian gitu. Selain itu penelitian juga buktikan kalau membaca teks dari kertas lebih gampang diingat dibanding dari layar Hp atau komputer.

 

Tips Membuat Kartu Ucapan Lebaran

 

Nah kebetulan sebentar lagi lebaran Idul Fitri, kalau Onliners tertarik bikin kartu ucapan selamat hari raya, apa aja sih yang perlu diperhatikan? Ini dia beberapa diantaranya:

 

1. Pilih Warna yang Cocok

Pemilihan warna itu penting banget dalam mendesain kartu. Biasanya Lebaran identik dengan warna putih atau hijau, meskipun nggak masalah juga kalau kamu pilih warna yang lain. Tetapi kartu ucapan Idul Fitri dengan desain dominasi warna hijau putih memang masih jadi tren. Hindari warna-warna seperti merah atau kuning, karena identik dengan hari besar lainnya.

 

Jangan lupa pertimbangkan juga siapa penerimanya. Misalnya mau mengirimkan untuk orang yang dituakan atau bos di tempat kerja. Pastinya kurang pas dong kalau kamu kirim kartu Lebaran yang warna-warni? sebaiknya piloih warna solid yang lembut. Kirimkan kartu yang warna-warni ke teman atau saudara dekat saja.

 

2. Pilih Font yang Mudah Dibaca

Sekarang banyak pilihan font yang estetik dan bisa bikin tampilan kartu jadi lebih cantik. Tapi jangan lupa pertimbangkan juga apakah font itu mudah dibaca atau tidak. Selain itu, pertimbangkan ukurannya juga. Disarankan pilih font yang mudah dibaca dan ukurannya pas. Kecuali untuk kata Selamat Idul Fitri, kamu bisa membuat dengan font yang kamu suka. Soalnya sudah familiar. Jadi pasti mudah dibaca.

 

3. Tambahkan Foto atau Gambar yang Cocok

Untuk kartu yang dikirim ke orang-orang terdekat, kita bisa tambahkan foto keluarga, misalnya, di kartu Lebaran. Sedangkan untuk kartu ucapan Lebaran yang dikirimkan ke kolega atau yang berhubungan dengan pekerjaan, bisa pilih gambar yang berhubungan dengan Idul Fitri. Misalnya masjid, bulan sabit dan bintang, ketupat, dan lain sebagainya.

 

Jangan lupa pertimbangkan resolusi foto. Hindari pilih foto yang resolusinya rendah, karena nanti hasil cetakannya pasti jadi kurang menarik. Onliners bisa konsultasikan dulu dengan pihak percetakan supaya tidak salah.

 

4. Tambahkan Dekorasi

Mau kartu ucapan Lebaran lebih personal? Onliners bisa tambahkan elemen dekoratif sendiri. Misalnya kartu putih polos ditempelkan pita kecil warna hijau, lalu diberi sedikit glitter emas, kartu pun jadi lebih spesial dan sesuai dengan tema Lebaran.

 

Bagi yang kreatif, pasti lebih seru mendekor kartu sendiri. Pastikan pilih dekorasi yang sesuai tema dan tidak terlalu berlebihan sampai kartu jadi terlalu ramai. Sisakan tempat untuk menulis. Dekorasi yang simpel justru membuat kartu jadi makin manis.

 

Baca Juga: Art Paper atau Art Carton? Begini Bedanya

 

Do’s and Dont’s Membuat Kartu Ucapan Lebaran

 

Cara membuat kartu ucapan tidak sulit bukan? Nah, ada beberapa hal yang musti kamu ingat. Apa sih Do’s and Don’ts dalam membuat kartu ucapan Lebaran yang perlu diperhatikan?

 

  • Do’s: pastikan kamu menggunakan bahasa yang sopan, siapa pun penerima kartunya.
  • Do’s: hindari menggunakan dekorasi yang tebal, terutama kalau dikirimkan via pos, kalau langsung diberikan pada penerimanya, tak ada masalah.
  • Don’ts: menulis kartu ucapan atau mencetak tulisan dalam warna merah.
  • Don’ts: inti kartu Lebaran adalah mengucapkan harapan kita untuk si penerima, jadi jangan jadikan isi kartu tentang kita sendiri.
  • Don’ts: jangan buat kartu ucapan lebaran terlalu besar. Cukup 8,5 x 12,5 cm atau 10 x 15 cm saja. Kalau kebesaran nanti bisa menutupi parcel atau bingkisan lebaran. Jika terlalu besar atau kecil tidak enak juga dilihat dari

segi estetika.

 

Nah, sampai di sini sudah ketemu ide mau buat kartu ucapan lebaran seperti apa? Saatnya pilih tempat cetak kartu lebaran. Bisa sih cetak di percetakan terdekat. Tapi kalau mau jaminan kualitas dan tak perlu repot, cetak saja secara online. Cukup buka Online Print di www.onlineprint.co.id.

 

Online Print adalah platform cetak online milik Bintang Sempurna, sebuah percetakan yang sudah lama banget beroperasi. Tercatat sudah lebih dari 33 tahun dengan banyak cabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *