DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Sebelum Cetak Banner, Begini Format File Banner yang Tepat

Onliners pasti kenal sama yang namanya banner. Media promosi yang satu ini masih sangat populer sampai sekarang. Kamu bisa melihat banner di toko buku misalnya, kalau ada buku baru yang sedang dipromosikan. Atau di bazaar, di depan beberapa stan biasanya ada banner untuk menjelaskan produk yang mereka tawarkan.

Kegunaan banner ini beragam, sama seperti jenisnya yang bermacam-macam pula. Ada yang cocok digunakan di luar ruangan, ada pula yang lebih pas buat di dalam ruangan. Ada Roll Banner, X Banner, Backdrop Banner dan Banner Spanduk.
Baca Juga: 10 Tips Desain Roll Banner untuk Promosi yang Lebih Efektif

Meski jenisnya beragam, tujuan utama seseorang cetak banner pasti satu. Yaitu buat dibaca orang yang melihatnya. Sayangnya terkadang ada banner yang tidak bisa terbaca dengan jelas. Apa sih penyebabnya? Salah satunya adalah format file banner yang tidak tepat.

Tips Membuat Format Banner yang Tepat

Format apa sih yang paling tepat buat cetak banner? Ada beberapa pilihan yang bisa Onliners pilih, diantaranya:

1. Format PDF

Ini adalah format paling aman. Banyak percetakan yang meminta klien untuk mengirim file dalam bentuk PDF, karena mudah dibuka di berbagai aplikasi. File PDF tidak bisa diubah, jadi kalau mau diedit harus disimpan dalam bentuk lain terlebih dahulu. Kamu bisa menyimpan file dalam bentuk PDF saat masih di aplikasi editing. Sebisa mungkin pilih yang tipenya photoshop.pdf.

Sebaiknya hindari mengonversi file JPEG ke PDF lewat situs konversi online. Kemungkinan besar, hasilnya akan pecah-pecah begitu dicetak, meski di komputer atau laptop terlihat oke-oke saja. Sebab ukuran banner spanduk itu berlipat-lipat dari tampilan layar laptop kamu.

 

2. Format JPEG/JPG

Ini adalah format paling gampang. JPEG atau JPG juga adalah format yang paling sering digunakan karena mudah bagi klien maupun percetakan. File JPEG mudah dibuka di berbagai aplikasi, jadi percetakan pun lebih fleksibel mengeditnya terlebih dahulu sebelum dicetak. Biasanya kalau gambar yang dicetak berasal dari kamera, formatnya pasti JPEG/JPG.

 

3. Format PSD & EPS

Sering disebut format mentah, sebaiknya tanyakan pada percetakan apa bisa menerima file dalam format ini. PSD harus menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, sedangkan EPS harus menggunakan Adobe Illustrator.

 

Penyebab Desain Banner Kurang Terbaca Jelas

Kalau sudah kamu simpan dalam format yang tepat, tapi ternyata hasil cetakan banner masih pecah dan tidak bisa terbaca jelas. Jangan langsung salahkan percetakan, kamu perlu memeriksa lagi bagian:

1. Resolusi

Ukuran banner cukup besar, jadi resolusi gambar yang akan dicetak juga harus besar. Percetakan biasanya akan memberi tahu berapa resolusi minimal yang sebaiknya digunakan. Biasanya yang bermasalah dengan resolusi adalah format JPEG. Biasanya untuk banner klien diminta memberikan gambar beresolusi di atas 100 pixel.

Bagaimana kalau kamu tetap ‘ngeyel’ kasih file dalam resolusi kecil? Tanggung sendiri akibatnya. Akan lebih baik lagi kalau kamu tanyakan langsung ke percetakan berapa resolusi yang dibutuhkan.

 

2. Desain Tidak Sesuai dengan Ukuran Cetak

Sudah punya desain banner yang gambarnya tidak pecah? Tapi ukurannya sudah sesuai dengan hasil cetaknya belum? Misalnya kamu akan mencetak banner berukuran 80 x 180 cm, tapi desain yang kamu siapkan adalah untuk ukuran 20 x 65 cm. Tentu hasil cetaknya nanti harus diperbesar dan akhirnya pecah.

 

Cetak Banner di Percetakan Berkualitas

Kedua masalah di atas sebenarnya bisa diatasi dengan cara berkomunikasi dengan pihak percetakan. Sebelum klien mengirim file yang akan dicetak, percetakan banner berkualitas biasanya akan memberikan tips mengirim gambar. Jika kamu terlanjur mengirim gambar dalam ukuran kecil atau kurang sesuai, pihak percetakan pasti akan memberi tahu kamu sebelum dicetak supaya bisa kamu perbaiki.

Salah satunya seperti Online Print. Platform cetak dari Bintang Sempurna ini tidak hanya punya teknologi dan mesin cetak banner terbaik dan berkualitas, tetapi juga didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni. Kamu bisa jadikan Onlineprint.co.id sebagai teman yang siap bantu kamu dalam urusan printing atau cetak mencetak.

Bersama Online Print cara membuat banner jadi lebih gampang. Cukup klik link berikut untuk Fast Order https://onlineprint.co.id/advance_search.php?search_section=products&search_val=banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *