ONLINEPRINT.CO.ID

Cetak Offset Hingga Layanan Print On Demand (POD). Intip Perjalanan Percetakan dari Sini!

Jaman sekarang, kebanyakan dari kita pasti sudah mengenal sistem Print On Demand (POD) alias mencetak sesuai permintaan konsumen. Kita tidak butuh minimal jumlah cetak dan persyaratan lainnya. Cukup sebutkan apa yang mau dicetak dan jumlahnya, sudah beres. Nah, sebelum sistem POD ini ada, kita lebih dulu mengenal mesin cetak offset. Lantas seperti apa sih sejarah mesin cetak hingga lahir sistem POD?

 

Sejarah Singkat Mesin Cetak

 

Penemu mesin cetak adalah Guttenberg, yang disebut sebagai father of printing revolution. Ini karena temuannya telah membawa perubahan besar pada dunia percetakan. Awalnya mesin cetak buatannya hanya digunakan untuk mencetak Injil dengan harga yang relatif tinggi. Baru di tahun 1800-an ditemukan mesin cetak uap yang lebih cepat dan akhirnya digunakan oleh perusahaan surat kabar.

 

Mesin cetak offset juga hadir di tahun 1800-an. Hebatnya mesin offset mampu mencetak dalam jumlah banyak dan hasilnya lebih jernih dibandingkan teknologi sebelumnya. Mesin offset masih eksis sampai sekarang. Hanya bedanya dengan layanan POD, percetakan offset mengharuskan kamu mencetak dalam jumlah banyak. Ada jumlah cetak minimum yang harus dipenuhi.

 

Konsep printer inkjet sudah dimulai dari awal abad ke-20, tapi baru benar-benar sempurna di awal tahun 1950-an. Printer inkjet lebih ditujukan untuk kebutuhan cetak pribadi, jadi sering digunakan di kantor dan rumah. Tentunya di awal kemunculannya harga printer inkjet cukup tinggi.

 

Terakhir ada mesin printer digital yang pertama kali ditemukan tahun 1989. Inilah mesin printer yang paling canggih hingga saat ini. Kerjanya cepat dengan kualitas cetak yang jauh lebih baik dibandingkan teknologi sebelumnya. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang makin pesat, kualitas digital printing jadi luar biasa tajam dan jernih.

 

4 Kelebihan Layanan POD

 

Dengan layanan POD, kebutuhan cetak saat ini jadi makin dimudahkan. Apa saja kelebihan layanan POD dibanding dengan metode cetak lainnya? Simak daftar kelebihannya di bawah ini:

 

1. Lebih Efisien

 

Dengan POD, kamu bisa mencetak dalam jumlah berapa pun, tidak ada pesanan minimal. Misalnya seorang penulis buku pemula. Kamu bisa mencetak hanya 1 buku saja. Beda dengan cetak offset yang pakai jumlah minimal.

 

Penulis buku pun bisa mencetak sesuai pesanan. Begitu ada pesanan, baru dicetak. Tidak perlu mencetak banyak lalu disimpan. Kalau buku belum laku, harus ada ruang penyimpanan lagi dan kurang efisien.

 

Baca Juga: Pilih Ukuran Buku yang Sesuai, Bagaimana Caranya?

 

2. Lebih Bebas Berkreasi

 

Layanan POD lebih menguntungkan bagi kamu yang kreatif. Dari sisi penulis, misalnya, mereka bisa mendesain sampul buku sendiri tanpa perlu menggunakan jasa desain dari perusahaan penerbit. Tak ada batasan dalam mendesain, harus disesuaikan dengan selera penerbit. Jadi selain lebih bebas berkreasi, penulis juga mendapat keuntungan lebih besar.

 

3. Biaya Cetak Lebih Sesuai

 

Karena jumlah cetakannya disesuaikan dengan kebutuhan, maka biaya cetak bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Biaya yang dikeluarkan pun bisa jauh lebih murah daripada harus mencetak dalam jumlah besar. Bisa lebih menghemat, biayanya bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

 

4. Bebas dalam Cetak Ulang

 

Gimana kalau ada kesalahan setelah dicetak? Tenang. Satu lagi kelebihan cetak system POD dibanding offset printing, yakni kamu bebas cetak ulang. Misalnya kamu cetak stiker melalui layanan POD, kemudian ada sedikit desain yang kurang sesuai, maka bisa langsung diperbaiki. Biaya cetak ulangnya enggak akan semahal kalau kamu pakai mesin offset.

 

Hadirnya layanan POD memang sangat menguntungkan. Kamu bisa cetak selembar stiker dalam kertas ukuran A3, cetak tumbler hingga kaos pun bisa. Meski begitu, cetak offset juga sangat penting. Untuk kebutuhan cetak dalam jumlah banyak, cetak offset jauh lebih murah dan efektif dibanding dengan POD.

 

Mau cetak offset maupun POD bisa ke tempat percetakan sekitar kita. Tapi kalau kamu membutuhkan layanan cetak online yang lebih praktis dan instan ada di onlineprint.co.id. Online Print merupakan website percetakan resmi persembahan Bintang Sempurna, sebuah perusahaan cetak yang sudah beroperasi dari tahun 1989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *