INSPIRATIONMARKETING & PROMOTIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Mengenal Apa Itu ISBN Buku, Fungsi dan Struktur Penulisannya

Suka baca buku atau kamu seorang penulis yang lagi proses menerbutkan buku?  Jangan lupa lho ya, dalam setiap buku itu ada yang namanya ISBN. ISBN buku adalah salah satu cara memberikan identitas buku agar berbeda dengan yang lainnya di seluruh dunia. Satu ISBN hanya digunakan untuk satu buku. Jadi ISBN itu semacam nama buat buku kamu secara internasional.

Baca Juga: Beda Standar Ukuran Kartu Nama, Mana yang Pas Buat Personal Branding Kamu?

Tapi kira-kira ISBN itu apa sih? Apa fungsinya? Dan seperti apa pula struktur penulisan ISBN agar tidak ada satupun buku di dunia ini sama ISBN-nya? Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu ISBN?

Kepanjangan ISBN adalah International Standard Book Number yang merupakan kode untuk mengidentifikasi buku yang isinya berupa judul, penerbit, dan kelompok penerbit. ISBN merupakan deretan angka yang berjumlah 13 digit sebagai identitas buku tersebut. Setiap kode ISBN berbeda dengan ISBN buku lainnya.

ISBN secara internasional hanya bisa diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berada di London, Inggris. Tapi di setiap negara terdapat lembaga sendiri yang memberikan ISBN. Di Indonesia ada Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, yang memiliki kewenangan untuk memberi ISBN pada buku-buku yang diterbitkan oleh semua penerbit di Indonesia. Ini biasanya dikenal dengan sebutan ISBN perpustakaan nasional.

Apa Itu Barcode ISBN?

Selain angka-angka yang ada di ISBN, ada barcode di atasnya yang mirip dengan barcode pada banyak barang lainnya. Barcode merupakan garis-garis warna hitam putih yang merupakan lambang untuk menggantikan angka. Tebal dan tipis garis, akan terbaca oleh mesin, sehingga kode ISBN bisa terbaca dari barcode tersebut.

Barcode dan kode ISBN biasanya bisa dengan mudah kita temukan di sampul buku bagian belakang. Saat kita membeli buku, maka barcode akan dipindai, jadi bisa langsung tercatat di sistem komputer. Proses membeli buku pun jadi lebih praktis.

Fungsi ISBN

Sebenarnya kenapa setiap buku harus ada ISBN? Ternyata 13 digit ISBN memiliki fungsi untuk setiap buku. Beberapa fungsi ISBN adalah:

  • ISBN memberikan identitas untuk satu judul buku yang diterbitkan oleh setiap penerbit.
  • Merupakan sarana promosi bagi setiap penerbit, karena informasi yang dicantumkan di ISBN disebarkan oleh Badan Nasional ISBN. Kalau buku yang diterbitkan di Indonesia maka disebarkan oleh Perpustakaan Nasional. Sementara di dunia internasional disebarkan oleh Badan Internasional ISBN.
  • Membantu arus distribusi buku agar lancar, jadi tidak ada kekeliruan dalam pendaftaran dan pemesanan buku. Tidak akan buku yang tertukar karena setiap buku ada identitasnya.

Struktur Penulisan ISBN

Nomor ISBN terdiri dari 13 digit yang dibagi menjadi 5 bagian. Di depan nomor ada tulisan ISBN. Struktur penulisan ISBN memiliki aturan tersendiri sebagai berikut:

  • ISBN harus dituliskan dengan huruf cetak yang jelas dan mudah dibaca
  • Singkatan ISBN harus ditulis dengan huruf besar di depan penulisan angka pengenal kelompok, pengenal penerbit, pengenal judul, dan angka pemeriksa
  • Penulisan antara setiap bagian pengenal ISBN dibatasi oleh tanda penghubung.

Contoh ISBN adalah sebagai berikut: ISBN 977-605-8517-93-9

Jadi:

  • 977: angka pengenal produk terbitan buku (prefix identifier)
  • 605: kode kelompok (group identifier)
  • 8517: kode penerbit (publisher prefix)
  • 93: kode judul (title identifier)
  • 9: angka pemeriksa (check digit).

Menurut penempatan ISBN, maka ISBN dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Back cover: bagian bawah di sampul belakang
  • Verso: di balik halaman judul atau halaman copyright
  • Spine: punggung buku, biasanya diletakkan di buku yang tebal.

Nah bagi kamu para penulis yang ingin menerbitkan buku sendiri lengkap dengan ISBN juga bisa loh dan tidak sulit proses nya. Bahkan kamu bisa memesannya di Online Print, di sini kamu akan dibantu request nomor ISBN nya. Jadi kamu enggak perlu repot-repot mengajukan ISBN sendiri.

Sekadar info saja ya biar enggak ragu soal Online Print, ini adalah platform cetak online milik Bintang sempurna, percetakan terpercaya dan berkualitas yang udah beroperasi ssejak tahun 1989. So, udah pasti ribuan judul buku telah tercetak. Selain bisa pilih material kertas yang digunakan, bisa pula custom mau seperti apa buku nya.

Langsung aja cek website nya di onlineprint.co.id dan jika kamu ada request yang tidak tersedia di pilihan custom buku yang ada di website nya, kamu bisa langsung hubungi CS whatsapp Online Print di 081281650000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *