DESIGN IDEASINSPIRATIONONLINEPRINT.CO.IDPRINT KNOWLEDGETIPS N TRIK

Kalau Mau Bikin Ukuran Desain Mug yang Pas, Kamu Wajib Tahu Ini!

Suka mengoleksi mug atau mau menghadiahi mug custom pada orang terdekat? Mug custom memang lebih seru karena kita bisa pilih sendiri apa yang dicetak di bagian luar mug. Eits, tapi untuk mencetak mug ternyata tidak segampang itu, lho. Kalau ukuran desain mug atau ukuran gambar yang dipilih kurang sesuai, hasilnya kurang jelas.

Nah, karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain mug custom. Yuk, perhatikan beberapa aspek di bawah ini:

Perhatikan Ukuran Gambar/Foto

Ukuran mug standar yang ada di pasaran dan sering digunakan adalah diameternya 8 cm dan tinggi mugnya 9 cm. Bahan mug terbuat dari porselen atau keramik.

Baca Juga: Intip Proses Sablon Mug, Merchandise Promosi Fungsional

Pastinya, mug masih dalam keadaan polos, belum ada cetakan apa pun. Mah, ukuran mug custom biasanya agak berbeda, yaitu 195 x 78 mm menggunakan format vektor. Tentu saja kita bisa juga memilih ukuran sendiri.

Nah, yang perlu diperhatikan saat mencetak mug adalah ukuran gambar atau foto yang akan dicetak. Sebaiknya hindari gambar atau foto yang terlalu mepet dengan tepi atas dan bawah mug, begitu juga dengan sisi kanan dan kiri mug. Alasannya supaya gambar/foto tersebut bisa menempel secara sempurna di mug dan tidak terpotong.

Pilih Resolusi Gambar/Foto yang Tepat

Selain ukuran gambar/foto, resolusinya juga tak kalah penting. Kalau resolusi keliru, maka hasilnya bisa pecah-pecah, buram, atau warnanya lebih gelap. Disarankan memproses gambar dengan software seperti Photoshop atau Adobe Illustrator. Kalau masih menggunakan Corel Draw juga sangat dimungkinkan.

Lalu berapa resolusi yang tepat? Resolusi gambar/foto yang paling bagus untuk cetak mug custom adalah 30 px/cm. Setelah itu, simpan file dalan format JPG atau PNG, jangan gunakan format selain kedua format tersebut.

Pilih Cara Cetak Mug yang Tepat

Ada beberapa cara mencetak mug custom, yaitu dengan oven dan dengan teknik heat press. Berikut ini detailnya:

1. Cetak Decal

Cetak decal adalah yang dicetak dengan oven. Kelebihan teknik decal adalah hasil cetakannya berkualitas sangat baik dan tahan lama, jarang sekali yang hasil cetakannya memudar. Tapi cetak decal ini harus dipesan dalam jumlah besar, tergantung dari tempat cetaknya. Ada yang minimal 500 mug, 1.000 mug, dan lain-lain.

2. Cetak Heat Press

Cara yang satu ini lebih sering digunakan. Bahkan kalau memiliki alat-alatnya, kita bisa mencobanya sendiri jika cukup terampil dan teliti. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah gambar/foto yang ukuran dan resolusinya tepat, printer sublim, kertas transfer sublim, stiker vinil/lakban anti panas, dan mesin heat press khusus mug.

Langkah membuatnya seperti berikut:

  • Setelah gambar/foto siap, maka cetak dengan printer sublim ke kertas transfer sublim.
  • Tempel kertas sublim ke mug dengan sisi gambar menempel di permukaan mug. Gunakan stiker vinil atau lakban anti panas untuk menempelnya.
  • Masukkan mug yang sudah ditempel tadi ke mesi heat press dengan suhu 200 derajat Celsius dan pastikan waktunya 150 detik saja.
  • Setelah 150 detik, keluarkan dari heat press dan tunggu hingga mug dingin.

Proses membuat mug custom pun sudah selesai!

Jadi udah pada tau kan syarat-syarat untuk ukuran desain mug custom kamu supaya hasilnya tidak mengecewakan? Kamu bisa loh print mug dengan desain custom buatan kamu sendiri langsung dari smartphone. Cukup buka  OnlinePrint.co.id.

Di Online Print kamu tinggal kirim desain mug yang sudah kamu siapkan. Nanti kami yang akan cetak di mug yang sudah tersedia di percetakan. Sebagai platform cetak milik Bintang Sempurna yang sudah beroperasi sejak 1989, kualitas hasil cetakan dan bahan yang kami gunakan sudah pasti yang terbaik.

Online Print punya jaminan garansi 100%, jadi jika produk yang kami buat tidak sesuai pesanan, bakal kami ganti baru. So, langsung buka saja situs online print atau konsultasi dengan CS Online Print di +62 812 8165 0000!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *