DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

8 Jenis Kertas Populer untuk Kartu Ucapan, Pilih yang Mana Ya?

Kartu ucapan terkesan jadul? Tidak juga, kok. Justru karena sekarang semua orang memberi ucapan via pesan digital, kalau ada yang mengirim kartu ucapan maka bakal terasa spesial. Apalagi kalau kartu didesain dengan apik, pasti akan terasa lebih spesial bagi penerimanya.

Salah satu unsur penting dalam kartu ucapan adalah bahan kertasnya. Yuk, kenalan dulu dengan jenis kertas untuk kartu ucapan supaya kamu bisa memilih yang terbaik. Ini dia jenis-jenis kertas yang populer untuk kartu ucapan.

 

1. Art Paper

Kertas art paper sangat disukai dalam dunia percetakan karena teksturnya yang mulus dengan tampilan yang glossy, jadi terlihat mewah. Art paper sering kita lihat untuk material majalah dan poster. Kalau mau dijadikan kartu ucapan, maka sebaiknya yang dipilih adalah art paper dengan gramasi paling tebal, yaitu 150 gram.

 

Selain teksturnya yang tampak elegan, kelebihan art paper lainnya adalah tak mudah rusak kalau terkena air dan debu pun tak mudah menempel. Jadi art paper tahan lama dan bisa dicetak menjadi berbagai macam warna

 

2. Art Carton

Kalau art paper terasa terlalu tipis buatmu, tapi suka dengan teksturnya, solusinya adalah pilih art carton. Tekstur dan tampilan glossy art carton memang mirip dengan art paper, tapi gramasinya lebih tebal. Kamu bisa pilih ketebalan 2x lebih tebal dibanding gramasi art paper yang paling tebal, yaitu 310 gram.

Karena ketebalannya ini, art carton sering sekali digunakan untuk bahan membuat kartu nama dan kartu ucapan. Tingkat kerapatannya sangat baik, jadi kalau mencetak di atas kertas ini hasilnya akan lebih tajam dan jelas.

 

Baca Juga: Art Carton, Pilihan Utama Bahan Kertas Tebal

 

3. Blues White

Kamu akan mengenali kertas blues white dari teksturnya yang mirip dengan kertas gambar. Jadi warnanya putih dengan permukaan yang agak bertekstur. Ketebalannya beragam, tapi yang paling cocok untuk bahan kartu ucapan adalah 250 gsm.

 

Yang disukai dari kertas blues white ini adalah hasil cetakannya yang tajam dan halus. Selain itu, karena bahannya cukup tebal, jadi kartu pun tak mudah rusak. Tingkat kerapatan blues white juga baik, jadi cetakan pun lebih jelas.

 

4. Fancy Via Felt

Kertas Fancy Via Felt adalah kertas yang menggunakan emboss, jadi permukaannya bertekstur. Kartu ucapan jadi terlihat lebih spesial kalau pakai bahan ini. Kelebihan lainnya adalah fancy via felt tahan air, jadi pasti tahan lebih lama dan tak mudah rusak. Ini karena ketebalannya yang mencapai 298 gsm. Kertas ini cocok jadi pilihan kalau kamu bosan dengan kertas lain yang teksturnya datar-datar saja.

 

5. Constellation Snow

Mau buat kartu ucapan yang lebih elegan? Paling pas kalau pilih kertas constellation snow karena sudah masuk kategori bahan premium. Kertas ini memiliki tekstur bentuk linear yang halus, tapi tetap terasa waktu disentuh jari-jari tangan. Ketebalannya 240 gsm, jadi pas, tidak tipis tapi tidak terlalu kaku juga. Cukup didesain sederhana saja, kartu ucapan constellation snow bisa terlihat mewah.

 

6. Kertas Fancy Linen Bright White

Ada juga kertas fancy linen bright white atau disebut pula dengan kertas linen atau kertas linen jepang. Jenis kertas ini sangat cocok buat cetak kartu ucapan dengan hasil premium dan elegan. Sesuai namanya, ciri ciri kertas ini memiliki tekstur hampir mirip seperti kain linen.

 

Selain digunakan sebagai kertas kartu ucapan, linen bright white juga cocok untuk kartu undangan. Warna dasar putih bersih, lebih bersih dari pada kertas fancy constellation snow. Sehingga membuat desain terlihat lebih menonjol. Ketebalan linen bright white ada di angka 298 gsm.

 

7. Kertas Kraft Liner

Meski lebih dikenal untuk membuat karton box, nyatanya kertas kraft liner juga cocok kamu gunakan untuk cetak kartu ucapan natal maupun lebaran. Ini karena kertas kraft liner memiliki kualitas kertas yang lebih bagus dibanding kertas medium. Kertas ini menggunakan bahan baku kayu pinus dengan komposisi 80% kayu asli dan sisanya menggunakan kertas daur ulang. Cocok untuk kartu ucapan dengan kesan sederhana.

 

8. Metallic Ice Silver

Tapi kalau kamu ingin kartu ucapan lebaran, natal atau lainnya lebih terkesan mewah, Kertas Metallic Ice Silver bisa jadi pilihan yang bagus. Kertas metalik akan berkilau ketika cahaya menyinari permukaannya. Desain kartu ucapan bisa kamu cetak di satu sisi maupun dua sisi sekaligus. Jenis kertas yang ramah lingkungan dan bebas klorin ini memiliki glitter sama seperti kertas Jasmine.

Itulah beberapa jenis kertas yang cocok banget Onliners gunakan untuk cetak kartu ucapan. Kamu bisa pilih sesuai konsep dan desain kartu ucapan yang kamu buat. Enggak usah bingung soal dimana menemukan jenis-jenis kertas tersebut.

 

 

Kertas Linen onlineprint.co.id
Cetak Kertas Linen di onlineprint.co.id

 

 

Beragam jenis kertas kartu ucapan tersedia lengkap di percetakan legendaris seperti Bintang Sempurna yang sudah bergerak dari tahun 1989 hingga saat ini. Sebagai salah satu solusi percetakan lengkap, pastinya menyediakan banyak jenis kertas sesuai dengan permintaan.

 

Apalagi Bintang Sempurna juga punya platform cetak online yaitu onlineprint.co,id yang bisa kamu akses dimanapun kamu berada. Jadi lebih fleksibel kan cetak kartu ucapan?

 

Langsung aja serbu web Online Print untuk simulasi desain hingga nge-cek estimasi harga sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *