INSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Untungnya Cetak Buku Sendiri Bagi Penulis Pemula

Menulis adalah aktivitas positif yang bisa menghasilkan. Dengan menulis, kamu sekaligus memperkaya wawasan. Tapi bagi penulis pemula pasti ada rintangannya. Tak semua karya penulis bisa diterbitkan dengan mudah. Untuk bisa cetak buku, ada banyak saingan yang ingin karyanya diterbitkan penerbit besar. Karena itu, sulit untuk menembus persetujuan penerbit.

 

Belum lagi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku di penerbit besar. Terkadang ada banyak hal yang harus dikompromikan dan buku yang dicetak kurang sesuai dengan keinginan penulis. Karena itu, banyak penulis yang beralih ke penerbitan buku sendiri (self publishing).

 

Cetak Buku Sendiri di onlineprint.co.id
Cetak Buku Sendiri di onlineprint.co.id

 

Kelebihan Cetak Buku Sendiri

 

Memilih untuk cetak buku sendiri ternyata punya banyak kelebihan. Apa saja kelebihan tersebut?

 

1. Tanpa Birokrasi Berbelit

Setelah draft buku jadi dan diterima oleh penerbit, perjalanan draft tersebut sampai jadi buku masih panjang. Perlu meeting berkali-kali membahas berbagai detail dari segala sisi. Tujuannya adalah agar buku tersebut bisa “menjual” dan menghasilkan pemasukan yang bagus.

 

Inilah “birokrasi” yang harus dihadapi penulis saat ingin menerbitkan buku di penerbit besar. Tapi beda pastinya kalau mencetak buku sendiri. Kamu lah yang menentukan semuanya. Jadi birokrasi yang berbelit-belit bisa dipangkas. Evaluasi sendiri, periksa naskah sendiri, edit, memilih desain hingga proses percetakan buku semua dilakukan si penulis sendiri.

 

Hanya saja, memang kamu harus lebih disiplin pada diri sendiri. Karena semuanya tergantung dari kerja kamu sendiri, tak ada yang akan memantau. Kamu harus buat deadline sendiri dan bekerja sesuai deadline kalau ingin buku cepat cetak dan dipasarkan.

 

2. Desain Sesuai Selera

Sering terjadi, desain cover atau ilustrasi yang ada di dalam buku tidak sesuai dengan selera penulis. Apalagi kalau selera penulis dianggap tidak “menjual” menurut penerbit. Di saat seperti ini, penulis pemula biasanya harus mengikuti selera penerbit.

 

Baca Juga: Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

 

Karena itu kadang hasil akhir buku kurang sesuai dengan selera penulis yang sebenarnya. Beda kalau penulis cetak buku sendiri. Dari desain cover, isi buku, sampai ilustrasi buku bisa dipilih sesuai dengan selera si penulis. Bahkan bentuk jilid buku maupun jenis kertas yang digunakan juga penulis yang tentukan. Jadi benar-benar karya si penulis sepenuhnya.

3. Bisa Cetak Sesuai Jumlah yang Dibutuhkan

Salah satu kelebihan percetakan buku sendiri adalah bisa buat sistem penjualan pre-order. Buat batas waktu pre-order, baru deh kamu mencetak sesuai jumlah yang dipesan tersebut. Jadi tak buang-buang biaya, tidak buang-buang bahan juga.

 

Cara ini sangat efektif bagi penulis pemula yang pasarnya belum terlalu banyak. Biayanya lebih hemat dan otomatis lebih ramah lingkungan juga lho.

 

4. Hak Kepemilikan 100%

Mencetak buku di penerbit artinya hak kepemilikannya bukan 100% milik penulis. Beda dengan cetak sendiri, hak kepemilikan 100% milik penulis. Untuk cetak ulang, dibuat merchandise, atau kalau bukunya meledak dan mau diadaptasi ke film, semua adalah hak eksklusif penulis. Penulislah yang punya kendali penuh.

 

Memang untuk distribusi buku jadi tantangan baru bagi penulis yang mencetak sendiri. Tapi sekarang sudah banyak platform market place di mana kamu bisa bebas memasarkan berbagai produk. Menjual buku karya dan cetakan sendiri pun bisa!

 

5. Banyak Percetakan Siap Melayani Cetak Buku Sendiri

Jika kamu memutuskan untuk cetak buku sendiri, kamu tak perlu membeli alat-alat cetak sendiri. Cukup serahkan saja pada ahlinya. Kamu bisa serahkan ke PT Bintang Sempurna. Di sana, kamu bisa cetak buku kamu dengan teknologi digital printing menggunakan mesin cetak Hp Indigo 7900 dan Hp Indigo 5900. Dijamin hasilnya setara dengan percetakan dari penerbit.

 

Baca Juga: Digital Printing, Solusi Cetak yang Cepat dan Berkualitas

 

 

Cetak Buku di onlineprint.co.id
Cetak Buku Custom Sekarang onlineprint.co.id

 

Kamu juga bebas pilih jenis kertas maupun tinta print. Bentuk finishing juga banyak pilihan. Jika kamu suka yang praktis-praktis, cetak saja buku kamu lewat online melalui situs Online Print. Kini cetak buku jadi lebih praktis via onlineprint.co.id tinggal #KlikLangsungPrint. Kunjungi websitenya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *