DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDTIPS N TRIK

Ingin Cetak Stiker? Ketahui Dulu Kualitas Bahan Sebelum Naik Cetak!

Kamu pasti tahu apa itu stiker. Cetak Stiker bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari media promosi, label kemasan atau sekadar buat koleksi pribadi. Bahan stiker berbeda-beda dan berpengaruh juga pada kualitasnya. Biasanya, baik tidaknya kualitas stiker terlihat jelas dari kekuatan dan kualitas lemnya.

 

Baca Juga: CMYK, Tinta Proses Standar untuk Hasil Cetak Terbaik

 

Makanya, kalau kamu mau cetak stiker ketahui dulu bahan dan pertimbangan apa saja yang harus dilakukan.

 

Pentingnya Bahan Cetak Stiker

Cetak Stiker Metalik
Stiker Metalik Custom Buatan Onlineprint.co.id

 

Memilih bahan stiker untuk kemasan produk atau lainnya yang tepat sangat penting karena bisa disesuaikan dengan fungsinya. Selama ini ada beberapa bahan stiker yang bisa dipilih:

  • Vinyl; perekatnya tahan lama dan bisa diaplikasikan pada berbagai permukaan baik rata maupun melengkung.
  • Chromo; jenis stiker yang paling murah dan simpel. Biasanya digunakan di wadah makanan sekali pakai.
  • Transparan; menggunakan latar belakang bening, biasanya dipasang di kaca. Biasanya stiker transparan mudah dilepas dan tidak meninggalkan bekas.
  • Sandblast; teksturnya lebih kasar dan warnanya agak buram. Bahan sandblast terkesan lebih artistik.

 

Pertimbangan Sebelum Cetak Stiker

 

Tak hanya mempertimbangkan kualitas bahan stiker, untuk buat stiker kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain. Apa saja itu?

 

1. Informasi yang Dicantumkan

 

Kalau ingin mencetak stiker sebagai media promosi, maka sangat penting untuk menentukan info apa saja yang harus dicantumkan. Info yang terlalu sedikit, akan kurang menjual. Tapi info yang terlalu banyak bisa membuat stiker tidak terlihat menarik. Tapi kalau membuat stiker untuk kepentingan pribadi, tidak perlu ada info yang dicantumkan di stiker.

 

Cetak 2. Desain

 

Desain sangat penting untuk mencetak stiker. Sebelum memutuskan mencetak, pastikan kamu sudah memiliki desain yang diinginkan. Sebenarnya pihak percetakan juga menyediakan jasa desain. Tapi tentu ada biaya tambahannya. Kalau ingin lebih hemat, lebih baik pakai desain sendiri. Proses cetaknya juga jadi lebih cepat.

Tapi kalau memang tidak punya pengalaman dan tidak bisa mengoperasikan aplikasi desain, menggunakan jasa desain adalah pilihan yang tepat. Daripada setelah jadi stiker terlihat tidak memuaskan, lebih baik mengeluarkan biaya ekstra tapi hasilnya bagus.

 

3. Bahan

 

Ada beberapa bahan yang sering digunakan untuk stiker yaitu HVS, vinyl, kraft, chromo juga mettalize. Tiap bahan tersebut punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sebelum mencetak, sebaiknya cari tahu dulu karakter tiap bahan stiker yang disediakan.

 

Pilih bahan stiker yang sesuai dengan kebutuhan kita. Bahan vinyl sangat direkomendasikan untuk stiker yang dipasang di produk makanan atau minuman.

 

Sedangkan stiker untuk kepentingan di luar kuliner, bahan HVS, kraft dan chromo bisa dipilih. Ketiga bahan ini utamanya cocok untuk penggunaan di dalam ruangan. Bahan ini cenderung lebih mudah sobek.

 

4. Ukuran

 

Ukuran stiker juga penting dan sebaiknya memilih ukuran yang tepat. Misalnya untuk ditempelkan di atas produk yang ukurannya kecil, maka hindari pakai stiker yang kebesaran. Selain saat dipasang jadi tidak pas, biayanya juga sudah jelas lebih mahal.

 

Sedangkan untuk produk yang harganya besar, stiker yang ukurannya terlalu kecil juga tidak akan nyaman dilihat. Selagi menentukan ukuran, tentukan juga bentuk stiker. Apakah lebih baik bulat, persegi, atau bentuk lainnya. Jika pakai jasa desain, kita juga bisa berkonsultasi dengan desainernya.

 

5. Harga

 

Harga cetak stiker sangat beragam. Tergantung dari bahan yang dipilih, kualitas cetak dan desainnya. Pastikan kamu memilih percetakan terbaik dengan harga yang sesuai dengan kantong. Harga stiker pada umumnya dijual per lembar, bukan bijian.

 

Stiker yang berharga murah memang menarik. Tapi harga murah bisa berpengaruh pada kualitas stiker. Mungkin saja warnanya cepat pudar dan tidak bisa menempel dengan erat. Lebih baik pilih stiker yang kualitas cetaknya baik, warna tahan lama dan bisa menempel kuat dalam waktu lama.

 

 

Cetak Stiker Warna CMYK
Cetak Stiker Warana CMYK Custom Buatan Onlineprint.co.id

 

Baca Juga: Ketahui Model Kertas Print Sebelum Naik Cetak

 

Nah, sekarang kamu siap cetak stiker kamu sendiri. Biar makin gampang dan berkualitas, pasrahkan saja pada ahlinya. Siapa lagi kalau bukan PT Bintang Sempurna. Sebagai salah satu percetakan inovatif berkualitas, pastinya Bintang Sempurna sudah didukung dengan teknologi cetak terkini demi menyesuaikan kebutuhan onliners.

 

Kamu bisa percayakan cetak stiker bersama Bintang Sempurna dengan berbagai varian warna tinta print seperti Warna Metalik. Untuk kebutuhan cetak stiker cepat, bisa dengan buka Online Print di www.onlineprint.co.id dan buktikan kemudahan cetak tinggal klik langsung print!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *