DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

3 Bahan Kain yang Sering Dicetak

Saat ini teknologi percetakan sudah sangat maju dan berkembang sekali. Kamu bahkan bisa dengan mudah cetak sesuatu tidak hanya di atas media kertas, tetapi juga bisa cetak di kain dan bahkan media kaku layaknya PVC maupun gelas.

 

Dengan bahan kain kamu bisa cetak custom sesuai selera dan kebutuhan, mulai dari warna pastel, gelap, sampai warna fluorescent seperti warna-warna stabilo juga bisa. Kain yang awalnya hanya biasa-biasa saja, bisa kamu sulap menjadi lebih hidup dengan menambahkan motif atau gambar di atasnya. Tetapi sebelum print gambar favorit kamu di atas kain, baiknya kamu tahu dulu beberapa bahan kain yang biasa ada di tempat percetakan.

Baca Juga: Keuntungan Print Kain di Online Print, dari Hp Langsung Jadi!

 

Jenis Kain yang Sering Dicetak

 

Berikut ini adalah 3 jenis kain printing yang sering digunakan dan tersedia di percetakan untuk mencetak tulisan, gambar maupun foto:

 

1. Kain Jersey

Kain jersey adalah yang paling sering digunakan untuk mencetak kaos. Mulai dari kaos yang dipakai sehari-hari sampai kaos untuk seragam olahraga seperti sepak bola, basket, voli, dan lain sebagainya. Jersey dibuat dari campuran mikrofiber dan polyester. Jersey disuka karena teksturnya yang lentur.

 

2. Kain Kanvas

Jenis kain kanvas sangat beragam, ada yang tipis dan mudah rusak, tapi ada juga yang cukup tebal dan tebal sehingga lebih tahan lama. Beberapa jenis yang sering digunakan adalah kanvas poly dan kanvas premium. kanvas poly teksturnya kuat dan seratnya tebal, sedangkan kanvas premium cukup tebal. Keduanya sering digunakan untuk mencetak tas tote bag, dompet dan sepatu.

 

3. Kain Satin Tafeta

Kain satin tafeta juga sering digunakan sebagai media cetak. Seperti jenis kain satin lainnya, permukaannya juga sedikit mengilap. Tekstur satin tafeta agak kaku, tapi tetap cukup nyaman untuk dijadikan gaun atau dress wanita. Kamu juga bisa pilih jenis kain ini untuk hiasan dinding, tapi pilih kain satin taffeta yang kaku, ya.

 

Proses Cetak Bahan Kain

 

Dari sehelai kain, kamu bisa membuatnya menjadi beberapa produk cetak seperti Pashmina, Tas Tote Bag sampai Kaos Custom. Masing-masing dicetak dengan teknologi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa metode print kain yang paling sering digunakan, yaitu:

 

1. Printing Hand Press

Metode yang pertama ini paling cocok kalau hanya akan mencetak dalam skala kecil saja, karena seperti namanya, hand press, artinya perlu menekan dengan manual untuk mencetak di atas kain. Tentu akan jadi kerja berat kalau harus mencetak satu-persatu dalam jumlah besar. Sedangkan kalau dalam jumlah kecil, hasilnya bagus.

 

2. Printing Sublim

Metode yang kedua ini banyak digunakan di berbagai tempat percetakan. Metode printing sublim juga menggunakan alat press untuk mencetak. Hanya saja di sini dibutuhkan transfer paper sebagai media cetak. Setelah itu, transfer paper ditekan ke kain menggunakan alat press. Alat ini berfungsi menyalurkan panas sehingga gambarnya menempel di kaos.

 

Printing sublim hanya bisa digunakan untuk mencetak di kain yang polos saja. Sangat disarankan yang berwarna putih, walaupun bisa juga warna lainnya asalkan polos. Kita tidak bisa mencetak di atas kain bermotif menggunakan metode ini.

 

3. Printing Tinta Sablon

Metode yang ketiga ini adalah yang sekarang sangat sering digunakan, sablon. Pelaku usaha percetakan kain saat ini sering menggunakan teknik sablon. Kelebihan metode sablon adalah hasil cetaknya yang makin baik seiring dengan perkembangan teknologi. Keunggulan printing dengan sablon adalah warna catnya tidak akan tercampur dengan warna dasar kain.

 

Udah kebayang kan bahan kain apa yang bisa kamu cetak? Perlu kamu tahu beberapa produk cetak ini bisa kamu dapatkan sekaligus di onlineprint.co.id

 

Apa itu Online Print? Online Print adalah platform cetaknya Bintang Sempurna, percetakan terintegrasi yang bisa nge-print apa saja dari awal hingga finishing. Sudah beroperasi sejak jaman Orde Baru tepatnya tahun 1989 hingga sekarang, jadi bukan percetakan kaleng-kaleng.

 

Untuk konsultasi bersama Online Print, kamu bisa hubungi Customer Service Online Print di +62 812-8165-0000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *