DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Begini Tips Desain Amplop, Lengkap dengan Alasan Penggunaannya

Email, aplikasi pesan dan media sosial memang membuat komunikasi jadi lebih gampang. Tapi kalau kamu mau kirim undangan atau pemberitahuan secara resmi kepada klien, nasabah atau rekan bisnis, rasa-rasanya pakai surat jauh lebih baik. Terkesan professional, resmi dan tentu saja lebih ‘wah’ di hati penerima.

 

Untuk perusahaan, surat akan dilengkapi dengan amplop khusus yang bisa menunjukkan identitas perusahaan sekaligus branding. Surat yang dikemas dengan amplop rapi dan minimalis akan membuat perusahaan memberi kesan pertama professional dan hebat. Amplop cerah dengan ilustrasi juga mudah diingat dan terkesan menonjol.

 

Lantas kalau begitu seperti apa desain amplop surat yang tepat untuk berbagai kebutuhan kamu?

 

Tips Desain Amplop

Nah biar desain amplop buatan kamu kelihatan bagus dan ngena, berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

 

1. Ketahui kebutuhan kamu

Karena amplop surat resmi biasanya dibuat oleh perusahaan, maka desainnya tidak jauh-jauh dengan identitas perusahaan. Dari warna, tata letak dan lain-lain, biasanya masih terkait dengan perusahaan. Beda kalau kamu buat amplop pribadi, desainnya suka-suka kamu saja.

 

2. Lihat Di Internet

Menemukan desain amplop yang tepat terkadang sulit. Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi. Buka saja browser yang kamu gunakan dan lihat desain-desain amplop yang tersedia di internet.

 

3. Amati, Tiru dan Modifikasi

Silakan pilih desain-desain amplop yang ada di internet. Amati mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan kamu. Tiru desain yang menurut kamu cocok dengan cara memodifikasinya. Sesuaikan dengan nama perusahaan, alamat, warna merek, dan logo perusahaan Anda.

 

4. Sederhana

Untuk amplop pribadi, kamu bisa membuatnya dengan model desain suka-suka. tapi untuk perusahaan, pastikan kamu terapkan prinsip less is more atau kesederhanaan. Desain amplop minimalis dengan komposisi teks, warna, dan grafik yang secukupnya adalah pilihan terbaik. Cukup padukan hanya beberapa warna saja. Desain sederhana biasanya cocok untuk semua jenis karakter bisnis dan tidak pernah ketinggalan zaman.

 

5. Full color

Banyak dipilih buat desain amplop surat pribadi, tapi bukan berarti harus kamu hindari kalau buat perusahaan. Kamu tetap bisa pilih full color buat nunjukin kesan kalau perusahaan kamu itu enerjik dan youthful.

 

6. Ilustrasi yang eye catching

Biar lebih mudah diingat, coba tambahkan ilustrasi pakai karakter khusus. Misalnya pakai wax seal di bagian depan. Yang penting karakternya tetap menunjukkan identitas perusahaan atau bisnis kamu. Bisa juga kalau buat amplop untuk acara khusus. Misalnya kamu buat amplop lebaran buat acara halal bihalal perusahaan, kamu bisa tambahkan ilustrasi ketupat yang kamu letakkan di bagian depan amplop.

 

7. Ukuran Pas

Pastikan ukuran amplop yang kamu buat tidak terlalu besar maupun kecil. Kamu bisa perhatikan dulu pola amplop saat mendesain agar bisa memperkirakan ukurannya. Biasanya ukuran standar amplop warna putih yang paling sering digunakan adalah 110 × 230 mm atau setara dengan sepertiga kertas A4.

 

Cara Membuat Desain Amplop

 

Cara membuat amplop sangat gampang. Kamu bahkan bisa menggunakan Microsoft word. Ada banyak template di sana yang bisa kamu gunakan. Yang penting sebelum kamu buat desain, ketahui dulu kebutuhan kamu. Apakah amplop untuk surat resmi atau surat pribadi.

 

Buat surat resmi misalnya amplop bisnis, amplop undangan atau amplop acara itu ada beberapa hal yang sebaiknya kamu masukkan ke dalam desain amplop, yaitu:

  • Logo untuk Identitas. Ini akan jadi bagian pertama yang dilihat penerima surat. Tentu saja yang kamu gunakan adalah logo perusahaan kamu.
  • Penggunaan Kop. Boleh iya, boleh tidak. Tapi ini hampir sama pentingnya seperti logo. Di bagian ini akan terlihat jelas identitas perusahaan. Termasuk nama perusahaan, alamat, dan kontak.

 

Baca Juga: Begini Jenis Amplop Surat Yang Sering Kita Lihat dan Ukurannya

 

Semoga tips di atas bisa membantu kamu menyiapkan desain amplop terbaik. setelah desain selesai, saatnya buat cetak amplop. Tak perlu kemana mana, cetak amplop bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Cukup buka platform cetak online bernama Online Print.

 

Cetak Desain Amplop di onlineprint.co.id
Cetak Desain Amplop di onlineprint.co.id

 

Selain bisa di akses dari gadget kesayangan kamu, di Online Print bisa pilih ragam material jenis kertas amplop sesuai tampilan yang kamu butuhkan. Buat kebutuhan perusahaan, Online Print juga bisa cetak dengan berbagai teknik printing. Tersedia cetak offset agar biaya lebih terjangkau dengan minimum kuantiti, cocok untuk mencetak jumlah massal.

 

Soal kualitas tak perlu kamu ragukan, Online Print adalah platform cetak online-nya Bintang Sempurna, percetakan yang sudah beroperasi sejak 1989. So, cetak amplop kamu sekarang di onlineprint.co,id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *