INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Ajaibnya Tas Kertas, Pengganti Kantong Plastik

Onliners setuju dengan pernyataan dalam judul di atas? Tas kertas memang banyak fungsinya. Selain bisa digunakan sehari-hari untuk menggantikan kantong plastik, tas kertas atau kantong kertas juga lebih ramah lingkungan. Ingat, menurut penelitian 2017, ada sekitar 182,7 miliar kantong plastik digunakan setiap tahun di Indonesia. Itu setara dengan 1,2 juta ton lebih pertahun. Jadi mari sedikit menguranginya!

Tas berbahan kertas ini juga fashionable, bahkan The Wall Street Journal melaporkan kalau di Korea sedang terjadi tren mengoleksi, membeli dan menjual paper bag. Harganya pun fantastis, bisa mencapai US$ 30 atau sekitar Rp 450 ribuan. Tentu bukan kantong kertas biasa, melainkan dari brand terkenal seperti Louis Vuitton, Burberry, Prada hingga Cartier.

Nah dibanding dengan tas biasa yang terbuat dari bahan kain atau kulit, tas kertas lebih punya banyak kelebihan dan kegunaan. Apa saja kira-kira?

 

Fungsi Tas Kertas

 

Sudah digunakan sejak pertengahan tahun 1800-an. Penggunaannya mulai cukup banyak ditemukan untuk berbagai bisnis di akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an. Fungsi utamanya adalah untuk membungkus barang, makanya sering disebut kantong kemasan kertas. Banyak perusahaan yang menggunakannya untuk bungkus barang yang dibeli konsumen. Selain itu, ini dia fungsi tas kertas lainnya:

 

1. Brand Awareness

Saat ini banyak perusahaan yang mencetak tas kertas untuk branding produk atau perusahaan mereka. Logo dicetak di tas untuk dijadikan merchandise atau bungkus produk yang dijual. Makin baik kualitasnya, makin positif citra perusahaan atau brand tersebut.

 

2. Bagian dari Fashion

Tas, apapun bentuknya pasti punya fungsi aksesoris pelengkap fashion. Ini juga berlaku untuk tas kemasan kertas. Makanya brand-brand terkenal seperti Louis Vuitton, Burberry, Prada hingga Cartier juga membuat tas kertas. Selain desain paper bag dibuat dengan sangat ekslusif, mereka juga menempatkan Logo glossy. Jenis kertas yang digunakan lebih tebal dan lebih padat dibandingkan dengan kantong kertas biasa.

 

Baca Juga: Art Carton, Pilihan Utama Bahan Kertas Tebal

 

3. Mengumpulkan Barang Daur Ulang

Tas kertas bisa dijadikan wadah yang sempurna untuk mengumpulkan barang-barang yang bisa didaur ulang. Misalnya untuk menyimpan koran bekas, botol plastik, dan barang lainnya, untuk kemudian dibawa dan diserahkan ke pusat daur ulang yang sekarang mulai bermunculan. Kantong kertas juga bisa sekalian ditinggal untuk didaur ulang.

 

4. Untuk Mengepak Barang

Onliners lagi berencana pindah rumah  tapi belum selesai packing? Coba deh pakai tas kertas untuk mengepak. Apalagi kalau barang yang dipak adalah barang ukuran kecil. Supaya tak berantakan, masukkan dulu ke dalam paper bag, baru dimasukkan ke boks. Dengan cara ini, barang jadi tak mudah bergoyang dan jadi rusak atau pecah.

 

5. Menyimpan Bawang

Ternyata fungsi tas kertas lainnya ada hubungannya dengan dapur, nih. Buat yang mau menyimpan bawang merah dan bawang putih lebih awet, bisa menggunakan tas serbaguna ini. Ternyata bawang bisa tahan sampai setidaknya 3 bulan kalau disimpan di dalam kantong kertas yang diberi lubang. Isi tas sampai penuh, beri lubang untuk sirkulasi, lalu lipat bagian atas tasnya. Jangan lupa simpan kemasan kertas ini di tempat yang sejuk dan kering ya.

 

6. Membersihkan Kaca Jendela

Fungsi yang satu ini mungkin sudah kamu tahu, selain bisa untuk penyimpanan bahan dapur, kantong kertas yang bahannya tipis dan sudah tak terpakai bisa dijadikan alat untuk membersihkan kaca. Caranya, robek tas kertas yang sudah tidak terpakai, lalu campurkan air dengan cuka secukupnya atau pakai cairan pembersih kaca. Masukkan gumpalan robekan kertas tersebut ke dalam cairan dan oleskan ke kaca. Hasilnya dijamin bersih dan mengilap!

 

Kelebihan Tas Kertas

 

Tentu ada alasannya kenapa tas kertas masih digunakan sejak akhir tahun 1800-an sampai di jaman modern sekarang. Karena memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah:

 

1. Bisa Didaur Ulang

Kelebihan utama tas kertas adalah bisa digunakan hingga berulang kali. Apalagi kalau yang bahannya tebal, bahkan bisa digunakan hingga bertahun-tahun, selama disimpannya dengan baik pula. Kalaupun kantong ini robek dan sudah tidak bisa digunakan lagi, tak masalah. Bisa didaur ulang, jadi tak akan mengotori lingkungan dan makin menumpuk sampah.

 

2. Tahan Menampung Berat

Tas kertas yang terbuat dari bahan kertas tebal dan berkualitas bisa digunakan untuk menampung barang yang bobotnya berat. Dibandingkan tas plastik, biasanya kantong ini relatif lebih bisa menampung beban bawaan yang berat.

 

3. Lebih Aman

Tas kertas terbuat dari bahan yang aman, lebih tidak berisiko bagi anak-anak atau binatang, terutama kalau dibandingkan dengan tas plastik. Tentu harus disimpan dengan baik supaya tak dijangkau anak maupun binatang peliharaan, tapi setidaknya tidak terlalu membahayakan seperti bahan plastik.

 

Nah, Onliners udah punya tas kertas belum? Dari pada beli, mending kamu cetak sendiri aja di onlineprint.co.id. Online Print adalah platform cetak online-nya Bintang Sempurna, percetakan yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. Selain lebih murah, pasti juga lebih ekslusif.

 

Soalnya kamu bisa nge-Print suka-suka pake gambar favorit. Di Online Print tersedia ragam bahan tas kertas, misalnya art carton atau kertas ivory yang punya gramasi tebal. Kamu juga bisa bermain dnegan warna-warni tinta seperti tinta warna fluorescent yang bisa bikin warna tas kertas kamu lebih mencolok.

Kunjungi websitenya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *