INSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Pilih Ukuran Buku yang Sesuai, Bagaimana Caranya?

Tiap kali Onliners mampir ke toko buku, pasti menemukan ukuran buku yang beragam. Mulai dari buku komik, novel, majalah, dan masih banyak lagi. Ukuran buku yang berbeda-beda biasanya telah melalui banyak pertimbangan, apakah itu target pembaca, konsep yang diangkat penulis dan lain sebagainya. Begitu juga bila kamu ingin jadi penulis buku, kamu harus punya konsep berapa ukuran buku yang sesuai dengan tulisan kamu.

Lantas bagaimana cara memilih ukuran cetak buku yang tepat? Yuk, simak penjelasannya di sini.

 

Ada Aturan Ukuran Buku

Banyak yang belum tahu kalau ternyata ada aturan buku yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Barangkali banyak onliners yang belum tahu aturan satu ini. Apalagi di Indonesia menggunakan aturan yang berbeda. Ukuran dari UNESCO lebih sering digunakan di luar negeri. Sedangkan di Indonesia yang menggunakan aturan UNESCO adalah buku ilmiah atau buku akademik.

 

Karena sudah ada aturannya, maka saat penulis akan mencetak buku harus benar-benar memperhatikannya. Standar dan aturan harus dipatuhi supaya lebih seragam dan lebih mudah percetakannya. Kalau Onliners mencetak ukuran yang tidak seragam, tentu akan menyulitkan proses cetaknya juga.

 

Fungsi Standarisasi Ukuran Buku

Kenapa harus ada standar ukuran buku? Fungsi yang pertama adalah untuk memudahkan dalam proses percetakan. Di percetakan ada beberapa standar ukuran. Kalau kita memilih ukuran yang tidak ada dalam standar, tentu akan memakan biaya lebih dan mungkin membutuhkan waktu finishing yang lama. Tapi jangan khawatir Onliners, kamu bisa konsultasikan kebutuhan custom ukuran buku yang sesuai dengan pihak percetakan salah satunya onlineprint.co.id sebuah platform cetak online persembahan Bintang Sempurna sebelum mencetak. Di sisi lain, kamu juga bisa #KlikLangsungPrint buku yang kamu butuhkan sesuai dengan ukuran yang tersedia.

 

Fungsi standar ukuran buku yang kedua adalah untuk kenyamanan para pembaca. Ukuran buku yang terlalu kecil tentu akan sulit dibaca. Sedangkan ukuran buku yang terlalu besar akan menyulitkan pembaca untuk memegangnya. Buku juga jadi tidak bisa dibawa ke mana-mana.

 

Jenis Ukuran Buku

Di Indonesia sudah ada beberapa standar ukuran buku dalam percetakan. Ini dia beberapa jenis ukuran buku yang populer dan digunakan oleh hampir semua percetakan hingga saat ini:

 

1. Ukuran A5

Ukuran buku A5 adalah 13 x 19 cm, atau sekitar setengahnya kertas A4. Biasanya, buku yang menggunakan kertas A5 adalah novel. Kenapa novel menggunakan ukuran A5? Biasanya novel terdiri dari halaman yang cukup tebal, jadi supaya lebih mudah dibawa ke mana-mana, ukurannya dibuat A5 yang pas. Dibacanya juga nyaman. Makanya jangan heran kalau binder A5 lebih laris dan paling banyak digemari mahasiswa buat buku tulis. Begitu juga dengan buku pelajaran, banyak yang pakai ukuran A5.

Sedikit pengetahuan buat Onliners, selain kertas seri A, ada pula seri B, C dan F. Nah seri A adala yang paling kecil dibanding lainnya. Misalnya kertas ukuran A5 dan B5, maka yang B5 lebih besar.

 

2. Ukuran A4

Ukuran kertas A4 adalah dua kalinya A5 dan setengah ukuran A3. Biasanya buku yang ukurannya A4 adalah untuk kepentingan akademik. Tapi sering juga digunakan untuk dokumen perkantoran. Biasanya majalah juga dicetak dengan ukuran A4. Walau kemudian banyak juga yang mulai mencetak majalah dengan ukuran A5.

 

Baca Juga: Jumlah Stiker Kertas Ukuran A3, Berikut Cara Menghitungnya

 

3. Ukuran A6

Kerta A6 kira-kira ukurannya 10.5 x 14.8 cm, lebih kecil dari kertas A5. Ukuran ini juga sering digunakan untuk buku novel yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak. Tapi lebih sering digunakan untuk buku kumpulan puisi. Buku block note atau notes kecil juga biasanya menggunakan ukuran ini.

 

4. Ukuran Standar UNESCO

Ukuran UNESCO adalah 15.5 x 23 cm. Biasanya, ukuran ini digunakan untuk buku pelajaran sekolah dan buku lainnya yang berhubungan dengan akademik. Jadi yang sering menggunakannya adalah penerbit yang mencetak buku sekolah. Walaupun ada juga buku pelajaran yang menggunakan ukuran kertas A4, yaitu 21 x 29.7 cm.

 

Di sini sudah lebih tahu kan tentang ukuran buku yang tersedia di sekitar kita? bagi kamu penulis buku atau penerbit buku, pilihlah yang sesuai dengan konsep dan juga yang nyaman dibaca oleh audiens kamu.

 

Ukuran Buku onlineprint.co.id

 

Cetak Buku di onlineprint.co.id

 

Cetak Buku sekarang lebih mudah di onlineprint.co.id. karena bisa #KlikLangsungPrint. Cukup masukkan spesifikasi cetak yang dibutuhkan, upload karya kamu tanpa antri plus tanpa minimum order, Tersedia juga pilihan cetak buku huruf braille.

Online Print adalah platform cetak online dari Bintang Sempurna. sebuah percetakan yang sudah lebih dari 30 tahun melayani kebutuhan cetak di Bendungan hilir, Jakarta Pusat. Kunjungi onlineprint.co.id sekarang juga!

Langsung copy-paste link berikut untuk cetak buku https://onlineprint.co.id/in/buku/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *