ONLINEPRINT.CO.ID

Kenali Media Promosi Cetak, Cara Klasik Mengiklan

Dengan persaingan yang makin ketat, semua bisnis menawarkan kreativitas yang makin meningkat. Karena itu diperlukan media promosi yang tepat dan pintar.

Makin banyak anak muda yang memulai bisnis mereka sendiri. Ini adalah hal yang positif, karena mereka bisa menyalurkan sisi kreativitasnya dan menunjukkan bahwa anak muda juga bisa mandiri. Onliners termasuk salah satunya? Kalau iya, Onliners harus punya strategi marketing yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Salah satunya adalah media promosi cetak yang masih efektif dan relevan hingga kini. Beberapa contoh media cetak adalah banner, spanduk dan lain sebagainya.

 

Fungsi Media Promosi

 

Cetak Media Promosi Brosur di Online Print

 

Media promosi adalah berbagai sarana yang mendukung kegiatan promosi. Ada banyak sekali bentuknya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tetapi apapun media promosi yang Onliners gunakan, pada dasarnya fungsi promosi adalah:

 

1. Sebagai Sarana Memperkenalkan Produk atau Jasa

 

Bagi perusahaan baru atau merek atau produk baru, media promosi sangat diperlukan untuk memperkenalkannya ke masyarakat luas. Bagi produk atau jasa yang sudah lama pun bisa memasang atau menyebarkan media promosi di pasar yang baru.

2. Sebagai Sarana Penawaran

 

Selain mengenalkan, media promosi berfungsi sebagai sarana untuk menawarkan produk maupun jasa kita. Lewat media promosi, diharapkan audience yang melihatnya lebih tertarik untuk membeli.

 

3. Sebagai Sarana Perbaikan

 

Tiap perusahaan dan tiap merek mungkin saja melakukan kesalahan di masa lalu. Atau ada kritik dan saran dari pelanggan. Lewat media promosi, perusahaan bisa mempromosikan hal-hal yang sudah diperbaiki ini. Jadi masyarakat luas bisa melihat ada usaha untuk memperbaiki.

 

4. Untuk Menarik Pelanggan Baru

 

Dengan memilih media promosi yang tepat, tentunya salah satu tujuannya adalah untuk menarik calon pelanggan baru yang potensial. Orang yang tadinya tidak tahu dengan merek kita, lewat media promosi jadi tahu dan mungkin tertarik untuk membeli.

 

5. Untuk Mempertahankan Pelanggan Lama

 

Dengan adanya media promosi, menunjukkan bahwa bisnis kita serius dan terus berkembang. Dengan begitu, pelanggan lama tetap percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Apalagi kalau selalu ada perbaikan yang ditunjukkan di tiap promosi.

 

Macam-macam Media Promosi Cetak

 

Era internet telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Meski demikian, untuk urusan promosi, media cetak tak boleh dilupakan. Sebab ada banyak kelebihan media promosi cetak dibanding dengan melalui internet. Misalnya dengan menggunakan poster yang dipasang di tempat ramai, maka poster bisa langsung dilihat siapapun tanpa perlu membuka apapun.

 

Contoh media promosi cetak sangat beragam. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Karena itu, sebelum kamu membuat media promosi cetak, kenali dulu perbedaan masing-masing media.

 

1. Brosur

 

Brosur berukuran kecil dan disebarkan di tempat umum kepada orang yang lewat. Kalau disebarkan di tempat yang tepat, brosur bisa sangat efektif. Cetak brosur biasanya dilakukan pada selembaran kertas. Ada juga yang menyebut brosur sebagai pamflet, ini merujuk pada brosur satu muka. Sementara untuk brosur bolak balik yang dilipat biasanya disebut leaflet.

2. Banner

 

Banner yang sering digunakan adalah ukuran 80 x 200 cm. Biasanya diletakkan di depan tempat usaha, entah itu toko, kafe, restoran, dan lain-lain. Saat bisnis mengikuti bazaar atau festival, biasanya juga dipasang banner di depan stand. Bentuk cetak banner biasanya tergantung dengan tiang penyangga yang digunakan. Misalnya buat banner yang menggunakan tiang penyangga berbentuk X, maka disebut X-Banner.

 

Baca Juga: Mau Cetak Banner atau Spanduk? Kenali Dulu Perbedaannya

3. Spanduk

 

Spanduk dipasang di luar ruangan. Karena ukuran cetak spanduk yang cukup besar, membuatnya sangat efektif kalau dipasang di tempat yang tepat dan strategis. Media yang satu ini sebenarnya mirip seperti poster, hanya penempatanya saja yang seringkali berbeda. spanduk biasanya dipasang di tepi jalan atau melintang di tengah jalan pada ketinggian.

4. Baliho

 

Baliho juga diletakkan di luar ruangan. Ukurannya besar dan biasanya sudah ada tempat khusus untuk memasangnya. Untuk memasang baliho diperlukan biaya paling besar dibandingkan media promosi cetak lainnya.

5. Flyer

 

Jika onliners lebih suka media promosi yang praktis, maka cetaklah flayer. Flayer biasanya berupa selebaran yang berisi informasi promo atau diskon tertentu. Agar mudah dibaca, flayer tidak dilipat.

 

6. Kalender

 

Kalender juga bisa jadi media promosi cetak. Terutama karena kecenderungan orang yang suka menyimpan kalender cetak. Sehingga bisa dipastikan, kalender bakal menjadi alat promosi yang sangat praktis dan tahan lama.

 

7. Poster

 

Poster biasanya dipasang di dinding yang ada di tempat umum. Pastikan memilih tempat yang strategis dan banyak dilewati orang. Ukuran cetak poster yang relatif besar membuat yang siapa saja bisa melihat isi poster meski dalam jarak yang relative jauh.

 

Baca Juga: Poster Komersial: Gaya Bahasa, Ciri-ciri dan Tujuannya

8. Katalog

 

Kalau onliners punya produk dengan variasi dan spesifikasi yang beragam, maka katalog bisa menjadi alternatif pilihan media promosi cetak. Melalui katalog, pembaca bisa dengan mudah menemukan informasi tentang produk yang Onliners tawarkan.

 

9. T-shirt

 

Kalau punya budget lebih, gunakan kaos atau T-shirt sebagai media promosi. Media satu ini sangat mudah diterima oleh khalayak. Bahkan kebanyakan orang dengan senang hati memakai kaos promosi. Selain bisa didapatkan secara gratis, kaos promosi juga dapat dipakai dalam berbagai kesempatan.

 

Cetak Media Promosi di Online Print

 

Gimana, Onliners tertarik untuk menggunakan salah satu media promosi cetak di atas? Kalau Onliners mau, cetak saja media promosi kamu secara online di Online Print. Cukup buka situs onlineprint.co.id, kamu bisa cetak media promosi apapun tanpa perlu antri. Tinggal klik langsung jadi.

 

Tapi kalau kabetulan kamu dekat dengan daerah Bendungan Hilir, datang aja langsung ke lokasi cetaknya. Kunjungi PT Bintang Sempurna yang ada di kawasan Bendungan Hilir. Percetakan Benhil ini telah berdiri sejak tahun 1989, so pasti kualitasnya tidak perlu diragukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *