INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Art Paper atau Art Carton? Begini Bedanya

Onliners pasti pernah lihat beberapa media dicetak dengan menggunakan kertas tebal dan mengkilap yang terlihat begitu mewah. Semacam ada glossy-glossy-nya gitu. Ketika dipegang teksturnya terasa licin dan halus. Misalnya kalender dinding, kantu undangan, sampul majalah, atau kartu nama. Menurut Onliners jenis kertas apa yang digunakan? Beberapa orang mungkin akan menjawab art paper atau art carton.

Dilihat dari tekstur dan tampilan, antara art paper dan art carton itu sama. Tetapi keduanya punya perbedaanya. Perbedaan ini menyebabkan tidak semua kebutuhan cetak yang cocok dicetak menggunakan art paper bisa diganti dengan art carton. Begitu pula sebaliknya, tidak semua kebutuhan cetak yang cocok pakai art carton bisa diganti dengan art paper. Biar Onliners lebih paham perbedaan keduanya, kita akan bahas disini!

 

Art Paper

Art paper adalah jenis kertas yang permukaannya mulus dan glossy di kedua sisinya. Ini yang membuat art paper banyak disukai di dunia percetakan, karena terkesan lebih mewah. Tingkat kerapatannya sangat baik, sehingga tiap cetakan terlihat lebih tajam dan cerah. Ini karena warnanya menyebar dengan merata, sehingga hasil cetakan tidak terlihat buram.

Tingkat ketebalan atau gramatur kertas art paper variatif. Onliners bisa memilih dari yang paling tipis 85 gram, hingga yang paling tebal art paper 150 gram. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentu makin tebal, harganya juga makin tinggi. Tapi tak perlu kuatir, harga art paper relatif terjangkau jika dibanding dengan hasil cetak yang didapatkan.

 

Art Carton

Art carton juga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan art paper. Yang belum dicetak berwarna putih bersih. Teksturnya pun halus dan mulus, sehingga hasil cetakannya tajam. Tingkat ketebalan art carton mulai dari 190 gram sampai 260 gram. Art carton tak mudah kotor dan tahan air juga.

 

Baca Juga: Jenis Kertas Undangan yang Penuh Kesan: Bahan dan Ukuran.

 

Perbedaan Art Paper dan Art Carton

Dari karakteristik di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis kertas ini memang banyak persamaannya. Perbedaan art paper dan art carton hanya pada tingkat ketebalannya saja. Ini menjadikan kegunaan cetaknya jadi berbeda. Selebihnya, keduanya kurang lebih sama saja.

Art paper punya ketebalan antara 80 hingga 150 gram. Sementara art carton punya gramasi mulai 190 sampai 260 gram. Lalu bagaimana dengan art paper 260 yang sering disebut orang awam? Sebenarnya itu adalah art carton.

 

Kegunaan Art Paper dan Art Carton

Art paper banyak digunakan untuk:

  • Poster; ketebalan art paper sangat cocok untuk poster karena poster harus fleksibel ditempelkan di permukaan datar. Selain itu hasil cetakannya juga sudah pasti tajam.
  • Kalender; dipasang selama 1 tahun penuh, art paper cocok sekali untuk kalender dinding karena bahannya yang tidak menyerap debu. Jadi sepanjang tahun selalu kelihatan bersih.
  • Kartu ucapan; untuk kartu ucapan hari raya, ulang tahun, dan lain sebagainya dalam berbagai ukuran, paling tepat menggunakan art paper yang paling tebal.
  • Table tent; sering digunakan untuk media promosi yang diletakkan di meja restoran atau meja kasir.

 

Sedangkan art carton banyak digunakan untuk:

  • Kartu nama; karena ketebalannya, maka art carton paling cocok dibuat kartu nama supaya tidak mudah rusak.
  • Kartu undangan; untuk kartu undangan yang tebal dan tak mudah koyak, art carton adalah bahan yang tepat. Kalau dikirim ke luar kota pun bentuknya tetap aman. Meski menggunakan art paper 150 sebenarnya juga bisa. Tetapi memang, semakin tebal ukuran kartu undangan, akan semakin mewah.
  • Product tags; banyak merek pakaian atau tas ternama yang menggunakan tag produk menggunakan art carton. Tak mudah rusak karena tebal, kesan premium juga didapat dari bahan ini. Jadi secara tak langsung juga menaikkan kesan eksklusif untuk merek tersebut.
  • Sampul buku & majalah; tingkat ketebalannya paling pas untuk dijadikan sampul buku dan majalah, karena jadinya kuat dan tak mudah rusak. Meskipun buku dan majalah disimpan dan ditumpuk, kualitasnya biasanya tetap baik seperti semula.

 

 

Art Paper di onlineprint.co.id
Cetak Pakai Art Paper di onlineprint.co.id

 

 

Sampai di sini Onliners sudah bisa bedainkan mana kertas art paper dan mana art carton. Keduanya sebenarnya hanya dibedakan dari ketebalan atau gramatur. Kalau soal tampilan dan hasil cetaknya sih sama saja. Cuma karena ketebalannya berbeda, kegunaan keduanya juga berbeda.

Kalau Onliners butuh cetak sesuatu menggunakan kertas ini, kamu bisa gunakan jenis kertas ini di Online Print, platform cetak Online dari Bintang Sempurna. Di situs ini kamu bisa cetak kartu undangan, kartu ucapan dan lain sebagainya memakai art paper atau art carton sesuai kebutuhan.

Metode cetaknya juga lengkap, ada digital printing dan offset printing. Tentunya hasil cetaknya sangat memuaskan. Soalnya didukung dengan mesin cetak terbaik dan SDM yang mempuni.

Kunjungi onlineprint.co.id sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *