DESIGN IDEASINSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Cara Buat Amplop Custom Biar Imlek Tahun Ini Lebih Berkesan

Perayaan hari raya Imlek tanpa angpao rasanya kurang! Jadi tak ada salahnya kalau kita siapkan amplop dari sekarang. Amplop ini bisa kita beli di toko-toko. Tapi kalau beli biasanya harus dalam jumlah banyak sekaligus dan belum tentu gambar di amplopnya sesuai dengan selera kita. Kalau begitu, kenapa enggak buat amplop custom sendiri? Emang bisa?

Baca Juga: Kartu Ucapan Lebaran Masih Menjadi Tradisi, Berikut Tips Membuatnya

Makna Amplop Saat Imlek

Amplop berisi uang dalam budaya China sebenarnya nggak cuma diberikan saat Imlek saja, lho. Tapi bisa juga waktu perayaan ulang tahun dan pernikahan. Lalu kenapa harus warna merah? Warna ini identik dengan energi, perasaan bahagia, dan keberuntungan.

Jadi, sebenarnya dalam tradisi China itu yang penting bukan isi uang di dalam amplop, melainkan kertas merah yang menjadi pembungkus uangnya. Dengan memberikan amplop ini, artinya kita mengharapkan kebahagiaan dan berkah kepada penerimanya.

Amplop merah dalam bahasa Mandarin disebut hongbao, sementara dalam bahasa Kanton disebut lai see. Nah, di Indonesia lebih dikenal dengan bahasa Hokkien, yaitu ang pow. Biasanya amplop ini dibagi-bagi pas Imlek, dari keluarga yang sudah menikah untuk yang belum menikah.

Asal mula tradisi memberi amplop saat Imlek sebenarnya dari cerita kuno tentang Tahun Baru China. Dulu ada iblis bernama Sui yang muncul saat orang-orang sudah tidur. Supaya anak-anak selamat dari gangguan Sui, maka orang tua akan bangun semalaman sambil menyalakan lilin di malam tahun baru.

Suatu saat, ada orang tua yang memberi anaknya 8 koin untuk main di malam Tahun Baru. Anak ini memasukkan koin itu ke kertas merah, mengeluarkannya lagi, memasukkan lagi, begitu terus sampai dia capek dan tertidur. Orang tuanya pun membungkus koin tersebut di dalam kertas merah dan diletakkan di bawah bantalnya. Sui datang, tapi dia nggak bisa memegang si anak karena 8 koin itu bercahaya dan menakuti Sui. Sejak itu, dimulailah tradisi memberi amplop merah.

Cara Buat Amplop Custom

Pada hari imlek tentunya kurang banget kalau enggak bagi-bagi angpao ke keluarga terutama untuk saudara saudara kita yang belum menikah. Kita pasti perlu sedia amplop terlebih dahulu. Masalahnya kalau beli desainnya seringkali enggak sesuai dengan yang kita mau. Karena itu, kita bisa buat amplop custom sendiri. Caranya gampang, kok.

1. Persiapkan Alat-alatnya

Pertama-tama, siapkan dulu alat-alatnya, yaitu:

  • Kertas merah
  • Gunting
  • Selotip
  • Double tape
  • Lem
  • Penggaris

2. Browsing Pola Amplop

Supaya lebih mudah, kamu bisa browsing pola amplop di internet. Bahkan kamu juga bisa tambahkan motif sendiri. Kalau lebih suka yang polos, bisa juga gunakan warna merah saja. Setelah itu, cetak pola amplopnya dengan printer.

3. Gunting Menurut Pola

Setelah dicetak, langsung saja gunting pola amplop tadi sesuai dengan bentuknya. Pastikan rapi, ya, supaya lebih mudah waktu dibentuk dan ditempelkan. Kalau mencetak amplop dari internet, pasti sudah ada area untuk dilem.

4. Lipat Pola Amplop

Begitu sudah digunting, pelajari polanya supaya tahu bagian mana yang untuk dilem. Setelah itu, lipat menurut polanya.  Setelah itu, rekatkan dengan lem sesuai dengan polanya. Supaya semakin kuat merekat, sebelum dimasukkan uang, kamu bisa memasukkan amplop dulu ke dalam buku yang tebal dan biarkan selama minimal 1 jam. Setelah itu, rekatannya pasti sudah lebih kuat, deh!

Gimana, sudah jadi angpao imlek kamu? kalau masih kesulitan, kamu bisa lho buat amplop custom di percetakan. Enaknya lagi, kamu enggak perlu pesan dalam jumlah banyak, cukup hanya minimal 2 pcs saja sudah bisa. Caranya Bagaimana?

Gampang. Siapkan dulu desain amplop yang kamu mau, buka browser di Hp dan kunjungi onlineprint.co.id. Dengan Online Print kamu enggak harus jauh-jauh ke percatakan. Kamu bisa pesan secara online, nanti kalau sudah jadi, amplop bakal dikirim langsung ke alamat kamu.

Sebagai platform cetak online punyanya Bintang Sempurna yang sudah beroperasi sejak 1989, Online Print lengkap banget. Pilihan kertas, teknik cetak, dan tinta yang digunakan pasti dijamin berkualitas. Apa saja bisa kamu cetak di sana.

Jadi langsung saja buka onlineprint.co.id atau konsultasi dengan CS Online Print di +62 812 8165 0000!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *