DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Keunggulan Kain Polyester, Karakternya Bisa Bermain dengan Warna Vibrant

Berkat teknologi digital printing, Onliners jadi semakin mudah kalau mau cetak gambar, tulisan, pola atau desain apa pun di atas kain. Jenis kain yang bisa dijadikan media cetak pun beragam, tinggal pilih sesuai kebutuhan. Bisa pakai kain katun, sutra, denim, dan polyester.

 

Nah, dari beberapa jenis kain printing yang umum tersedia, polyester memang yang paling juara. Dia lah yang paling unggul untuk di cetak secara sublimasi. Makanya bahan polyster sering digunakan untuk mencetak baju seragam keanggotaan tertentu, baju olahraga, selimut, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: 3 Bahan Kain yang Sering Dicetak

 

Salah satu kelebihan kain polyester adalah karena bahannya sederhana, sehingga biaya yang dibutuhkan pun relatif lebih terjangkau. Selain itu, kamu bisa bermain dengan warna Fluorescent ataupun Vibrant, warna-warna yang super cerah dan berani.

 

Karakteristik Bahan Polyester

 

Bahan polyester adalah salah satu kain sintetis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Artinya, kain ini dibuat manusia. Orang yang pertama kali membuat polyester adalah ahli kimia asal Inggris di tahun 1941. Polyester kemudian dibawa oleh DuPont ke Amerika Serikat dan penggunaannya baru meningkat di tahun 1970-an. Saat itu, polyester digunakan untuk bahan setelan jas yang harganya terjangkau.

 

Setelah itu, polyester juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pakaian lainnya. Hingga saat ini polyester bahkan menjadi kain buatan manusia yang paling populer sedunia. Berikut ini beberapa karakteristik polyester:

 

  • Tahan lama
  • Tahan air
  • Anti kusut dan mudah dibentuk
  • Teksturnya agak kasar
  • Bisa bermain dengan Warna Fluorescent atau Vibrant

 

Jenis Kain Polyester

 

Ada banyak sekali jenis kain yang tersusun dari material polyster. Di Indonesia namanya sangat beragam sehingga amat sangat populer untuk membuat berbagai pakaian, sepatu, tas, kain untuk interior, dan lainnya. Nah dari sekian banyak jenis kain polyster, sebenarnya bisa dibedakan menjadi 3 berdasarkan material penyusunnya, yaitu:

 

1. Polyethylene Terephthalate

 

Polyethylene Terephthalate merupakan jenis polyester yang paling sering digunakan saat ini. Sering juga disebut dengan PET, bahan ini paling banyak diproduksi. Kainnya tahan lama dan biaya produksinya tidak mahal. Untuk berbagai penggunaan jadi sangat ideal.

 

2. Polyester dari Tanaman

 

Polyester bisa didaur ulang, tapi sering kali didaur ulang menjadi botol, bukan untuk kain pakaian. Sekitar 15% polyester didaur ulang dan dijadikan tekstil baru lagi. Yang didaur ulang menjadi bahan tekstil lagi adalah polyester yang terbuat dari tanaman. Jenis ini dibuat dari bio alternatif ke petroleum.

Dalam pembuatannya, jenis ini membutuhkan ethylene yang berasal dari tanaman tebu atau dari sisa pembuangan material organik, misalnya sisa makanan. Menggunakan material yang bisa didaur ualng ini mengurangi penggunaan sumber petroleum.

 

3. Polyester PCDT

 

Jenis yang ketiga ini mirip dengan PET, tapi struktur bahan kimia yang digunakan berbeda. PCDT adalah singkatan dari poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene terephthalate, yang merupakan bahan polyester PCDT. Dibandingkan PET, jenis ini memang kurang populer, walaupun teksturnya lebih elastis dan lebih tahan lama. PCDT lebih cocok untuk bahan yang berat, misalnya gorden dan kain pelapis.

 

Proses Cetak di Kain Polyester

 

Ada beberapa langkah dan proses yang harus dilakukan ketika Onliners ingin cetak di atas kain polyster, diantaranya:

  • Pertama-tama dilakukan proses coating kain. Ini adalah proses tradisional pemberian cairan khusus untuk melapis kain agar bisa menahan cairan yang ada di dalam serat kain.
  • Kalau kain sudah siap, saatnya mencetak. Dengan teknik digital printing, data desain dari computer bisa langsung dipindahkan di atas kain melalui bantuan mesin cetak.
  • Setelah proses cetak selesai, selanjutnya dilakukan proses steaming atau penguapan. Pada kain polyster, penguapan dilakukan dengan teknik steam kering dengan bantuan mesin Heat Press atau Roll Press
  • Finishing yang dilakukan melalui beberapa tahap. Pertama membuang lapisan coating dengan cara mencuci, lalu dilakukan pemotongan dan dijahit. Baru setelah itu barang jadi.

 

Lalu untuk teknik cetaknya sendiri menggunakan sublimasi. Apa itu sublimasi? Sublimasi adalah teknik digital printing di kain khususnya polyester memakai metode heat atau dipanaskan.

 

Karena dipanaskan, tinta akan menjadi gas (menyublim) lalu akan menempel secara permanen menempel di pori-pori kain dan mengeras secara otomatis. Itulah mengapa teknik ini tidak cocok digunakan untuk kain katun ataupun kaos, sebab tinta sublime tidak akan menempel.

 

Sampai di sini jadi lebih paham ya Onliners soal keunggulan Kain Polyester. Bahannya kuat, biaya cetaknya murah, dan tentu saja kamu bisa bermain dengan berbagai warna, termasuk warna fluorescent atau vibrant.

 

Kamu bisa cetak pakai kain polyester di Online Print, platform cetak online milik Bintang Sempurna yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. Setiap cetak di Online Print, kamu bakal dapat jaminan garansi 100%. Kalau ada yang tidak sesuai pesanan, diganti baru. Jadi aman dan praktis kan, cetak di Online Print.

 

Tak hanya cetak kain, jasa print Online Print bisa kamu buka buat cetak apa saja. Mau cetak poster, cetak stiker, kartu nama dan lain-lain semua bisa. So, langsung aja buka www.onlineprint.co.id dan dapatkan gratis pengiriman dengan jadi member.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *