ONLINEPRINT.CO.ID

Mengenal Apa Itu Kertas Concorde | Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kegunaannya

Sedang mencari jenis kertas yang cukup tebal dan terlihat elegan buat cetak dokumen-dokumen penting layaknya sertifikat atau piagam penghargaan? Salah satu yang bisa kamu pilih dan paling sering digunakan di percetakan adalah kertas concorde.

Apa itu kertas concorde dan Bagaimana karakteristiknya? Yuk, simak di artikel ini beserta kelebihan dan kegunaanya apa saja!

Apa Itu Kertas Concorde?

Kertas concorde merupakan salah satu kertas mewah yang biasa ditemukan di percetakan, biasanya digunakan untuk kartu nama bisnis, sertifikat, buklet, atau sampul buku. Karena itu, kalau kamu ke toko buku, sebenarnya mudah menemukan jenis kertas concorde di rak buku. Mereka yang menekuni bidang desain juga biasanya cukup akrab dengan kertas ini, karena sering digunakan untuk menggambar.

Baca Juga: Kartu Nama Bisnis: Fungsi dan Jenisnya

Meski termasuk dalam kategori kertas mewah, tapi harga kertas concorde cukup terjangkau, lho. Kamu bisa pilih dari ukuran yang paing tipis hingga tebal, masing-masing harganya pasti berbeda. Variasi gramaturnya tersedia dari yang paling ringan 160 gram, 220 gram, dan yang paling berat 250 gram.

Karakteristik Kertas Concorde

Apa sih yang membedakan kertas concorde dengan kertas lainnya sehingga tampilannya bisa terlihat elegan?

  • Yang pertama adalah adanya tekstur di permukaan kertas. Unik, karena teksturnya ini berupa serat garis lembut yang agak timbul. Bentuknya terlihat tidak beraturan yang justru membuatnya unik dan berseni. Karena itu, kertas concorde sering digunakan sebagai material kartu undangan.
  • Menariknya, meskipun teksturnya timbul, tapi saat dipegang tetap terasa sangat lembut. Kertasnya cukup tebal, tergantung dari gramatur yang dipilih.
  • Saat kertas concorde dilipat, maka akan meninggalkan bekas karena tebalnya. Tapi justru karena ketebalannya ini, kertas concorde cocok digunakan sebagai material undangan.

Keunggulan Kertas Concorde

Jadi kenapa harus pilih kertas concorde dibandingkan jenis kertas lainnya?

  • Tingkat ketebalannya bervariasi, sehingga penggunanya bisa bebas memilih sesuai kebutuhan. Berbagai dokumen bisa menggunakan kertas ini, mulai dari sertifikat yang biasanya tidak membutuhkan kertas terlalu tebal, hingga kartu nama dan undangan yang membutuhkan kertas tebal.
  • Keunggulan berikutnya adalah karena teksturnya yang unik, maka hasil cetaknya terlihat lebih mewah dan elegan. Kebanyakan penggunaan kertas concorde hanya dengan warna-wana dasar saja, seperti putih dan hitam, tapi sudah terlihat berbeda dibandingkan jenis kertas lainnya.
  • Selanjutnya, harga kertas concorde yang relatif terjangkau juga jadi kelebihannya.

Contoh Produk yang Menggunakan Kertas Concorde

Apa saja produk yang sering menggunakan kertas concorde? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kertas Gambar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bagi yang berkecimpung di dunia desain, mungkin sudah sangat akrab dengan jenis kertas concorde. Alasannya, kertas ini memang sering dijadikan sebagai media menggambar menggunakan pensil. Arsiran pensil akan terlihat lebih menarik berkat teksturnya yang unik.

2. Sertifikat

Pembuatan sertifikat sering menggunakan kertas concorde karena hasil hasil cetakannya yerlihat resmi dan rapi. Teksturnya yang lembut saat dipegang juga cocok untuk tujuan ini. Biasanya, kertas concorde yang digunakan untuk sertifikat adalah warna putih dan beige.

3. Kartu Nama

Ketebalan kertas concorde yang beragam dan tersedia dalam versi sangat tebal membuatnya cocok dijadikan kartu nama. Tampilan kartu nama jadi terlihat lebih profesional sekaligus menarik. Serat di teksturnya membuat kartu nama saat dipegang tak mudah terselip karena licin.

4. Stiker dan Poster

Buat cetak stiker atau cetak poster, kertas concorde  juga cocok. Desain gambar stiker atau poster yang dicetak di atas kertas ini akan terlihat menarik. teksturnya yang lembut juga akan membuat stiker jadi nyaman dipegang.

Itulah pembahasan singkat soal apa itu kertas concorde. Jenis kertas ini memiliki keunikan di bagian tekstur. Kamu bisa gunakan untuk cetak sertifikat, kartu undangan, kop surat dan banyak produk lainnya. Hasil cetak pakai kertas ini bakal terlihat berkarakter.

Apalagi kalau kamu cetaknya di percetakan berkualitas seperti Bintang Sempuran, dijamin bakal tahan lama. Soalnya percetakan Benhil ini didukung dengan teknologi terkini dan SDM mempuni. Percetakan juga menggunakan material kertas dan tinta terbaik.

Kamu juga bisa ekslorasi lebih luas kegunaan kertas concorde dengan berbagai jenis tinta dan warna yang tersedia lengkap dengan beragam pilihan teknologi cetak.

Langsung kunjungi Bintang Sempurna atau hubungi Customer Service di +62 821-6665-5000. Bisa juga lewat Online Print di www.onlineprint.co.id, platform cetak onlinenya Bintang Sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *