DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Sebelum Cetak Poster, Ketahui Kegunaan dan Syarat Pembuatannya.

Onliners tahu nggak sih, cetak poster masih jadi sarana branding yang efektif. Desain poster yang menarik kalau ditempelin di tempat yang tepat, pasti bakal membuat banyak orang melirik. Dengan kemasan yang tepat pula, informasi apapun yang kamu sampaikan pasti ngena.

Yang jadi pertanyaan sekarang, gimana sih membuat poster yang eye catching di mata pembaca? Kalau bisa sih sekalian langsung buat pembaca teringat dan tak dilupakan begitu saja setelah membaca atau melihatnya. Untuk menciptakan poster semacam ini, Onliners harus tahu syarat buat poster menarik.

 

Kegunaan Poster

 

Menurut sejarawan asal Orancis, Max Gallo, poster sudah digunakan di berbagai belahan dunia selama lebih dari 200 tahun. Secara visual, poster memang sengaja dibuat menarik supaya orang yang melihatnya lebih tertarik untuk berhenti dan membacanya info yang tertera di dalamnya. Di Eropa, masa keemasan poster adalah di tahun 1890-an sampai awal 1900-an.

Sebenarnya apa saja kegunaan poster? Ini dia beberapa di antaranya:

 

1. Mengiklankan produk

Ini adalah fungsi awal poster yang biasanya dilakukan oleh produsen atau pemilik toko. Ini juga merupakan fungsi utama kenapa poster masih populer hingga sekarang.

 

2. Propaganda politik

Setelah poster mengalami masa keemasan, maka para politikus di berbagai belahan dunia mulai menggunakannya sebagai media propaganda mereka. Poster saat itu dianggap sebagai media yang trendi, jadi bisa menyebarkan sesuatu dengan tepat. Poster propaganda politik biasa ditemukan di Perang Dunia I dan II, utamanya di Eropa Tengah dan Timur.

 

3. Mengiklankan film

Industri perfilman sudah berpuluh-puluh tahun, bahkan mungkin sudah 1 abad lamanya, menggunakan poster. Bahkan sampai sekarang pun, poster film masih digunakan di bioskop. Sempat ada masanya poster film jadi bahan koleksi dan harganya amat sangat tinggi. Salah satu keunikannya adalah ukuran poster film yang berbeda dari yang lain.

 

4. Mengiklankan acara

Ini juga masih digunakan sampai sekarang. Berbagai macam acara mulai dari seminar, bazaar, festival, konser, dan masih banyak lagi, menggunakan poster untuk promosi. Biasanya poster dipasang di tempat publik di mana banyak target pasar acara tersebut berada.

 

5. Poster promosi musik

Meski tak sepopuler dulu, tapi poster promosi musik juga masih digunakan sampai sekarang. Poster musik dan selebriti pertama kali populer di tahun 1920-an. Sejak tahun 1960-an hingga 1990-an, banyak anak muda yang suka menempelkan foto poster idola di kamar mereka.

 

6. Mengedukasi

Bentuknya biasanya berupa pesan pemerintah atau organisasi tertentu. Misalnya pemberitahuan untuk lebih sering mencuci tangan supaya lebih sehat.

 

Baca Juga: Jenis Poster Ada 2 Kelompok (Isi & Tujuan), Sudah Tahu?

 

Syarat Pembuatan Poster yang Tepat

Menurut buku Bahan Ajar yang disusun oleh I Putu Dede Mahendra, ini dia beberapa syarat cetak poster yang baik:

  1. Semua tulisan dalam poster harus mudah dibaca oleh pembaca dan jelas. Pilihan jenis font harus diperhatikan betul sesuai dengan ukuran poster. Ketika kertas poster yang digunakan berukuran A5 atau A4, maka font berkaki bukan pilihan yang tepat.
  2. Susunan kalimat dalam poster harus singkat, padat dan jelas, tanpa mengurangi pesan yang ingin disampaikan melalui poster.
  3. Bahasa yang digunakan di dalam poster harus mudah dipahami oleh pembaca dan mudah diingat.
  4. Pemilihan warna dasar poster dan warna tulisan harus tepat supaya bisa terbaca dengan jelas. Jangan sampai warna saling bertabrakan sampai tidak jelas terbaca.
  5. Poster dilengkapi dengan gambar, baik berupa foto maupun ilustrasi.
  6. Ukuran poster disesuaikan dengan tempat pemasangan poster, yang biasanya berada di tempat umum.
  7. Poster menggunakan bahan yang tidak mudah robek dan rusak, misalnya kertas art carton yang tebal dan kuat.

 

Setelah syarat pembuatan sudah terpenuhi, buatlah desain poster sesuai dengan brand guideline atau karakteristik merek kamu sendiri dengan sentuhan motif yang menarik.

 

Cetak Poster Keren di Online Print
Cetak Poster Keren di Online Print

 

Desain poster sudah siap, saatnya kamu cetak poster di percetakan berkualitas. Melihat pentingnya tampilan poster untuk menggaet peminat, maka hasil cetakan harus terlihat jelas dan baik. Kabar bagusnya, Onliners bisa cetak poster secara online. Cukup buka onlineprint.co.id

 

Tanpa harus kemana-mana, kamu udah bisa #KlikLangsungPrint desain poster favorit dengan kertas poster ataupun rigid media pilihan dari Online Print. Good Offer kan?

 

Lebih mengesankan lagi, kamu bisa bermain dengan berbagai model printing. Misalnya saja kalau kamu mau membuat poster dengan efek seakan gambar 2 dimensi bergerak, Online Print menyediakan model Lenticular Printing. Tentu saja kamu bisa cetak digital maupun offset print sesuai dengan kuantitas poster yang kamu inginkan.

 

Online Print adalah platform cetak online-nya Bintang Sempurna, sebuah percatakan yang udah ada sejak 1989. Jadi bisa dipastikan seperti apa kualitas cetaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *