INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Perlu Cetak Brosur, Ketahui Dulu Cara Membuatnya Sebelum Nge-Print!

Buat media promosi atau menyebarkan informasi, cetak brosur bisa jadi pilihan yang super tepat. Kenapa? Soalnya media promosi yang satu ini terkenal sangat efektif. Bentuknya kecil dan ringkas, sehingga mudah disebar dan dibawa kemana-mana.

 

Brosur bukan media promosi baru. Meski sudah lama dikenal, tetapi brosur tetap banyak dipilih sampai sekarang. Padahal perkembangan teknologi memungkinkan berbagai bentuk media promosi baru. Ini menjadi bukti bagaimana efektifnya bentuk promosi yang satu ini.

 

Cetak Brosur di Online Print
Contoh Cetak Brosur Lipat 3 di Online Print

Tipe Brosur

 

Brosur biasanya berupa kertas A4 yang dilipat jadi beberapa bagian. Di dalamnya berisi info produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Ada 3 tipe brosur. Ada brosur satu lembar yang sering disebut sebagai flyer. Lalu ada brosur lipat dua, kertas A4 yang dilipat jadi dua hingga terbentuk 4 halaman. Terakhir ada brosur  lipat 3 yang juga menggunakan kertas A4, dilipat jadi tiga sehingga ada 6 halaman.

 

Mana yang paling bagus? Tentu yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Brosur yang lipatannya banyak lebih dibutuhkan bagi perusahaan yang menawarkan banyak produk sekaligus. Tapi banyak juga perusahaan yang lebih suka brosur simpel agar lebih ringkas.

Cara Membuat Brosur

 

Brosur menjadi salah satu contoh media promosi selain pamflet, flayer, poster dan masih banyak lagi lainnya. Sama seperti cetak poster atau media promosi lainnya, untuk cetak brosur kamu bisa kunjungi salah satu percetakan terdekat. Kamu bahkan bisa cetak brosur via online.

 

Baca Juga: Mau Cetak Banner atau Spanduk? Kenali Dulu Perbedaanya

 

Tapi sebelum kamu cetak brosur, pastikan menyiapkan desain terlebih dahulu. Saat mendesain, pastikan kontennya lengkap. Yaitu berisi:

 

1. Headline yang Tepat Sasaran

 

Fungsi headline sangat penting karena merupakan salah satu hal pertama yang dilihat orang dari brosur. Headline yang baik pada brosur adalah yang mengandung pertanyaan, menyinggung permasalahan yang dialami calon konsumen. Selain itu, harus ditambahkan dengan solusi singkat yang ditawarkan bisnis kamu.

 

2. Tempatkan Logo di Posisi yang Tepat

 

Menyebarkan brosur merupakan media personal branding yang efektif. Karena itu, pastikan meletakkan logo perusahaan di halaman depan brosur. Pastikan logo berada di tengah dengan ukuran yang tepat, agar mudah dilihat. Ukuran harus pas, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil.

Akan lebih bagus lagi kalau ditambahkan dengan tagline perusahaan. Perpaduan logo dan tagline bakal semakin memperjelas identitas perusahaan. Sebaiknya tagline dicetak dalam huruf balok. Singkat tapi padat, sehingga mudah dibaca meski brosur hanya dilihat sekilas saja.

 

3. Gambar & Deskripsi Produk yang Jelas

 

Di halaman berikutnya, biasanya sudah langsung masuk ke produk yang ditawarkan perusahaan. Gunakan foto produk yang kualitasnya berdefinisi tinggi agar jelas terlihat. Jangan menggunakan foto yang terlalu kecil, apalagi yang definisinya rendah dan buram.

 

Di bawah foto, pastikan tersedia deskripsi produk yang detail. Deskripsi tak perlu terlalu panjang dan berbelit, tapi tetap harus komplit dan ringkas. Deskripsi yang ringkas lebih mudah dalam komposisi brosur. Jadi font bisa pas ukurannya, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, jadi tetap mudah dibaca. Jangan lupa pilih yang warnanya jelas.

 

4. CTA Menarik

 

Sebagus apa pun desain dan hasil cetak brosur, kalau tidak ada CTA, maka ini bukanlah brosur yang baik. CTA adalah Call to Action, yaitu ajakan untuk menggunakan dan membeli produk kita. CTA yang menarik adalah memotivasi pembacanya untuk menjadi pelanggan.

 

Strategi banyak perusahaan adalah menyertakan promo tertentu dalam CTA. Misalnya 100 pembeli pertama akan dapat hadiah produk gratis. Dengan promo semacam ini, konsumen jadi lebih yakin untuk langsung membeli produk.

 

 

Cetak Brosur di Online Print
Cetak Brosur buatan Online Print

 

 

Lantas berapa sih harga cetak brosur? Sangat terjangkau. Kamu bisa konsultasikan ke percetakan terdekat atau langsung saja cetak online melalui situs Online Print. Kamu tinggal simulasikan saja desain brosur dalam lembaran A3+ yang terdapat pada fitur POD A3+ di onlineprint.co.id untuk cetak cepat dan lebih praktis tanpa menunggu.

 

Kalau mau konsultasi dulu juga bisa. Jangan ragu soal kualitas, soalnya Online Print adalah situs cetak online persembahan dari Bintang Sempurna. PT Bintang Sempurna adalah salah satu percetakan berpengalaman yang sudah beroperasi lebih dari 31 tahun. Di sana kamu bisa pilih berbagai jenis kertas, tinta print dan mode cetak, apakah itu offset printing maupun digital printing.

 

Yuk cetak brosur lebih baik di Bintang Sempurna ataupun onlineprint.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *