DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Intip Proses Sablon Mug, Merchandise Promosi Fungsional

Pasti kamu sering kan lihat mug custom yang di sisinya dicetak logo perusahaan atau brand tertentu? Nah yang jadi pertanyaan, mengapa perusahaan atau entitas bisnis rela mengeluarkan uang untuk mencetak merek, brand atau logo di mug? Tentu saja ini tak lepas dari kenyataan bahwa mug yang dipersonalisasi dengan gambar identitas perusahaan ternyata mampu menjadi media promosi yang halus dan powerfull.

Dengan cetak mug custom yang disablon dengan teknik sublimasi, kamu bisa menempelkan apa saja di mug. Apakah itu gambar, foto, logo, brand maupun tulisan. Kamu juga bisa memadukan beberapa warna di sablon mug.

 

Baca Juga: Cetak Kaos Custom Populer Pakai DTG, Mengapa Demikian?

 

Apa Kelebihan Sablon Mug Untuk Promosi?

 

Sudah digunakan sejak jaman dulu, tentu saja ada banyak kelebihan memakai tempat minum mug untuk promosi, apa saja kira-kira?

 

1. Terbukti Efektif

Gelas mug sering dijadikan souvenir yang diberikan ke klien bisnis atau ke pelanggan setia brand. Memberikan merchandise adalah bentuk promosi yang halus. Tak perlu beriklan dan menawarkan produk panjang dan lebar, dengan merchandise, logo brand akan terpampang terus selama produk itu dipakai. Jadi makin banyak yang mengingat brand kamu.

 

2. Mudah dan Cepat Diproduksi

Saat ini teknologi sablon mug sudah semakin berkembang sehingga ada yang tidak butuh waktu lama pengerjaannya. Meskipun dibutuhkan dalam waktu yang mendesak, tetap bisa diselesaikan. Kualitasnya pun semakin baik.

 

3. Proses Sablon Beragam

Sudah banyak teknik sablon di atas mug yang bisa kamu pilih. Yang pasti tiap proses sablon mug memiliki kelebihan masing-masing. Biayanya juga tentu berbeda, kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan budget.

 

Mengapa Sablon Mug Lebih Disukai?

 

Saat ini kamu bisa pilih membuat mug custom dengan cara sablon dan printing. Teknik sablon adalah cara yang dikenal lebih dulu dan dilakukan secara manual. Sedangkan teknik printing adalah cara yang lebih modern. Meski begitu, teknik sablon tetap digemari karena beberapa alasan di bawah ini:

 

  • Desain gambar atau tulisan yang disablon bisa dilakukan di permukaan model mug jenis apa pun dan di sisi mana pun
  • Tidak menggunakan mug coating
  • Hasil sablon jadinya lebih timbul karena langsung diserap ke pori-pori mug
  • Teknik sablon yang menggunakan pembakaran hasilnya relatif lebih awet, karena melewati suhu yang tingi.

 

Bagaimana Proses Buat Sablon Mug?

 

Desain berupa gambar atau tulisan yang akan disablon harus menggunakan kertas decal sebagai media transfer. Gambar dicetak dulu dengan printer laser di kertas decal, kemudian disemprot dulu agar tintanya tidak menyebar menggunakan fixative. Setelah disemprot, tunggu sesaat sampai fixative kering.

 

Setelah kering, masukkan kertas ke dalam air supaya kertas decal bisa menggulung keluar. Lalu angkat kertas dan tempelkan ke permukaan mug. Saat ditempelkan, bentuknya harus seimbang dan rata supaya begitu kertas ditarik hasilnya sempurna. Tidak ada bagian yang berkerut.

 

Setelah gambar tertempel di mug dengan rapi, maka mug harus masuk ke oven dan dipanggang dengan suhu yang tinggi. Sebenarnya gambar bisa kering sendiri, tapi hasilnya tidak akan tahan lama. Jauh berbeda dengan kalau mugnya dipanaskan. Hasilnya sablon tidak akan mudah terkelupas, apalagi sampai sobek.

 

Teknik sablon mug custom biasanya sering dipesan untuk skala produksi besar karena prosesnya yang lebih rumit. Harganya juga lebih tinggi, mengingat perlengkapan yang dibutuhkan juga lebih beragam. Tapi hasilnya yang tahan lama memang sama sekali tidak mengecewakan.

 

Dimana Bisa Cetak Sablon Mug?

 

Ada banyak tempat percetakan gelas souvenir yang siap cetak sablon mug. Tapi kalau kamu lebih suka yang praktis dan anti ribet, cetak sablon mug satuan maupun massal bisa di onlineprint.co.id.

 

Apa itu Online Print? Ini adalah platform cetak online miliknya Bintang Sempurna, percetakan terpercaya yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. Sudah lama banget, jadi kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

 

Di Online Print kamu bisa bermain dengan warna fluorescent/vibrant yang bisa membuat desain motif mug jadi lebih menyala. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke CS kalau kamu mau pakai warna fluorescent.

 

Untuk fast order, langsung aja klik link: https://onlineprint.co.id/id/mug-112/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *