ONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGE

Ketahui Fungsi Banner, Salah Satu Media Promosi yang Populer

Media promosi dalam dunia bisnis kini mulai beralih ke media promosi online, apalagi di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Namun, bukan berarti media promosi offline turun pamor. Salah satu media promosi offline yang masih popular hingga saat ini adalah banner.

Banner adalah sebuah media promosi yang dicetak pada bahan terntentu. Banner terdiri dari beberapa elemen seperti kata, gambar, atau pun keduanya.

Sebagai media promosi, banner memiliki fungsi, juga keunggulan bila dibandingkan dengan media promosi lainnya. Berikut fungsi, keunggulan, dan ragam jenis banner:

Fungsi Banner

Selain menjadi media promosi, fungsi lain banner adalah menjadi media informasi, juga menjadi daya tarik, khususnya dalam meningkatkan branding.

Media Informasi

Banner juga bisa digunakan sebagai media promosi. Dengan banner, sebagai pemilik bisnis bisa menyampaikan informasi yang secara ringkas, terperinci, juga terarah.

Menjadi Daya Tarik

Fungsi selanjutnya dari banner adalah menjadi daya tarik. Bukan tanpa alasan, penggunaan banner sendiri memang ditujukan untuk menarik perhatian siapapun yang melihat, seperti calon konsumen.

Keunggulan Banner

Sebagai media promosi yang popular, banner memiliki keunggulan. Media promosi ini relative murah juga sangat terjangkau dari segi harga.

Di beberapa jenis, banner mudah dibongkar pasang sehingga bisa dengan mudah dibawa kemanapun dan digunakan berulang kali.

Bukan tanpa alasan, karena banner juga menjadi salah satu media promosi yang awet dan tahan lama jika dibuat menggunakan bahan yang berkualitas.

Ragam Jenis Banner

Banner hadir dengan beragam jenis, juga bahan yang masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Bahan yang digunakan untuk membuat banner pun sangat beragam mulai dari yang berkualitas rendah, hingga bahan yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, banner juga memiliki beberapa ukuran standar.

X Banner

X banner memiliki rangka struktur berbentuk huruf X yang memudahkan untuk dibongkar dan dipasang. Banner jenis ini biasa digunakan untuk promosi di dalam ruangan.

Y Banner

Y banner memiliki rangka struktur yang menyerupai X banner. namun berbeda dengan X banner, pada bagian kaki-kaki penyangga Y banner terdapat tiang pengait ke bagian penyangga tengahnya.

Secara umum fungsi dari X dan Y banner sama saja, namun dikarenakan adanya tambahan tiang pengait pada bagian kaki-kaki penyangganya. Membuat Y banner memiliki kaki-kai penyangga yang lebih kokoh.

Roll Up Banner

Roll up banner adalah banner yang bisa digulung sehingga mudah untuk dibawa kemanapun, juga dipindah. Jenis ini biasanya digunakan dalam acara pameran atau promosi di dalam ruangan.

Tripod Banner

Serupa dengan X juga Y banner, tripod banner juga memiliki rangka sanggahan yang seperti tripod kamera. Biasanya, tripod banner ini dijumpai pada pintu masuk di dalam toko-toko mall.

Backdrop Banner

Berbeda dengan empat jenis sebelumnya, backdrop banner adalah sebuah banner besar yang biasa dipasang di belakang panggung atau area dalam sebuah acara dan tempat.

Banner ini biasanya berisikan gambar visual yang menarik, yang bertujuan untuk memberikan latar belakang yang menarik.

Vinyl Banner

Vinyl banner adalah banner yang terbuat dari bahan vinyl yang tahan air dan tahan lama, sehingga sering digunakan untuk promosi juga kegiatan di luar ruangan.

Flag Banner

Terakhir adalah flag banner yang memiliki bentuk menyerupai bendera, dan sering digunakan untuk promosi di luar ruangan.

Yuk segera buat banner untuk media promosi bisnismu sekarang juga dengan mudah di Online Print. Kunjungi onlineprint.co.id untuk informasi lebih lanjut atau hubungi customer service kami di 0812-8165-0000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *