INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Sertifikat Penghargaan: Jenis Kertas dan Finishing

Masih inget enggak sih kamu gimana perasaan waktu menerima sertifikat penghargaan? Entah itu sertifikat kelulusan, sertifikat tanah atau sertifikat lomba, pasti rasanya seneng banget. Sertifikat adalah bukti tertulis yang disahkan oleh badan maupun lembaga yang mengeluarkan dan berwenang.

Kegunaan sertifikat bermacam-macam sesuai jenisnya. Sertifikat kelulusan misalnya menunjukkan tingkat pendidikan seseorang. Lalu sertifikat keahlian menunjukkan keahlian khusus yang didapat dari pendidikan formal maupun non formal. Ada juga sertifikat yang jadi bukti kepemilikan, misalnya sertifikat tanah. Kalau kamu menang atau mengikuti lomba, kamu juga bisa dapat sertifikat atau piagam penghargaan.

 

Secara umum, sertifikat sangat penting untuk menunjang karier kamu. Apakah itu untuk melamar pekerjaan, membuktikan keahlian dan lain sebagainya. Karena itu, sertifikat penghargaan harus dijaga dan dirawat.

 

Jenis Kertas Sertifikat

 

Berkat kemajuan teknologi, beberapa sertifikat penghargaan diberikan dalam bentuk soft file. Kamu tentu ingin cetak sertifikat dalam bentuk hard file bukan? Karena nilai sertifikat yang penting dan biasanya disimpan dalam waktu lama, maka tidak hanya desain sertifikat saja yang penting. Pilihan kertas yang berkualitas dan tahan lama saat cetak sertifikat sangatlah penting pula.

Biasanya kertas sertifikat dipilih gramatur yang tinggi atau tebal supaya tidak mudah rusak dan terlihat lebih profesional. Ini dia beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk sertifikat penghargaan:

 

1. Art Paper

Art paper adalah jenis kertas coated paper yang permukaannya dilapisi dengan lilin. Karena lapisan ini, maka tinta hanya ada di permukaan kertas, jadi cepat kering dan hasil cetakannya tajam. Selain itu, tingkat gramaturnya beragam, untuk sertifikat dipilih yang cukup tebal.

Art paper juga tahan air, sehingga tidak rapuh dan lebih tahan lama. Permukaannya halus, ada yang laminasinya doff maupun glossy. Karena keunggulannya ini, art paper sangat cocok untuk dijadikan sertifikat. Banyak sertifikat lomba yang memilih menggunakan jenis kertas ini.

 

2. Art Carton

Art carton tebal dan permukaannya glossy. Kalau dilihat sekilas, mirip dengan art paper, tapi begitu dipegang baru terasa bedanya karena art carton sudah pasti lebih tebal. Art carton sering digunakan untuk sampul buku, katalog dan pamflet. Karena tingkat ketebalannya, sering digunakan untuk berbagai perlengkapan souvenir, seperti paper bag dan boks.

 

Baca Juga: Art Paper atau Art Carton? Begini Bedanya

 

3. Jasmine

Kertas jasmine sering digunakan untuk sertifikat karena tampilannya yang mewah dan eksklusif. Ini karena kertas jasmine ada glitter di kedua sisinya. Karena tampilannya ini, kertas jasmine sering digunakan untuk kartu undangan dan papercraft. Selain itu, beberapa bisnis juga menggunakan kertas jasmine untuk kartu nama supaya terlihat unik dibandingkan kartu lainnya.

 

4. Linen Jepang

Sering disebut dengan karton linen, kertas linen jepang permukaannya memiliki tekstur yang unik. Selain sering digunakan sebagai sertifikat, kertas linen jepang juga biasa digunakan untuk undangan ulang tahun dan pernikahan.

 

5. BW Carton

BW Carton adalah kertas Bluish White yang teksturnya halus, kuat dan rapat. Permukaannya tidak mengilap, jadi mirip dengan matte paper. BW carton tebal, jadi tidak mudah rusak dan cocok untuk sertifikat.

6. Ivory

Terakhir, kertas yang sering digunakan untuk sertifikat adalah ivory. Kertas ini kedua sisinya berbeda. Di satu sisi luar warnanya putih dan mengilap, sedangkan sisi dalamnya berwarna putih juga tapi teksturnya kasar. Kertas ivory tebal dan kuat, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak.

 

Finishing Sertifikat Penghargaan

Selain pilih jenis kertas yang sesuai, kamu juga bisa mempertimbangkan finishing tambahan di sertifikat penghargaan. Misalnya dengan menambahkan efek timbul pada kertas bagian tertentu (embossing), efek tenggelam pada bagian tertentu (debossing), atau membuat logo dan huruf menjadi lebih mengkilap keemasan (poly).

 

Agar kertas tidak mudah sobek dan rusak, menambahkan laminasi juga penting. Kamu bisa pilih laminasi glossy dan doff. Glossy hasil akhirnya mengilap dan teksturnya halus. Sedangkan laminasi doff hasil akhirnya tidak mengilap dan lebih kasar. Keduanya sama-sama baik untuk sertifikat penghargaan.

 

Yang pasti, sampai sekarang sertifikat berguna sebagai bentuk apresiasi, penghargaan hingga bukti kepemilikan. Maka tampilan juga merepresentasikan seberapa tinggi nilai penghargaan tersebut. Sertifikat juga jadi amunisi paling ampuh dalam mencari pekerjaan atau memperoleh legalitas.

Tentu jangan sampai salah pilih tempat cetak sertifikat. Pilihlah tempat cetak yang pasti berkualitas seperti onlineprint.co.id, website cetak online dari Bintang Sempurna menyediakan cetak sertifikat dengan ragam material kertas mulai dari yang umum hingga premium. Di Online Print, kamu bisa cetak baik menggunakan teknologi digital printing maupun offset print dan menambah finishing TUF (Textured UV Finish) dimana kamu dapat memberi aksen timbul dari tinta UV transparan tanpa minimum pemesanan seperti Emboss.

 

Kunjungi website onlineprint.co.id sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *