DESIGN IDEASINSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Pilihan Bahan Kartu Nama, Ada yang Elegan dan Minimalis!

Kartu nama, kamu pasti tahulah apa itu. Di dunia kerja, barang yang satu ini punya posisi yang umum tapi penting. Umum karena biasa digunakan dan penting karena fungsinya untuk bertukar identitas diri. Setiap bisnis juga biasanya memiliki kartu nama untuk diberikan pada calon klien atau konsumen.

Nah, karena biasa digunakan otomatis bakal ada begitu banyak kartu nama. Desain dan tampilannya kemungkinan besar hanya itu-itu saja. Padahal kamu bisa lho membuat membuat kartu nama unik supaya mudah diingat banyak orang. Salah satu caranya adalah memilih bahan yang berbeda.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Bikin Kartu Nama dari Rumah

Toh, di luar sana ada banyak bahan kartu nama yang bisa kamu pilih. Apa saja sih bahan kertas untuk kartu nama yang tersedia di percetakan? Berikut beberapa diantaranya:

Art Paper

Jenis kertas untuk kartu nama yang umum dan biasa digunakan adalah art paper. Ini adalah jenis kertas yang banyak digunakan di dunia percetakan. Untuk cetak kartu nama, poster, selembaran, dan masih banyak lagi.

Ciri utama kertas ini ada pada permukaannya yang halus, licin dan mengilap. Kamu bisa pilih art paper dengan ketebalan yang kamu inginkan. Mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, sampai yang paling tebal 150 gram.

Art Carton

Mirip dengan art paper, tapi art carton lebih tebal dibandingkan art paper. Untuk kartu nama, memang cenderung lebih berat, tapi art carton sering dipilih karena tidak mudah rusak. Art carton untuk kartu nama biasanya adalah yang punya ketebalan ringan, yaitu 190 gram dan 210 gram.

Perlu kamu ingat, jika ingin membuat kartu nama yang bisa ditulisi dengan bolpoin, maka art paper dan art carton bukan pilihan yang tepat. Permukaannya licin, jadi saat ditulisi bolpoin akan lama keringnya dan kartu nama terkesan kotor.

Linen Jepang

Kalau ingin membuat kartu nama perusahaan yang terkesan elegan dan eksklusif, salah satu kertas yang bisa kamu pilih adalah linen Jepang. Ini adalah kertas lokal yang warnanya putih, tapi ada tekstur bergaris yang membuat tampilannya lebih unik.

Linen Holland

Berbeda dengan linen Jepang yang merupakan kertas lokal, kertas linen Holland adalah kertas impor. Linen Holland mirip dengan linen Jepang, tapi warnanya lebih putih dan lebih tebal sedikit saja. Ada tekstur garis-garis juga. Bedanya, pada linen Holland, tekstur garis-garisnya kelihatan lebih jelas dibandingkan linen Jepang.

Mohawk Option

Pilihan bahan kartu nama berikutnya ada Mohawk Option yang juga merupakan kertas impor. Tingkat ketebalannya mulai dari 104 gram, 118 gram, 176 gram, 216 gram, dan paling tebal 243 gram. Permukaan Mohawk Option sangat halus, jadi cocok kalau ingin membuat kartu nama yang bisa ditulisi, karena daya serapnya yang tinggi.

Lebih unik lagi, Mohawk Option terbuat dari bahan daur ulang, tepatnya dari kertas-kertas bekas. Meskipun kertas Mohawk Option tidak dilapisi, tapi permukaannya sangat halus. Karena unik dan fungsional, kertas ini sering digunakan untuk mereka yang bekerja di bidang desain grafis.

Nettuno

Kertas ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk membuat kartu nama yang artistik. Kertas Nettuno memiliki tekstur seperti serat kayu, karena itu kertas ini banyak penggemarnya. Biasanya orang juga memilih nettuno untuk desain kartu nama yang minimalis.

Brief

Brief sebenarnya merupakan kertas manila yang mungkin sering kamu gunakan waktu mengerjakan prakarya saat duduk di bangku SD. Permukaan kertas brief halus dan biasanya tidak ada finishing berupa laminasi.

Kertas brief tersedia dalam beberapa warna, bukan hanya putih saja, melainkan ada warna biru muda, kuning, merah muda, dan lain-lain. Ada juga yang mirip kertas brief, yaitu Blues White atau lebih dikenal dengan kertas BW.

Nah ada banyak kan pilihan bahan kartu nama, kamu bisa pilih dari yang biasa, elegan hingga minimalis. Tentunya enggak hanya art paper saja, masih ada banyak pilihan lainnya. Datang saja langsung ke percetakan terdekat buat cetak kartu nama dengan bahan yang kamu pas.

Tapi kalau enggak mau repot buat cetak custom kartu nama dengan bahan yang kamu inginkan, buka saja Online Print dari smartphone kamu. Dijamin kamu bisa cetak dari mana saja dengan jaminan garansi 100%, kalau barangnya enggak sesuai yang kamu pesan bakal diganti dengan yang baru. Asyik bangetkan?

Sekadar info saja, Online Print ini adalah platform cetaknya Bintang Sempurna, percetakan yang udah beroperasi sejak 1989. Enggak hanya custom bahan kartu nama, kamu juga bisa custom desain kartu nama.

Langsung aja cetak kebutuhan kamu di onlineprint.co.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *