DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Pentingnya Desain Kemasan untuk Bisnis dan Konsumen

Menurut kamu seberapa penting sih membuat desain kemasan produk yang menarik itu? Meski kita tidak dianjurkan untuk menilai sesuatu dari tampilannya, tetapi untuk sebuah produk tampilan kemasan pasti mempengaruhi pilihan konsumen.

 

Kamu mungkin salah satu yang lebih suka beli keripik singkong dengan kemasan menarik dari pada hanya dikemas pakai plastik putih saja. Begitu pula ketika beli produk makanan dari tempat wisata, kamu pasti suka yang dikemas dengan packaging box karena mudah dibawa dan aman.

 

 

Lagi pula kalau dipikir dengan analogi sederhana saja, kemasan produk yang dibuat dengan serius dan berkualitas bisa menunjukkan seberapa serius perusahaan memasarkan produknya. Karena mereka tidak hanya memperhatikan kualitas produk, tetapi sampai ke kemasan yang akan diterima konsumen pun dibuat dengan teliti.

 

Terlebih lagi, fungsi desain kemasan itu bukan hanya soal untuk melindungi produk dan memudahkan produk dibawa, tapi juga sebagai sarana promosi. Dapat juga meningkatkan brand awareness, asalkan prinsip kemasan produk tetap diterapkan.

 

Prinsip Kemasan Produk

 

Kemasan terbaik yang tercipta di bumi adalah telur ayam, itu kata Steve Jobs ketika bicara soal konsep packaging pada produk perusahaannya, Apple. Telur ayam mencerminkan desain packaging yang kuat, mudah dibawa, terlihat indah, dan bentuknya yang ergonomis.

 

Tentu kamu juga ingin membuat kemasan layaknya telur ayam bukan? Bagaimana cara membuat kemasan produk yang tepat? Untuk membuat desain kemasan produk yang kreatif setidaknya kamu butuh memperhatikan prinsip packaging berikut ini:

 

1. Kesederhanaan

Desain yang simpel dengan warna yang solid akan lebih menarik dan menguntungkan dibandingkan kemasan yang warnanya ramai dengan bentuk yang terlalu rumit. Bahkan dalam pemilihan font pun disarankan pilih yang simpel tapi jelas.

 

2. Otentik

Makin ketat persaingan di pasar akan makin sulit bersaing. Kemasan bisa jadi salah satu solusi supaya tampak menonjol. Kemasan produk yang desainnya otentik pasti lebih dilirik daripada yang seragam atau mirip dengan produk lainnya.

 

3. Jujur

Sangat disarankan untuk memiliki kemasan yang mewakilkan produk dan infonya dengan jujur. Terutama produk seperti makanan dan minuman, produk kecantikan dan kesehatan, dan lain-lain. Hindari menampilkan visual yang jauh berbeda dengan produk lainnya. Konsumen akan kecewa dan tak akan membeli lagi setelahnya.

 

4. Aman

Kemasan produk yang otentik dan menarik memang penting, tapi yang tak kalah penting juga adalah kemasan harus aman. Fungsi kemasan yang utama adalah untuk melindungi kualitas produk. Percuma kalau kemasan keren tapi isinya rusak, kan?

 

Baca Juga: Ajaibnya Tas Kertas, Pengganti Kantong Plastik

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Kemasan

 

Membuat produk yang bagus saja tidak cukup. Agar berhasil dalam pemasaran produk, kamu harus mengemasnya semenarik mungkin. Nah, untuk membuat produk yang menarik diperlukan kreatifitas dalam bentuk desain kemasan. Apa yang perlu diperhatikan dalam desain kemasan? Berikut diantaranya:

 

1. Pemilihan Desain

Bentuk kemasan harus sesuai dengan produk, begitu pula ukurannya. Jangan sampai kemasan terlalu besar atau justru terlalu kecil. Selain itu, pilih desain yang praktis tapi tetap efektif menjalankan fungsinya.

 

2. Pemilihan Warna

Warna kemasan harus sesuai dengan brand atau perusahaan. Padu-padannya juga harus sesuai supaya terlihat menarik. Tapi tetap harus ingat pada prinsip desain kemasan, yang sederhana itu justru lebih baik. Hindari menggunakan terlalu banyak warna dan membuat kemasan jadi terlalu ramai.

 

3. Memperhatikan Efisiensi

Desain dan warna kemasan penting dari sisi estetika. Tapi yang perlu diperhatikan juga adalah efisiensi kemasan. Tujuan kemasan harus tetap tercapai, yaitu produk terlindung saat dimasukkan di dalam kemasan. Pilih bahan yang terbaik untuk melindungi produk. Atau pilih tali dan jenis pegangan yang bukan hanya enak dilihat tapi bermanfaat juga untuk mempermudah membawa kemasan.

 

4. Info yang Tercantum di Kemasan

Penting sekali mencantumkan beberapa info tentang brand atau perusahaan di kemasan produk. Yang perlu diperhatikan adalah agar tidak ada kesalahan penulisan, ada huruf yang lebih atau kurang. Selain itu, pilih info yang penting saja. Misalnya nomor telepon, kontak chatting dan akun media sosial.

 

Ternyata desain kemasan sepenting itu ya Onliners, untuk merancang sebuah motif kemasan memang harus dipikirkan secara matang agar produk jual menarik dan dapat diterima oleh pembeli dengan aman.

 

Setelah desain kemasan sudah siap, kamu bisa cetak kemasan di onlineprint.co.id. Jika belum punya desain kemasan, Onliners juga bisa langsung desain di Online Print. Di situ ada software, tepatnya Desain Studio yang bisa kamu gunakan.

 

Masih kesulitan? Hubungi CS Online Print di +62 812-8165-0000 untuk konsultasi langsung, atau kunjungi offline store Bintang Sempurna di Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *