DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Ternyata Kertas Doff Punya Banyak Kegunaan Loh, Yuk Intip di Sini!

Dari banyak jenis kertas yang ada di pasaran, kertas doff atau kertas matte adalah salah satu yang sering digunakan. Kertas doff mampu menyerap tinta dengan baik dan teksturnya tidak mengurangi detail warna tintanya. Kalau kamu ingin mencetak di atas media yang tidak memantul, kertas doff adalah pilihan paling tepat.

 

Dibanding dengan jenis kertas lain, kertas doff ini punya beberapa kelebihan. Misalnya:

 

  • Punya daya tahan yang lebih bagus.
  • Lebih tahan terhadap goresan.
  • Pas banget buat cetak foto yang dibingkai
  • Cocok buat cetak foto klasik ataupun hitam putih.
  • Punya pantuan sedikit cahaya alami atau lampu.
  • Dan tidak meninggalkan bekas sidik.

 

Hanya saja, bagi buat kamu yang suka hasil cetak cerah dan terlihat memantulkan cahaya, kertas matte bukan pilihan yang tepat. Kertas doff juga warna kontrasnya kurang jelas, ketajaman gambar berkurang dan tentu saja harganya lebih mahal dibanding kertas glossy.

 

Perbedaan Kertas Doff & Kertas Glossy

 

Kalau mau cetak apa saja yang full colours di atas media kertas, biasanya di percetakan tersedia pilihan kertas matte/doff atau glossy. Nah kedua jenis kertas ini beratnya (grammatur) hampir sama, tapi jelas dari tampilannya jauh berbeda. Hasil finishing cetaknya juga bakalan berbeda.

 

Apa saja sih perbedaan kertas doff dan kertas glossy?

 

1. Tampilan

 

Dilihat sekilas saja, tampilan kertas doff dan kertas glossy sudah pasti berbeda. Jadi tampilan kedua kertas ini menjadi pembeda yang paling terlihat. Kertas doff memantulkan cahaya juga, tapi hanya sedikit saja. Sedangkan kertas glossy menampilkan cahaya dengan sangat terlihat, bahkan kadang silau kalau di bawah sinar yang sangat terang.

 

Kalau kamu pernah pakai laminasi doff atau laminasi glossy, kamu bakalan lebih mudah membedakan mana jenis kertas doff dan glossy. Soalnya tampilannya memang beda banget.

 

Baca Juga: Selain Laminasi, Kamu Perlu Tahu 2 Jenis Finishing Ini!

 

Nah, mana tampilan yang lebih baik? Ini sangat tergantung selera masing-masing. Ada yang menganggap kilauan kertas glossy lebih mewah, tapi banyak juga yang menganggap tampilan matte kertas doff justru lebih elegan. Jawabannya juga tergantung bakal dipakai buat cetak apa.

 

2. Tekstur Permukaan

 

Kertas doff sedikit lebih tebal dibandingkan kertas glossy. Tekstur permukaan kertas glossy lebih kesat dibandingkan kertas glossy. Kertas doff lebih tahan terhadap goresan, sementara kertas glossy akan sangat terlihat kalau tergores sedikit saja. Selain itu, kertas doff saat dipegang tidak meninggalkan sidik jari, sedangkan di kertas glossy sangat mudah tertinggal sidik jari.

 

3. Ketajaman Cetakan

 

Kertas doff paling bagus untuk mencetak tulisan atau gambar hitam putih atau yang kesannya klasik. Sebaliknya, kertas glossy justru lebih baik untuk mencetak tulisan dan gambar yang penuh warna, terutama kalau warnanya kontras dan vibran. Ketajaman warna kertas doff kurang kalau dibandingkan dengan kertas glossy.

 

4. Harga

 

Lalu dari sisi harga, jenis kertas apa yang lebih efisien? Kertas doff harganya lebih tinggi dibandingkan kertas glossy, karena bahannya yang lebih tebal dan memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan kertas glossy.

 

Penggunaan Kertas Doff

 

Ada banyak desain, gambar maupun foto yang bisa kamu cetak di atas kertas doff. Beberapa diantaranya adalah:

 

1. Brosur

 

Untuk mencetak brosur yang tahan lama dan tidak mudah rusak, kertas doff sangat cocok karena lebih tahan dari bekas sidik jari dan cukup tebal. Jadi meski dipegang dan berpindah tangan berkali-kali, brosur dari kertas doff tidak akan mudah rusak. Tampilan brosur jadi lebih elegan, loh.

 

2. Poster

 

Poster yang dipasang di luar ruangan disarankan pakai kertas doff supaya tidak mudah memantulkan sinar matahari. Tebalnya kertas doff juga membuat poster jadi lebih tahan lama, tak mudah robek dan rusak, jadi tak perlu sering diganti. Terutama bagus kalau gambarnya hanya hitam putih saja.

 

3. Foto Klasik

 

Ingin mencetak foto dengan kesan retro? Kertas doff adalah yang paling cocok karena hasilnya pasti lebih keren. Supaya hasilnya terlihat lebih baik, berikan bingkai yang cocok, misalnya bingkai warna hitam atau putih.

 

4. Cover Majalah

 

Kebanyakan majalah juga dicetak di atas kertas matte, doff atau matte paper. Nuansa tampilan doff dianggap lebih sesuai dibanding dicetak di atas kertas art paper yang punya tampilan glossy. Lagi pula kalau dipajang di ruang yang bercahaya, tingkat keterbacaan cover majalah lebih bagus pakai doff dibanding glossy.

 

5. Selebaran (Flayer)

 

Media promosi flayer atau selebaran juga cocok banget pakai kertas matte. Selain punya daya tahan yang lebih bagus dibanding kertas glossy, kertas matte juga membuat desain lebih enak dibaca meski di luar ruangan. Kertas glossy tampilannya terlalu silau jika banyak cahaya.

 

Banyak banget kan keunggulan kertas doff dan kegunaanya, kamu mau cetak sesuatu di atas kertas ini? Tak perlu datang ke percetakan terdekat, kamu bisa langsung cetak di Hp kamu melalui Online Print.

 

Di Onlineprint.co.id, mau cetak brosur, selebaran (Flyer) sampe cetak poster tinggal Klik Langsung Print. Cetak dengan warna tinta spesial misalnya warna Fluorescent sampai Invisible, semuanya bisa.

 

Online print adalah platform cetak online yang dikelola Bintang Sempurna, percetakan yang sudah ada sejak tahun 1989. Sudah lama beroperasi dan sampai sekarang tetap memberikan pelayanan dan kualitas cetak terbaik.

 

So, Klik link untuk order langsung kebutuhan cetak kamu dalam selembar kertas A3 https://onlineprint.co.id/id/pod-a3-cmyk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *