DESIGN IDEASINSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDOUR STORIESTIPS N TRIKWHAT’S NEW

Kerudung Pashmina: Aksesori Fashion Terbaik untuk Muslimah

Kerudung pashmina sekarang ini menjadi aksesori yang cocok untuk beragam keperluan fashion. Apalagi, bagi perempuan muslimah, pashmina bisa untuk mendukung tampilan kapan saja.

Kerudung pashmina merupakan salah satu versi hijab yang dipakai oleh banyak perempuan muslimah di Indonesia. Pada umumnya, pashmina adalah kain lebar dengan motif ataupun polos. Kain ini biasanya dibuat dari berbagai jenis bahan, bentuknya persegi panjang seperti selendang yang umumnya dikenakan sebagai penutup kepala, bahu, dan dada.

Adapun, istilah pashmina sendiri berasal dari bahasa Persia ‘Pasmineh’, yang berarti bahan wol. Perlu diketahui, wol yang biasanya digunakan untuk pembuatan pashmina terbuat dari bahan khusus, yaitu bulu kambing atau domba yang hidup di kawasan Persia, seperti India, Nepal, Pakistan, Afghanistan, serta Iran. Proses pembuatannya juga dilakukan lewat proses pemintalan tangan dan tenun.

Baca Juga: Hijab Segi Empat: Kelebihan, Metode, dan Petunjuk Perawatan 

Pada era Masehi, pashmina digunakan sebagai lambang kemewahan. Bahan ini sendiri serupa dengan busana kalangan elite. Mereka menggunakan bahan pashmina atau kasmir khusus untuk membuat syal maupun scarf. Teksturnya diketahui lembut karena dicampur bahan sutera dan menghangatkan.

Karena semakin populer ke berbagai belahan Dunia, kerudung jenis ini ternyata juga dipakai sebagai aksesori fashion. Para perempuan muslimah bisa melilitkan kerudung ini dengan beragam cara sambil tetap menutupi tubuh ketika tetap ingin tampil lebih modis. Pada umumnya, kerudung ini mudah dibentuk mengikuti wajah sehingga menghasilkan efek yang lebih tirus atau justru lebih penuh.

Kerudung Pashmina
Kerudung Pashmina Custom Print di Onlineprint.co.id

Saran dalam Menggunakannya

Apabila Onliners sudah mendapatkan kerudung pashmina yang sesuai dengan kebutuhan, saatnya untuk digunakan di berbagai kegiatan yang akan dikerjakan.

  • Buat Onliners yang tinggal di daerah dingin, pashmina dua lapis cocok dikenakan.
  • Sedangkan untuk Onliners yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, pashmina satu lapis sudah ideal dan lebih nyaman digunakan
Sampel Kerudung Pashmina
Sampel Kerudung Pashmina di Onlineprint.co.id

Jenis-Jenis Kreasi 

Bagi kamu yang gemar bereksperimen, dapat mencoba beberapa kreasi kerudung pashmina yang unik dan tidak kalah menarik dari model hijab lainnya. Berikut ini terdapat beberapa macam kreasi kerudung jenis ini:

1. Kerudung Pashmina Simpel

Untuk melengkapi gaya penampilan sehari-hari, Onliners dapat mencoba untuk menggunakan kerudung jenis ini dengan model simpel namun tetap fashionable.

  • Pakai ciput ninja untuk membungkus rambut dan juga kepala Onliners.
  • Lepit kerudung jenis ini menjadi dua bagian sama panjang. Selanjutnya, kemudian letakkan di di atas kepala Onliners dengan kedua sisi sama panjang.
  • Satukan kedua sisi kerudung jenis ini dengan jarum pentul di bawah dagu.
  • Ambil ujung kerudung pashmina sebelah kanan lalu bawa bagian tersebut melalui depan dada ke arah bahu kiri.
  • Lakukan cara yang sama untuk sisi sebelah kiri kerudung jenis ini.

2. Kerudung Pashmina Tanpa Jarum

Metode kedua untuk menciptakan tampilan menarik saat berkreasi dengan kerudung pashmina adalah memakainya tanpa jarum pentul. Onliners hanya perlu menyiapkan ciput ninja sebagai dalaman kemudian gunakan kerudung jenis ini di bagian luarnya.

  • Kenakan ciput ninja untuk membungkus rambut dan juga kepala Onliners.
  • Lepit kerudung jenis ini menjadi dua bagian sama panjang. Berikutnya, tempatkan di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang.
  • Ambil sisi kiri kerudung jenis ini kemudian lingkarkan ke belakang leher sampai kembali ke depan.
  • Melalui cara yang sama, ambil sisi kanan kerudung jenis ini lalu lingkarkan ke belakang leher sampai kembali ke depan.

Sisa kain pada kerudung pashmina yang tidak terlalu banyak menutup area depan membuat penampilan tampak clear dan fresh. Alternatif lainnya, Onliners juga bisa menggunakan kerudung jenis ini tanpa jarum dengan cara memposisikannya di atas kepala lalu biarkan sisi bagian kanan lebih panjang dari sisi kiri. Bawa bagian kerudung jenis ini yang panjang melalui depan dada pada arah bahu kiri sampai kembali ke depan.

3. Kerudung Pashmina Tanpa Ciput

Untuk mengenakan kerudung pashmina tanpa ciput, Onliners cukup mempersiapkannya dan tidak memerlukan jarum pentul.

  • Pada awalnya, tempatkan pashmina di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang.
  • Ambil sisi kanan pashmina dan lilitkan pada atas kepala hingga kainnya kembali ke sisi bagian kanan. Sematkan jarum pentul di bagian samping kanan.
  • Ambil sisi kerudung yang satunya lagi dan sematkan dengan cara sama. Hanya saja, kali ini Onliners dapat menyematkan kerudung jenis ini di bagian pundak sebelah kiri.

4. Kerudung Pashmina Syar’i

Bila Onliners ingin berkreasi dengan kerudung pashmina tanpa melupakan syariah yang tetap harus diikuti, sebaiknya mencoba model syar’i agar tampilan bisa tetap modis dan sopan.

  • Kenakan ciput ninja untuk membungkus kepala Onliners, selanjutnya tempatkan kerudung jenis ini di atas kepala. Pastikan agar sisi kerudung jenis ini sebelah kanan lebih panjang dari sisi lainnya.
  • Satukan kedua sisi kerudung jenis ini dengan jarum pentul di bawah dagu. Kemudian, ambil ujung kerudung jenis ini dari sisi yang paling panjang.
  • Arahkan ujung kerudung  jenis ini di atas kepala Onliners mendekati dagu sebelah kanan. Lalu, selipkan jarum pentul untuk mengencangkan pashmina.
  • Rapikan bagian depan pashmina dengan cara menarik sisi panjangnya yang bebas ke arah samping kanan kepala. Kemudian, tempatkan jarum pentul untuk mengencangkannya.
Kerudung Pashmina 2021
Kerudung Pashmina 2021 di Onlineprint.co.id

Jasa Kerudung Pashmina Custom Print di PT Bintang Sempurna

Tidak hanya sebagai produk jadi, kerudung jenis ini yang cocok sebagai item fashion bagi perempuan muslimah juga bisa dibuat secara custom. Salah satu perusahaan yang diketahui menghadirkan jasa pembuatan kerudung pashmina custom print adalah PT Bintang Sempurna.

Sebagai informasi, produk kerudung pashmina custom print ini bisa dibuat secara custom menggunakan desain milik Onliners ataupun dengan memilih template desain yang tersedia. Selain itu, Onliners juga dapat memilih warna standar (CMYK) maupun warna vibrant (CMYK + Fluorescent Pink + Fluorescent Yellow) supaya menghasilkan tampilan yang lebih fashionable.

Baca Juga: Warna CMYK, Elemen Penting untuk Tinta Percetakan

Perlu diketahui, terdapat 3 bahan untuk membuat kerudung pashmina custom print yang bisa Onliners pilih di PT Bintang Sempurna yaitu Ceruty-Baby Doll, Wool Peach, Satin Velvet. Ketiga bahan kain ini diketahui memiliki tekstur yang lembut dan halus di kulit.

Sebagai perusahaan percetakan terbaik yang telah beroperasi sejak tahun 1989, PT Bintang Sempurna mengandalkan mesin Epson SureColor SC-F9430H untuk membuat produk kerudung pashmina custom print. Sebagai informasi, Epson SureColor SC-F9430H merupakan mesin printer sublimasi roll-to-roll dengan performa tinggi 64 inci.

Epson SureColor SC-F9430H diketahui punya printhead ganda sehingga dapat memakai tinta CMYK + Fluorescent (Pink dan Yellow). Selain itu, mesin Epson SureColor SC-F9430H ini memakai Teknologi Precision Dot sehingga hasil cetakannya lebih sempurna. Dengan begitu, mesin Epson SureColor SC-F9430H cocok untuk kain bahan kain roll-to-roll dari volume sedang hingga besar.

Adapun, Onliners bisa menyambangi lokasi kami di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia untuk memesan produk ini. Jika Onliners tidak bisa mendatangi lokasi kami, dapat juga memesannya lewat Onlineprint.co.id. Happy shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *