DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

5 Tips Buat Plakat Kenang-Kenangan yang Disukai Penerima

Plakat hanya untuk penghargaan? Tidak juga, lho. Kamu bisa buat plakat untuk kenang-kenangnan yang ditujukan untuk sahabat, keluarga atau pasangan. Plakat kenang-kenangan bisa diberikan saat ulang tahun, ucapan selamat saat pernikahan, dan masih banyak lagi.

 

Yang penting ketika kamu pilih plakat, modelnya harus sesuai dengan kegunaanya. Lalu bagaimana tips memilih model desain plakat yang sesuai? Yuk, cek tipsnya di bawah ini.

 

Baca Juga: Ajaibnya Tas Kertas, Pengganti Kantong Plastik

 

Tips Memilih Model Plakat Kenang-Kenangan

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih model plakat. Berikut ini hal-hal yang bisa dipertimbangkan:

 

1. Pilih Desain Sesuai Tujuan Plakat

 

Sebelum memesan plakat, pastikan dulu kamu sudah tahu apa tujuan plakat tersebut. Gunanya untuk menyesuaikan desain dan material dengan tujuan plakat, supaya desainnya lebih pas. Misalnya plakat untuk kenang-kenangan acara formal, tentu model, desain dan grafir tulisannya tidak bisa dibuat bergaya kasual. Contoh plakat formal misalnya plakat wisuda, plakat untuk pembicara, plakat penghargaan dan lain-lain.

 

Begitu juga sebaliknya, kalau plakat kenang-kenangan dibuat untuk kepentingan pribadi antar teman atau saudara, misalnya, bisa pilih desain yang lebih seru dan personal. Kalau sudah paham tujuan plakat, akan lebih mudah menyesuaikan material, bentuk dan ukurannya.

 

2. Pilih Material yang Tepat

 

Sebelum menentukan desain, pastikan dulu akan menggunakan bahan apa untuk plakat kenang-kenangan. Saat ini secara umum ada 3 material plakat yang biasa digunakan, yaitu akrilik, kayu dan kristal. Apa beda ketiga material tersebut?

 

  • Plakat Akrilik: kelebihannya adalah bahannya paling ringan dan mudah ditemukan. Proses pembuatannya juga cenderung lebih cepat. Bahan akrilik bisa digrafir atau dipadukan dengan logam besi maupun kuningan. Bahan akrilik fleksibel, bisa untuk acara formal maupun personal.
  • Plakat Kayu: kelebihan bahan kayu adalah tampilannya yang mewah dan terlihat kokoh. Plakat kayu biasanya dipadukan dengan logam kuningan, tapi ada juga yang hanya sekedar kayu dan digrafir. Supaya awet, biasanya plakat kayu melewati finishing dipanaskan di oven agar hasilnya lebih tahan lama.
  • Plakat Kristal: bahan ini paling cocok untuk plakat kenang-kenangan formal. Plakat kristal cenderung tebal dan bentuknya simpel. Tampilan 3D dan sentuhan kristal yang mengilap terlihat kurang pas kalau digunakan untuk acara personal.

 

3. Pilih Ukuran yang Sesuai

 

Ukuran plakat ada yang kecil sebesar 6 x 10 cm, ukuran standar sekitar 13 x 20 cm dan ukuran besar 15 x 21 cm. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan supaya desainnya cocok. Contoh plakat ucapan terima kasih biasanya mengunakan ukuran 13 x 20 cm.

 

4. Sesuaikan dengan Budget

Material dan desain memang penting, tapi jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang ada. Perhitungkan beberapa jenis plakat dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Kalau budget sesuai, maka bisa pilih jenis plakat tersebut.

 

5. Tetap Sesuai Karakteristik Penerima

 

Boleh banget kasih plakat kenang-kenangan yang super unik. Tapi tetap harus kamu lihat karakter penerimanya ya. Kalau penerimanya orang sudah kamu kenal betul, pasti gampang tentukan desain plakat. Tapi kalau orangnya belum terlalu kamu kenal, maka kamu bisa lihat dari usianya.

 

Contohnya kamu mau kasih plakat kenang-kenangan sebagai ucapan terimakasih pada narasumber karena bersedia jadi pembicara di acara kamu, maka kalau usianya di atas 40-an, lebih baik pilih plakat dengan desain standar saja.

 

Buat Plakat Kenang-kenangan dengan Online Print
Buat Plakat Kenang-kenangan di Online Print

 

Pilih Tempat Pembuatan Plakat Berkualitas

 

Sudah tahu material dan desain yang akan digunakan untuk plakat? Maka sekarang saatnya memilih tempat pembuatan plakat yang berkualitas. Pastikan untuk memilih tempat pembuatan plakat yang sudah memiliki reputasi baik.

 

Salah satu tempat buat plakat adalah percetakan Bintang Sempurna. Online Print ialah platform cetak online-nya.  Di Bintang Sempurna kamu bisa buat plakat kenang-kenangan yang hasilnya berkualitas, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan pilihan materialnya juga lengkap dengan pengemasan yang rapi. Karena, didukung dengan teknologi printing terkini yang ngejamin hasilnya bakal memuaskan. SDM di Bintang Sempurna bisa diandalkan, professional dan terpercaya, makanya percetakan ini tetap eksis dari tahun 1989.

 

So, langsung aja deh hubungi Customer Service Bintang Sempurna di +62 821-6665-5000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *