INSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Bikin Photobook, Ketahui Dulu Beberapa Hal Penting Ini Sebelum Mencetak!

Memori smartphone mulai penuh gara-gara kebanyakan foto? Sayang banget buat dihapus, jadi apa dong solusinya? Gimana kalau foto-foto yang spesial buatmu dikumpulkan dan dicetak buat jadi photobook, pastinya jadi lebih spesial. Buat yang belum tahu apa itu photobook, yuk cek infonya di bawah ini.

 

Apa Itu Photobook?

Photobook onlineprint.co.id
Cetak Buku Album Foto di onlineprint.co.id

 

 

Photobook adalah buku album yang di dalamnya berisi rangkaian foto-foto yang berkaitan satu dengan lainnya. Biasanya, memiliki satu tema atau beberapa tema sekaligus. Makanya photobook sering disebut pula sebagai buku album foto.

 

Penggunaan buku album ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1843 untuk tujuan ilmu pengetahuan. Baru di abad ke-20, buku foto tersebut lebih digunakan untuk tujuan artistik. Misalnya cetak buku album foto pernikahan, ulang tahun, baby born, wisuda, pre-wedding, dan lain-lain. Oh ya, photobook bisa disebut pula sebagai coffee table book.

 

Kegunaan Photobook

 

Lalu apa saja sih kegunaan membuat buku album foto? Tentu saja terserah kamu mau cetak foto buat photobook untuk apa. Tapi secara umum, photobook punya beberapa kegunaan, antara lain:

 

1. Dokumentasi Pengetahuan

Di awal kemunculannya, photobook memang digunakan untuk dokumentasi pengetahuan. Tepatnya untuk mengetahui spesimen laut. Kemudian di Jepang digunakan sebagai dokumentasi perkembangannya dari waktu ke waktu.

 

2. Dokumentasi Pribadi

Baru setelah fotografi semakin terjangkau dan banyak orang bisa melakukannya sendiri, buku album foto juga bisa dijadikan sebagai dokumentasi pribadi. Banyak orang menyimpannya sesuai tema. Misalnya dari masa kecil, masa remaja, pernikahan, dan seterusnya.

 

3. Hadiah pada Orang Spesial

Rangkaian foto-foto di berbagai momen ini bisa jadi hadiah spesial untuk orang-orang terdekat. Ditambah dengan sentuhan-sentuhan pribadi, buku album foto bisa jadi kado spesial sekaligus seru.

 

Tips Cetak Photobook

 

Kalau kamu kepikiran buat cetak buku album foto tapi bingung mulainya dari mana? Tenang, ini nih tips cetak photobook.

 

1. Pilah-pilih Foto

Dari ribuan foto yang ada di gadget kamu, pasti bisa dibagi-bagi jadi berbagai tema. Jadi bagi-bagi foto sesuai temanya. Lalu pilih foto apa saja yang paling oke menurutmu. Masukkan ke dalam satu folder supaya lebih mudah saat dicetak nanti.

 

2. Buat Tema yang Sesuai

Ide tema photobook bisa variatif banget. Sesuaikan dengan foto-foto yang ingin kamu cetak. Misalnya mencetak foto-foto masa lampau seperti jamannya masih kamu masih seumur balita, bisa pilih tema vintage. Sementara untuk foto-foto liburan, bisa pilih tema tropis yang serba hijau dan biru.

 

Kalau mau buat buku ini dijadikan untuk kado, bisa pilih tema yang disukai oleh si penerima. Misalnya untuk anak perempuan yang suka warna pink, bisa pilih tema serba pinky. Untuk anak laki-laki, coba saja dengan  tema monochrome bersama beberapa aksen hobi favorit seperti otomotif dan masih banyak lagi.

 

3. Buat Caption Menarik

Sebenarnya adanya caption atau tidak itu pilihan. Biar seru dan terasa personal, bisa tambahkan caption. Misalnya berupa tanggal foto itu diambil dan lokasi atau apa momennya. Kamu juga bisa tambahkan pesan-pesan personal.

 

4. Pilih Ukuran

Ada yang suka model buku album foto besar dan tebal, tapi ada juga yang lebih suka dimensi yang lebih ringkas. Pilih sendiri ukuran photobook sesuai selera dan kebutuhanmu.

 

5. Pilih Tempat Cetak yang Oke

Terakhir dan yang penting banget, pilih tempat percetakan yang kualitasnya terjamin bagus. Cari referensi dan review yang ada di internet. Biasanya banyak kok yang menyediakan jasa cetak photobook.

 

Baca Juga: Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

 

Cetak Custom Photobook di onlineprint.co.id
Contoh Custom Photobook di onlineprint.co.id

 

Tapi kalau masih belum ketemu juga, onliners bisa buka situs onlineprint.co.id. Begitu berharganya setiap kenangan yang kamu ciptakan, di Online Print Kamu bisa dapatkan custom photobook dengan varian tinta dan material sesuai kebutuhan.

 

Mau bermain dengan warna selain CMYK? Tentu saja bisa. Hanya di onlineprint.co.id kamu bisa mengunakan warna dan material beragam seperti tinta print metalik ataupun fluorescent. Ada mesin cetak HP Indigo 7900 dan HP Indigo 5900 yang bakal menghasilkan photobook kualitas premium. Oh ya, Online Print adalah layanan cetak online untuk kamu yang butuh cetak cepat. Layanan ini dipersembahkan oleh PT Bintang Sempurna, sebuah perusahaan cetak yang sudah beroperasi lebih dari 30 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *