DESIGN IDEASINSPIRATIONOUR STORIESTIPS N TRIKWHAT’S NEW

Hijab Segi Empat: Kelebihan, Metode, dan Petunjuk Perawatan

Hijab segi empat fungsinya tidak hanya untuk menutup aurat oleh para perempuan. Sebab, hijab jenis ini juga dapat dipakai untuk menunjang fashion sehari-hari.

Hijab segi empat banyak diminati oleh para perempuan muslimah karena pemakaiannya yang mudah dan simpel. Hijab ini menjadi salah satu yang paling sering digunakan sehari-hari oleh para perempuan muslimah.

Perlu diketahui, berhijab pada dasarnya merupakan kewajiban bagi setiap perempuan muslimah di Dunia. Sebab, berhijab adalah salah satu dari sunnah Rasulullah SAW dan syari’at agama Islam yang harus dilaksanakan.

Baca Juga: Photobook, Cendera Mata Spesial yang Ideal Dijadikan Hadiah

Kelebihan Memakai Hijab Segi Empat

Patut dipahami, masing-masing model hijab punya kelebihan tersendiri, termasuk hijab segi empat. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

1. Menjadikan Penampilan Lebih Anggun

Dengan memakai hijab yang satu ini, niscaya penampilan Onliners pun akan menjadi lebih anggun dan cantik. Sebab, ada kesan dewasa yang terpancar dari pemakainya. Penampilan seseorang yang mengenakan hijab juga cenderung rapi dan tampak semakin feminin.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat berikutnya dari memakai hijab adalah untuk menjaga kesehatan rambut Onliners. Walaupun beberapa orang beranggapan jika memakai hijab akan membuat rambut menjadi lepek dan berketombe. Meski begitu, ternyata hijab juga punyai dampak positif bagi rambut. Sebab, berhijab dapat menjaga kesehatan rambut dari kerusakan dan kekeringan akibat polusi udara serta sinar UV yang mengancam.

Supaya rambut tetap sehat selama memakai hijab, ada baiknya Onliners tetap harus melakukan perawatan rambut. Sebagai contoh, dengan rutin memotong ujung rambut yang bercabang, creambath, menggunakan serum dan vitamin rambut, serta jangan mengikatnya terlalu kencang. Hal-hal semacam ini bisa mencegah ketombe, rontok dan kusam pada rambut selama berhijab.

3. Menangkal Kontaminasi Virus/Bakteri

Manfaat berhijab selanjutnya untuk membantu menangkal kontaminasi virus atau bakteri yang disebabkan oleh kepala atau rambut. Saat ini, terdapat beberapa jenis pekerjaan dan profesi tertentu yang mewajibkan karyawannya untuk menutupi kepala dan rambut agar kebersihan dan kehigienisan tetap terjaga di lingkungan pekerjaan.

Contohnya perawat, pekerja di restoran cepat saji, klinik, dan yang lainnya dianjurkan untuk menggunakan penutup kepala untuk mencegah kontaminasi atau jatuhnya helai-helai rambut di makanan. Dengan berhijab, Onliners sudah ikut berpartisipasi jauh sebelumnya untuk menjaga dan menaati tata tertib pada kasus ini.

4. Mudah Dibentuk

Pada dasarnya, hijab segi empat adalah salah satu model hijab yang mudah dibentuk. Gaya hijab yang satu ini diketahui sedang populer dan sudah muncul banyak rekomedasi dalam mengkreasikannya di internet. Jika Onliners sudah terbiasa mengkreasikan model hijab yang satu ini, maka akan memiliki skill untuk menciptakan gaya hijab yang lebih dinamis dan modis.

5. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Manfaat berikutnya dari berhijab yaitu bisa menumbuhkan kepercayaan diri. Perempuan muslimah yang mengenakan hijab dapat dengan mudah menutupi kekurangan-kekurangan pada fisiknya. Sebagai contoh, rambut yang sedang kering dan lepek, warna kulit leher yang lebih gelap dari wajah, atau bekas luka.

Walaupun hal ini tidak boleh dijadikan dasar utama dalam niat untuk berhijab, tetapi Onliners dapat menjalankan perintah dan ketetapan-Nya sekaligus membantu diri sendiri untuk tampil lebih percaya diri dengan tidak menunjukkan kekurangan yang dimiliki kepada orang lain.

6. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Terakhir, manfaat dari berhijab adalah untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang terkenal berbahaya. Sinar ultraviolet matahari terbilang berbahaya apabila mengenai kulit dalam waktu tertentu.

Beragam masalah kesehatan akibat sinar UV tersebut antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit. Para ahli kesehatan juga sering memperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun, saran terbaik sebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

Serupa dengan matahari, udara panas bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama otak. Jadi, saat udara sedang sangat panas dan seseorang harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang dapat melindungi diri. Terutama pada bagian mata, kepala, dan leher untuk mengurangi risiko kesehatan yang menyerang otak. Saat seperti ini, hijab segi empat punya fungsi yang penting buat perempuan muslimah.

Mock Up Hijab Segi Empat
Mock Up Hijab Segi Empat Buatan Onlineprint.co.id

Metode untuk Berkreasi dengan Hijab Segi Empat

Hijab segi empat dikenal identik dengan tampilan sederhana, namun bisa membuat gaya berpakaian hari menjadi lebih fashionable. Dengan cara yang berbeda, Onliners dapat berkreasi dengan hijab yang satu ini. Perlu diketahui, metode menggunakan hijab segi empat pun sangat beragam. Mulai dari yang sederhana sampai yang bergaya glamor.

Berikut ini adalah beberapa tips berkreasi dengan hijab segi empat:

1. Hijab Segi Empat Kreasi

Agar tampilannya lebih fashionable, Onliners bisa juga mencoba ikatan hijab yang lebih variatif. Ini langkah-langkahnya dalam menggunakan hijab segi empat kreasi:

  • Lepit hijab menjadi bentuk segitiga, kemudian kerudungkan dengan kedua sisi sama panjang.
  • Bawa kain sisi kanan ke arah sisi kiri melewati depan hijab.
  • Tempatkan ujung sisi kanan yang ditarik tadi dengan jarum pentul. Lalu, sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner terlihat.
  • Rapikan sisa kain dari sebelah kanan yang sudah disematkan di dekat pelipis kiri tadi dengan membawanya ke arah pundak sebelah kiri.
  • Tempatkan kain dengan jarum pentul di pundak kiri agar terlihat rapi.
  • Tarik sedikit kain dari sisi kiri yang menempel pada pelipis untuk memperlihatkan inner. Setelah itu sematkan dengan menciptakan efek kerutan.
  • Lepit sedikit sisa kain sebelah kiri ke arah belakang, kemudian sematkan dengan jarum atau pin yang cantik.

2. Hijab Segi Empat untuk Wajah Bulat

Pada umumnya, banyak perempuan tidak terlalu menyukai mengenakan hijab segi empat karena dianggap membuat wajah mereka terlihat semakin bulat. Meski begitu, buat yang berwajah bulat, sebenarnya ada beberapa trik untuk menjadikan wajah tampak lebih tirus saat memakai hijab yang satu ini.

Ada baiknya untuk memilih hijab dengan kain tipis dan flowing, kemudian majukan agar menutupi separuh bagian pipi. Penting untuk diingat, pilihlah model hijab yang tidak terlalu berat di bagian atasnya. Ini langkah-langkah untuk mengenakannya:

  • Kenakan hijab segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner hijab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanannya lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas.
  • Tempatkan tepi hijab yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  • Tempatkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas. Lalu, majukan hijab sampai menutupi sebagian pipi.
  • Ambil bagian hijab yang panjang (kanan), lalu tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  • Tarik terus ujung hijab hingga kembali ke sebelah kanan.
  • Terakhir, sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

3. Hijab Segi Empat Ala Pegawai Bank

Model hijab ini biasanya dipakai oleh pegawai bank, karena lebih pendek dan diikat di sekitar leher. Ini langkah-langkah untuk memakainya:

  • Siapkan hijab segi empat, lalu lepit menjadi segitiga.
  • Kerudungkan hijab di atas kepala yang sudah memakai inner. Pastikan kedua sisinya sama panjang. Lalu ambil jarum pentul dan sematkan di bawah dagu.
  • Silangkan kedua bagian, kemudian ikat di belakang leher. Pastikan ikatan tersembunyi di balik bagian segitiga hijab. Setelah itu, rapikan bagian depan jilbab yang terlihat mengerut atau tak rapi.

4. Hijab Segi Empat untuk Pesta Pernikahan

Saat menghadiri pesta pernikahan, umumnya hijab digunakan dengan model yang lebih glamor. Sebagai contoh, hijab dengan aksen layer cantik di salah satu sisi kepala. Inilah langkah-langkah dalam menggunakan hijab segi empat untuk pesta pernikahan:

  • Bentuk hijab segi empat menjadi segitiga.
  • Kerudungkan hijab dengan bagian kiri dan kanan sama panjang.
  • Sematkan jarum di bagian pipi bawah sebelah kiri.
  • Sematkan juga bagian kanan dengan jarum.
  • Pastikan kedua sisi benar benar sama panjang.
  • Tarik kedua sisi hijab ke bagian kanan belakang.
  • Ambil ujung kain yang paling panjang.
  • Tarik ke puncak kepala hingga membentuk layer cantik. Sematkan dengan jarum pentul.
Contoh Hijab Segi Empat
Contoh Hijab Segi Empat Buatan Onlineprint.co.id

Petunjuk Perawatan Hijab Segi Empat

Baca Juga: Warna CMYK, Elemen Penting untuk Tinta Percetakan

Merawat hijab umumnya sama dengan busana lainnya. Adapun, petunjuk perawatan hijab disesuaikan dengan materialnya. Namun, terdapat beberapa petunjuk umum yang dapat digunakan dalam merawat hijab, yaitu:

1. Cuci Secara Benar

Mencuci hijab yang satu ini dapat dilakukan dengan memakai deterjen. Meski begitu, hijab berbahan sutra sebaiknya pilih deterjen cair karena daya bersihnya lebih rendah daripada deterjen serbuk. Sedangkan untuk jilbab berbahan serat buatan biasanya tidak terpengaruh dengan deterjen sehingga bisa dicuci di mesin cuci bersama pakaian kotor lainnya.

2. Jemur Berdasarkan Aturan

Seperti halnya dengan mencuci, menjemur hijab yang satu ini juga bergantung pada bahannya. Apabila hijab berbahan sutra, atau bahan yang warnanya gampang pudar maka metode menjemurnya disesuaikan dengan aturan, yaitu dijemur di tempat teduh supaya warna dan kain tidak mudah rusak. Apalagi yang berbahan hijab berupa kain tipis, maka cukup diangin-anginkan saja sudah kering.

3. Pakai Setrika Otomatis

Untuk menyetrika hijab yang satu ini ada baiknya menggunakan setrika otomatis. Setrika ini mempunyai setelan level panas yang bisa disesuaikan dengan bahan hijab tersebut. Perlu Onliners tahu, terdapat hijab yang berbahan tidak gampang kusut sehingga sebaiknya tidak perlu disetrika agar awet.

4. Hilangkan Bekas Tusukan Jarum Pentul Atau Peniti

Metode efektif untuk menghilangkan bekas tusukan jarum pentul atau peniti pada kain hijab yang satu ini adalah menyemprotkan air ke bekas tusukan jarum. Lalu, setrika bekas tusukan tadi dengan suhu setrika yang rendah. Dan ini bisa dilakukan setiap kali hijab terlihat ada bekas tusukan.

Sampel Hijab Segi Empat
Sampel Hijab Segi Empat Buatan Onlineprint.co.id

Jasa Pembuatan Hijab Segi Empat Custom Print di PT Bintang Sempurna

Sebagai perusahaan percetakan terbaik yang telah beroperasi sejak tahun 1989, PT Bintang Sempurna diketahui punya layanan print tekstil dengan aneka produk, termasuk hijab segi empat. Apalagi, produk hijab di PT Bintang Sempurna juga dapat dibuat secara custom print.

Perlu diketahui, produk hijab dari PT Bintang Sempurna ini bisa dibuat secara custom menggunakan desain milik Onliners ataupun dengan memilih template desain yang tersedia. Selain itu, Onliners juga bisa memilih warna standar (CMYK) maupun warna vibrant (CMYK + Fluorescent Pink + Fluorescent Yellow) untuk tampilan yang lebih fashionable.

Sebagai informasi, ada 3 bahan untuk membuat hijab segi empat yang bisa kamu pilih di PT Bintang Sempurna yaitu Ceruty-Baby Doll, Wool Peach, Satin Velvet. Ketiga bahan kain ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus di kulit.

Dalam membuat produk hijab segi empat-custom print ini, PT Bintang Sempurna mengandalkan mesin Epson SureColor SC-F9430H. Sebagai informasi, Epson SureColor SC-F9430H adalah mesin printer sublimasi roll-to-roll berperforma tinggi 64 inci.

Adapun, Epson SureColor SC-F9430H mempunyai printhead ganda sehingga bisa menggunakan tinta CMYK + Fluorescent (Pink dan Yellow). Selain itu, mesin Epson SureColor SC-F9430H ini menggunakan Teknologi Precision Dot sehingga menghasilkan cetakan yang sempurna. Karena itu, mesin Epson SureColor SC-F9430H ideal untuk kain bahan kain roll-to-roll dari volume sedang hingga besar.

Untuk melakukan pemesanan, Onliners bisa menyambangi lokasi kami di Jl. Bendungan Hilir Raya No. 46, Jakarta Pusat, 10210, Indonesia Apabila Onliners tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke tempat, bisa juga memesannya lewat Onlineprint.co.id. Selamat berbelanja ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *