DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Begini Jenis Amplop Surat Yang Sering Kita Lihat dan Ukurannya.

Mau mengirim surat lamaran pekerjaan atau surat undangan? Onliners pasti butuh amplop untuk mengemas surat tersebut. Amplop surat adalah kemasan yang umumnya terbuat dari kertas dengan perekat atau tali dibagian kepala. Dulu, amplop tidak pakai kertas lho. Malahan pakai tanah liat, tepatnya pas jamannya bangsa Babilion.

 

Bentuknya tentu tidak seperti yang sekarang. Baru setelah ada sayembara tahun 1840 yang dimenangkan oleh William Mulready dengan hadiah 200 pounsterling, desain amplop berubah. Sekarang Onliners malah bisa melihat berbagai jenis dengan ukuran yang berbeda.

Nah, kalau mau kirim surat kira-kira harus pakai jenis yang mana ya? Tentu harus pilih bentuk dan ukuran yang tepat.

 

Jenis Amplop Surat dan Ukurannya

 

1. Amplop Putih Standar

Jenis ini adalah bentuk yang paling standar. Paling sering digunakan buat segala macam keperluan. Apakah itu untuk kirim surat resmi, dinas, pengumuman, dsb. Ukuran amplop standar adalah 110 × 230 m. sehingga kertas ukuran 1/3 A4 atau F4 bisa masuk.

 

2. Amplop Coklat

Kalau surat yang dicetak pakai kertas A4 atau F4 tapi tidak dilipat, maka biasanya digunakan jenis ini sebagai sampulnya. Ini sering dipakai buat kirim surat atau dokumen resmi buat mitra kantor. Ukuran amplop coklat berbeda-beda tergantung jenis kertas yang akan dimasukkan. Dari jenis kertas Kabiner hingga A3, ukuran jenis ini tersedia.

 

3. Amplop Undangan

Khususnya kalau mau kirim undangan pernikahan, tentu harus pakai amplop. Ukurannya berbeda-beda, tergantung jenis cover yang kamu pakai buat surat undangan, apakah hard atau soft cover. Kalau pakai soft cover biasanya berukuran 21 x 29,7 cm. Sementara kalau pakai hard cover ukurannya 24 x 12 cm dengan ukuran tutup 12 x 12 cm.

 

4. Amplop Tali / Lamaran Kerja

Jenis ini popular untuk lamaran kerja adalah jenis yang tidak menggunakan perekat dibagian kepala, tapi menggunakan tali atau benang. Karena mudah dibuka, jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk menyimpan uang, surat atau dokumen berharga. Ukuran yang paling populer adalah ukuran 350 × 250.

 

5. Amplop Kartu Ucapan

Yang satu ini paling cocok kalau kamu ingin mengirim kartu ucapan. Karena tidak resmi, tidak ada ukuran standar pula untuk jenis ini. Tapi karena biasanya kartu ucapan menggunakan kertas A5, A6, atau A7, maka kemasan kartu ucapan yang dijual di pasaran biasanya juga berukuran sama.

 

Baca Juga: 8 Jenis Kertas Populer untuk Kartu Ucapan, Pilih yang Mana Ya?

 

6. Amplop Uang

Disebut pula amplop pendek atau kecil. Biasanya paling sering digunakan untuk memberikan sumbangan pas datang ke acara kondangan. Umumnya jenis ini punya beberapa ukuran, dari yang mini (70 × 110 mm), Sedang/ No.104 (95 × 152 mm) dan besar/C6/No. 110 (114 × 162 mm).

 

7. Amplop Lebaran

Jenis ini paling hanya muncul sekali dalam setahun, hanya pas lebaran idul fitri buat mengemas angpao. Soal ukuran tidak ada yang pasti. Biasanya antara 5x8cm sampai dengan 9x18cm. Yang dijual di pasaran ada yang kecil dan besar. kalau yang kecil biasanya berukuran lebar 6,5cm dan tinggi setelah di tutup 9,5 cm. sementara buat yang panjang umumnya berukuran 16,5 x 8,5 cm.

 

8. Amplop Standar Internasional (ISO 216)

Ada juga jenis menurut standar internasional atau ISO. Jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk memudahkan pengukuran mutu perusahaan. Jadi kalau kamu mau buat perusahaan skala internasional, gunakan ukuran sesuai ISO.

 

Tabel Ukuran Amplop Surat

 

Biar lebih gampang buat tahu berapa ukuran amplop sesuai dengan kertas yang akan kamu masukkan ke dalamnya, berikut tabel ukuran standarnya ya:

 

Jenis Ukuran amplopUkuran kertas
Amplop C781 x 114 mmA7
Amplop C7/C681 x 162 mm1/3 A5
Amplop C6114 × 162 mmA6
Amplop C6/C5114 × 229 mm1/3 A4
Amplop C5162 × 229 mmA5
Amplop C4229 × 324 mmA4
Amplop C3324 × 458 mmA3
Amplop B6125 × 176 mmC6
Amplop B5176 × 250 mmC5
Amplop B4250 × 353 mmC4
Amplop E4280 × 400 mmB4

 

Sebagai contoh, kalau kamu mau buat surat dengan ukuran A4 tanpa dilipat, maka amplop yang kamu butuhkan adalah Amplop C4 (229 × 324 mm)

 

Tips Memilih Jenis Amplop Surat yang Kamu Butuhkan

 

Bingung mau pilih yang mana karena ternyata ada begitu banyak jenis amplop? Sebenarnya gampang, kok. Kamu cukup pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Ukuran kertas yang mau kamu masukkan ke dalam amplop. Apakah akan kamu lipat atau tidak.
  • Keperluan. Ingat, suratnya resmi atau tidak. Untuk keperluan pribadi atau perusahaan?
  • Corak/warna. Kalau buat lamaran kerja, warna coklat. Untuk surat atau dokumen perusahaan warna putih. Tapi kalau buat pribadi atau tidak resmi, bisa warna-warni.
  • Kualitas Bahan. Sesuaikan saja dengan keperluan kamu.

Jadi lebih tahu kan sekarang dengan amplop yang sering kita lihat di kehidupan sehari-hari?

 

Kamu bisa dapatkan amplop di tempat fotokopi terdekat. Apabila butuh cetak amplop uang custom seperti untuk lebaran ataupun imlek bisa Klik Langsung Print di onlineprint.co.id platform cetak online didukung oleh Bintang Sempurna, percetakan legendaris yang sudah beroperasi sejak tahun 1989.

 

Kalau kamu mau cetak amplop dengan jumlah terbatas, di Online Print tersedia teknik cetak digital. Sementara kalau buat bisnis atau perusahaan tersedia teknik offset dengan biaya yang lebih terjangkau.

 

Berikut jalan cepatnya >>> https://onlineprint.co.id/id/amplop-lebaran/

Selain itu, bila Kamu butuh cetak amplop undangan ataupun bisnis bisa langsung hubungi CS Bintang Sempurna di +62 821-6665-5000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *