INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Mudahnya Buat Stiker Vinyl Sendiri dari Rumah, Begini Caranya!

Biar beberapa bagian hidup kamu kelihatan lebih manis, menempelkan stiker Vinyl bisa menjadi ide yang tepat. Kamu bisa mengutip kata-kata tertentu atau logo yang menurut kamu mewakili perjalanan hidup untuk kamu jadikan dekorasi sederhana. Misalnya kamu tempel di notebook, laptop, kotak pensil, mug dan lain sebagainya.

 

Bahan Vinyl punya kualitas durability yang teruji. Kertas stiker ini memiliki rupa seperti plastik dengan lapisan mengkilap yang fleksibel, lentur dan kuat. Makanya sangat cocok digunakan untuk kebutuhan luar ruangan atau outdoor. Selain itu, cetak stiker Vinyl juga bisa kamu lakukan sendiri. Bagaimana caranya?

 

Cetak Stiker di Online Print
Contoh Cetak Stiker Custom Buatan Onlineprint.co.id

 

Cara Buat Stiker Vinyl Sendiri dari Rumah

 

Ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan kalau mau cetak stiker Vinyl. Yang perlu kamu ingat, cetak stiker Vinyl biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan cetak stiker HVS.

 

1. Siapkan bahan dan alat

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat stiker Vinyl, berikut listnya:

  • Mesin printer inkjet atau laser untuk cetak ukuran kertas A4 ke atas.
  • Komputer beserta software editing gambar yang sudah terinstal didalamnya seperti Coreldraw, Photoshop, dan lain sebagainya. Pilih salah satu yang kamu kuasai.
  • Gunting, cutter, dan penggaris.
  • Jika menggunakan printer inkjet, pastikan kamu siapkan tinta khusus untuk cetak pada bahan stiker
  • Bahan stiker vinyl ukuran A4 ke atas. Kalau kamu pakai mesin inkjet, pastikan bisa untuk mesin printer tersebut.
  • Kalau mau stiker bagus dan tahan lama, siapkan juga lembaran stiker transparant sebagai pelapis.

Sudah siap dengan alat dan bahan di atas, langkah selanjutnya adalah mencetak stiker Vinyl sendiri. Caranya:

 

2. Siapkan gambar stiker

 

Desain terlebih dahulu gambar stiker yang akan kamu cetak. Kamu bisa gunakan software Coreldraw, Photoshop, dan lain sebagainya. Yang paling penting, komputer kamu kompatibel dengan software tersebut agar memudahkan proses desain.

 

Baca Juga: Sticker Laptop: Fungsi, Cara Memasang, dan Cara Melepasnya

 

Selama proses desain, jangan lupa untuk mempertimbangkan media yang akan kamu tempel stiker. Pikirkan pilihan font, warna, ukuran dan lain sebagainya. Jangan lupa pula ketika membuat desain, beri jarak paling tidak 3 cm agar tidak terlalu mepet dengan kertas stiker ketika dicetak.

 

 

3. Cetak stiker Vinyl

 

Kalau desain sudah siap, saatnya mencetak stiker. Pastikan printer sudah terisi dengan tinta khusus dan bahan Vinyl sudah kamu masukkan ke tray printer. Pastikan pula, printer dan komputer sudah saling terhubung.

 

Sebelum mencetak dengan bahan stiker, ada baiknya kamu coba cetak stiker pada kertas HVS terlebih dahulu. Kalau ukurannya sudah sesuai, baru siap cetak dengan kertas Vinyl.

 

4. Lapisi permukaan stiker

 

Begitu proses cetak selesai jangan langsung pegang bagian stiker, tunggu sebentar sampai benar-benar kering. Stiker sebenarnya sudah jadi, tetapi jika kamu ingin stiker lebih awet, pasang lembaran transparan pada stiker. Pastikan tidak ada gelembung saat melakukan pelapisan. Jika ingin hasilnya lebih bagus dan punya dana lebih, kamu bisa gunakan mesin laminasi khusus untuk pasang lapisan pada stiker.

 

5. Stiker vinyl sudah jadi

 

Tinggal kamu potong stiker mengikuti pola menggunakan gunting atau cutter, maka stiker Vinyl sudah selesai dan siap kamu tempelkan ke media yang sudah kamu siapkan.

 

Contoh Stiker Vinyl di Online Print
Contoh Cetak Stiker Custom Buatan onlineprint.co.id

 

 

Contoh Stiker Vinyl di Online Print

 

 

Contoh Stiker Vinyl di Online Print

 

Bagaimana, gampang bukan cetak stiker Vinyl sendiri di rumah? Tapi ada yang lebih mudah dan hemat. Kamu tak perlu siapkan peralatan cetak sendiri. Cukup siapkan desain stiker lalu bawa ke fotocopy terdekat. Tapi kalau mau hasilnya lebih sempurna dengan kualitas yang sudah teruji selama 30 tahun, bawa saja ke Bintang Sempurna.

PT Bintang Sempurna adalah percetakan yang dilengkapi dengan berbagai metode cetak, baik offside maupun digital printing. Kalau cuma cetak stiker mah pasti gampang, tersedia mesin cetak HP Indigo 7900. Dengan mesin cetak ini, kamu bisa buat stiker Vinyl White-Glossy maupun White-Matte.

Bahan stiker dan tinta print juga yang terbaik. Kamu bisa bermain warna CMYK biar makin berwarna. Kalau mau lebih gampang, cukup kunjungi onlineprint.co.id pilih menu stiker, masukkan kebutuhan cetak stiker kamu tinggal #KlikLangsungPrint deh. Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *