INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Ukuran Stiker untuk Label yang Sering Digunakan. Intip di Sini!

Onliners punya bisnis dan butuh sarana promosi yang biayanya terjangkau? Gunakan saja stiker label! Stiker label adalah stiker yang ditempelkan pada kemasan sebuah produk untuk memberi keterangan isi atau bahan yang ada dalam produk tersebut. Ukuran stiker label ini bermacam-macam.

 

Baca Juga: Label Produk dalam Kemasan yang Belum Banyak Orang Tahu

 

Ada yang dibuat kecil dan ada yang dibuat besar, hampir seukuran setengah kemasan produk. Karena ukuran stiker label produk yang bisa dibuat custom inilah, justru malah bisa menjadikan tampilan sebuah kemasan produk menjadi lebih menarik. Meski bisa cetak stiker label dalam berbagai ukuran, tetapi secara umum ada beberapa ukuran stiker label yang biasa digunakan.

 

Fungsi Stiker Label

Ukuran Stiker Online Print

 

Sebelum Onliners menentukan berapa ukuran stiker label, pahami dulu tujuan penggunaan stiker di kemasan. Secara umum, fungsi stiker adalah untuk media promosi, media informasi dan juga memancing call to action.

 

  • Media Promosi. Stiker yang ditempelkan pada kemasan produk bisa jadi media promosi yang efektif. Setidaknya dapat meningkatkan brand awareness. Karena itu, warna dan desainnya harus unik.
  • Media Informasi. Stiker yang berisi nama brand atau logo menginformasikan produk tersebut mereknya apa atau buatan siapa. Jadi tanpa membuka kemasan, sudah tahu produk itu dari mana.
  • Memancing Call to Action. Stiker olshop biasanya berisi info nama toko di platform e-commerce dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Dengan begitu, lebih memancing CTA yang memudahkan calon pembeli untuk menuju toko.

 

Ukuran Stiker

 

Lantas berapa sih ukuran stiker label? Sobat Onliners bisa cetak stiker custom dengan berbagai ukuran. Tetapi secara umum, ada stiker yang bentuknya persegi dan lingkaran dengan detail ukuran yang berbeda.

 

  • Stiker Persegi. Stiker bentuk persegi sering digunakan untuk stiker label olshop untuk branding, identitas saat mengirim barang dan untuk kemasan. Ukuran stiker persegi pada umumnya ada tiga yaitu 5 x 5 xm, 7 x 7 cm dan yang paling besar adalah 10 x 10 cm.
  • Stiker Lingkaran. Bentuk ini sering digunakan untuk label makanan dan minuman. Sering juga digunakan untuk stiker olshop. Pilihan ukuran stiker bulat ada tiga yaitu diameter 3 cm, 5 cm, dan yang paling besar 7 cm.

 

Cutting Sticker

Ukuran Stiker di Online Print
Ukuran Stiker di onlineprint.co.id

 

Tak hanya ukurannya saja yang berbeda, dari segi pemotongan (cutting) juga berbeda-beda. Biasanya cutting sticker bentuknya mengikuti image stiker. Selain sebagai hiasan, cutting sticker juga sering digunakan sebagai label pada kemasan. Ada dua jenis cutting sticker yaitu Die Cut dan Kiss Cut. Apa bedanya?

 

1. Die Cut

 

Stiker Die Cut adalah cutting sticker yang sudah dipotong-potong mengikuti pola desain sampai ke kertas di belakangnya (backing paper). Stiker ini dipotong dengan alat khusus yang terbuat dari kayu atau besi bernama die tool. Untuk memotongnya butuh tingkat teliti yang tinggi. Akan tetapi, untuk percetakan dengan digital printing sama halnya seperti Online Print, Kamu bisa mendapatkan potongan stiker yang rapi dan berkualitas sebab memakai alat potong digital yang sudah pasti presisi.

 

Stiker Die Cut terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan pelindung, gambar, dan kertas belakang. Stiker tersedia secara satuan, biasanya terbuat dari bahan vinyl atau bontaq. Stiker Die Cut sering digunakan untuk logo kemasan produk, logo brand, stiker olshop, stiker hiasan dan lain sebagainya.

 

2. Kiss Cut

 

Sedangkan stiker Kiss Cut adalah stiker yang sudah dipotong mengikuti pola desain, tapi tidak sampai ke kertas belakangnya. Sediaannya biasanya berupa backing paper berisi beberapa stiker Kiss Cut sekaligus. Jadi saat kita melepas satu stiker dari backing paper, maka stiker lainnya masih tersisa di backing paper tersebut.

 

Karena potongannya tidak sampai ke kertas di belakangnya, jadi pemotongan stiker Kiss Cut ternyata lebih rumit dibandingkan Die Cut. Biasanya jenis Kiss Cut dipilih untuk desain pola stiker yang cukup rumit. Penggunaan stiker Kiss Cut juga sama dengan Die Cut, cara menempelkannya pun mudah. Di Online Print, kamu bisa gunakan layanan potong stiker memakai alat potong digital sehingga pengerjaan lebih cepat dan aman.

 

Nah, sekarang tinggal tentukan berapa ukuran stiker yang akan Onliners gunakan. Siapkan desainnya lalu cetak dengan ukuran A3+. Biar sekali cetak langsung bisa dapat banyak stiker. Tinggal kunjungi saja percetakan print A3 terdekat. Atau kalau kamu dekat dengan daerah Bendungan Hilir, cetak saja di percetakan Benhil paling terkenal, PT Bintang Sempurna.

 

Gimana kalau jauh dari Benhil? Tenang. Onliners tinggal buka onlineprint.co.id. Kalau File desain dan cutting siap, Onliners bisa #KlikLangsungPrint aja kebutuhan stiker di Online Print. Tanpa perlu Antri ataupun repot mampir ke tempat cetak. Good Solution kan?

 

Yuk Cetak Ukuran Stiker sesuai kebutuhan di Online Print.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *