INSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDWHAT’S NEW

PT Bintang Sempurna Memenangkan HP Inkspiration Award 2021

PT Bintang Sempurna kembali meraih kejayaan di ajang HP Inkspiration Award 2021. Beragam penghargaan berhasil didapatkan oleh perusahaan percetakan yang sudah beroperasi sejak tahun 1989 ini, salah satunya adalah Story Book. Perlu diketahui, dalam pembuatan buku ini, PT Bintang Sempurna berkolaborasi bersama Jessica Rumantir sebagai pengarah cerita, illustrator, dan desainer.

Dalam tahapan creative, bekerjasama dengan Next Agency, PT Bintang Sempurna mencoba mengkombinasikan alur cerita yang unik tersebut menggunakan HP Indigo Digital Press. Adapun, HP Indigo Digital Press bisa mengakomodir kebutuhan personalisasi lewat advanced technology, mulai dari tahapan pre-press hingga press-nya yang powerful.

Ini juga memungkinkan untuk mengekplorasi kemungkinan penggunaan variable data print, dan penggunaan tinta khusus di atas berbagai fancy media, yang sangat berbeda dari produk printing yang umum tersedia pada market.

Children Book dari PT Bintang Sempurna
Children Book berjudul “Jessica and The Secret Treasure”

Sebagai informasi, buku ini menang dalam kategori “Best Use Of Media-At Least 5 Different Media In Book Or More” di ajang HP Inkspiration Award 2021.

Buku yang diberi nama “Jessica And The Secret Treasure“ menggunakan banyak jenis fancy media, yaitu Mohawk Superfine Eggshell 270 gsm, Tintoretto Neve 250 gsm, Invercote 240 gsm, Earthwave Ecowhite 240 gsm, Quantac Sticker Vinyl Metallic Silver, dan Novalife Clear PET 185 SS.

Lantas, kenapa material-material tersebut dipilih dalam pembuatan Story Book ini? Berikut pembahasannya:

1. Mohawk Superfine Eggshell 270 gsm

Material uncoated paper ini disebut eggshell karena punya tekstur yang menyerupai kulit telur. Material ini sendiri dipilih karena menghasilkan warna yang bagus, tekstur smooth, serta mampu menghandle tinta dengan baik (ink holdout).

2. Tintoretto Neve 250 gsm

Material uncoated paper ini sudah bersertifikasi FSC dan diklaim ramah lingkungan. Material ini dipilih karena punya tekstur yang unik dan mampu menghandle tinta (ink holdout) secara baik sehingga hasil cetak menjadi lebih maksimal.

3. Invercote 240 gsm

Ini merupakan material kertas yang biasanya digunakan untuk pembuatan premium packaging. Material ini dipilih karena memiliki tekstur yang halus sehingga bisa disesuaikan untuk mereproduksi gambar cetakan dengan hasil grafis berkualitas tinggi.

4. Earthwave Ecowhite 240 gsm

Material hybrid paper ini dikenal ramah lingkungan. Material di buku ini memiliki printability yang baik untuk tinta CMYK serta dikombinasikan dengan Fluorescent Yellow, Invisible Red Inks, maupun Silver Inks.

5. Quantac Sticker Vinyl Metallic Silver

Material ini dilapisi primer penerima tinta sehingga hasil cetak lebih sempurna. Material ini juga didesain untuk menjamin stabilitas proses cetak dan hasil yang lebih merata. Selain itu, material ini menampilkan efek mirror yang mempercantik buku.

6. Novalife Clear PET 185 SS

Ini merupakan material synthetic uncoated paper yang dibuat dari polyester film lapis dua sisi. Material ini menghasikan efek tembus pandang ke halaman lainnya. Selain itu, setiap halaman Incredibooks yang menggunakan halaman ini diprint secara one shot.

Adapun, proses cetak Incredibooks ini melalui tiga tahapan, yaitu pre-press, press, dan post-press. Berikut ulasannya!

Story Book dari PT Bintang Sempurna
Story Book Berjudul “Jessica and The Secret Treasure”

A. Pre-Press di PT Bintang Sempurna

Dalam proses pre-press ini, pembuatan Incredibooks memakai metode Variable Data Printing (VDP). Variable Data Printing atau VDP adalah metode pencetakan yang menggunakan perangkat lunak untuk mengubah output dari mesin cetak digital untuk mempersonalisasi setiap bagian yang dicetak dengan informasi unik dari spreadsheet atau database.

Ini merupakan metode cetak on demand, di mana elemen seperti teks, grafik, dan gambar bisa diubah dari satu bagian tercetak ke bagian berikutnya, tanpa menghentikan atau memperlambat proses pencetakan dan menggunakan informasi dari database atau file eskternal.

Pada Incredibooks, metode VDP ini digunakan untuk mencetak nama dan aset lainnya (desain, karakter, dan sebagainya).

B. Press di PT Bintang Sempurna

Pada proses press ini, Incredibooks ini menggunakan tinta warna standar untuk proses cetak, yaitu CMYK yang dikombinasikan dengan Fluorescent Yellow, Invisible Red Inks, maupun Silver Inks.

Adapun, kombinasi tinta CMYK dengan Fluorescent Yellow menghasilkan warna vibrant. Sedangkan tinta CMYK ditambahkan Invisible Red Inks yang memberikan efek gambar/font tersembunyi yang akan menyala di lampu UV. Terakhir, gabungan tinta CMYK dan Silver Inks membuat warna yang dicetak tampak lebih luxury dan punya efek bercahaya di bawah lampu.

Adapun, untuk lembar Incredibooks yang menggunakan material Novalife Clear PET 185 SS ditambahkan metode sandwidch printing. Sebagai informasi, metode sandwinch printing adalah teknik print di atas media transparan yang mampu menampilkan tampilan berbeda di masing-masing sisinya karena diproses dengan warna CMYK+White+CMYK. Di mana, White Inks ini berperan sebagai sekat agar informasi warna CMYK di masing-masing sisi tidak tercampur (blend).

C. Post-Press di PT Bintang Sempurna

Proses post-press dari Incredibooks ini melalui proses:

  • Cut out pada karakter dan items yang terdapat di buku; media Paper di cut out menggunakan laser cut, dan media PET Clear dipotong bentuk, menggunakan knife cut, yang setelahnya diproses glue-layering pada halaman-halaman tertentu.
  • Cover embellishment: menggunakan soft touch lamination yang ditambahkan TUF (Textured UV Finish) yang merupakan proses digital chemical embossed pada bagian judulnya.
  • Untuk penjilidannya menggunakan metode kombinasi paper back (soft cover) dan wire-comb binding (ring kawat).

Selain menang di kategori “Best Use Of Media-At Least 5 Different Media In Book Or More” lewat Incredibooks, masih ada banyak kategori lain yang berhasil diraih oleh PT Bintang Sempurna di ajang HP Inkspiration Award 2021. Karena itu, PT Bintang Sempurna pun berhasil meraih titel sebagai “Grand Winner” di ajang ini.

Capaian ini tentunya menunjukkan keteguhan dan komitmen perusahaan percetakan yang beralamat di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia untuk terus berinovasi menghadirkan print solution terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *